5 Cara Melepas Ring Di Kaki Burung Sampaumur Tanpa Rasa Sakit

Burungnya.comRing burung dipasang sebagai penanda suatu daerah penangkaran atau identitas burung tersebut. Namun, kalau kakinya sakit atau terluka, maka Anda terpaksa harus melepas ring burung semoga penyakitnya tidak bertambah parah.

Cara melepas ring burung cukup umur tidak semudah ketika memasang ring di kaki anakan burung. Pasalnya, ukuran kaki burung sudah bertambah dan ring atau cincin sulit dikeluarkan. Biasanya, cara terakhir untuk melepas ring burung dengan memotongnya.

Meski begitu, ada banyak sekali cara sebelum memotong ring burung. Dengan begitu, Anda sanggup menggunakan lagi ring tersebut ketika burung sudah sehat.

Baca juga: 4 Masalah ketika Kaki Burung Dipasangi Ring Lengkap dengan Solusinya

Cara Melepas Ring Burung Dewasa

1. Es Batu

Melepas ring burung menggunakan es kerikil sering dilakukan para pecinta burung Perkutut. Caranya, kaki burung direndam dulu dalam air es batu.

Dari rendaman air es ini akan menciptakan kaki burung menyusut, sehingga ring lebih gampang terlepas. Untuk mempercepat pelepasan ring, Anda sanggup menggunakan sabun colek atau sabun lainnya kemudian dioleskan pada kaki burung.

2. Kikir Besi

Alat kikir memiliki sisi bergerigi yang tajam. Alat ini biasanya untuk mengasah mata gergaji. Ternyata kikir besi juga sanggup dipakai untuk memotong ring burung. Namun, cara pemotongan ring dengan kikir harus dilakukan secara berhati-hati.

 dipasang sebagai penanda suatu daerah penangkaran atau identitas burung tersebut 5 Cara Melepas Ring di Kaki Burung Dewasa Tanpa Rasa Sakit
Cara Memotong Ring Burung (currumbinvetservices.com)

Untuk mencegah kaki burung terluka atau tergores, sebelumnya permukaan kaki burung dilapisi dengan isolasi. Pemotongan ring sebaiknya dilakukan pada dua sisi semoga prosesnya tidak menyakitkan.

3. Tang Potong

Cara gampang dalam melepas ring burung ialah menggunakan tang potong khusus. Jenis tang yang sanggup dipakai harus memiliki ujung runcing dan berukuran kecil.

 dipasang sebagai penanda suatu daerah penangkaran atau identitas burung tersebut 5 Cara Melepas Ring di Kaki Burung Dewasa Tanpa Rasa Sakit
Cara Melepas Ring Burung (currumbinvetservices.com)

Pastikan tang potong harus tajam semoga burung tidak berlama-lama dalam mencicipi sakit. Jangan lupa, pemotongan ring dilakukan di dua sisi yang berbeda.

4. Ring Cutter

Selain tang potong yang tersedia di toko bangunan, Anda sanggup memotong ring burung dengan tang potong khusus ring.

Alat pemotong khusus untuk ring closed atau ring biasa ini disebut Ring Cutter. Bentuk tang ini menyerupai paruh burung yang tajam. Ring yang terbuat dari alumunium sanggup terpotong dengan gampang dan cepat.

Anda sanggup membeli ring cutter di toko burung atau kios burung terdekat. Jika tidak ada, silakan pergi ke toko perlengkapan binatang yang lebih besar.

5. Dilepas Langsung dengan Pelumas

Sebenarnya tanpa harus memotong ring, Anda sanggup melepaskan ring di kaki burung. Namun, banyak yang takut menyiksa burung. Apalagi bila ring ukurannya terlalu kecil atau kaki burung terlalu besar.

Solusinya, Anda sanggup menggunakan pelumas untuk melepas ring di kaki burung. Pelumas sanggup berupa sabun batangan, sabun colek, minyak ikan, minyak goreng, dan lain-lain.

Intinya, cari pelumas yang kondusif untuk burung dan mempercepat ring terlepas dari kaki.

Perawatan Setelah Ring Burung Terlepas

Setelah ring burung terlepas, basuh kaki burung dengan air hangat, dan plester bab bekas ring. Beberapa ketika kemudian, olesi kaki burung dengan minyak tawon hingga merata.

Lalu, burung sanggup dimasukkan kembali ke dalam sangkar atau digantang di daerah yang sepi semoga tidak stres. Anda juga sanggup menunjukkan extra fooding (EF) dalam jumlah banyak semoga burung merasa bahagia dan tidak jatuh sakit.

Untuk lebih jelasnya, Anda sanggup melihat cara melepas ring burung Lovebird cukup umur berikut:

Kami ingatkan kembali, untuk melepas ring burung sebaiknya menggunakan pelumas menyerupai sabun batangan, sabun colek, minyak ikan, atau minyak goreng. Tujuannya semoga kaki burung tidak tersiksa dan burung tidak merasa sakit.

Baca juga: Cara Menangani dan Menyambung Kaki Burung Patah dengan Minyak Tawon

Demikian teknik melepas ring burung yang benar tanpa merasa sakit. Jangan terlalu sering memasang atau melepas ring burung, kalau tidak dalam keadaan terdesak atau terpaksa. Soalnya, hal tersebut sanggup menciptakan burung stres.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • cara melepas ring
  • cara melepas ring burung
  • Cara buka ring
  • cara melepas ring lovebird
  • cara memotong ring merpati
  • www ublsf cara lepasin ring di kaki burung kacer
  • cara melepas cincin burung
  • cara membuka gelang kaki burung
  • cara lepasin ring cincin dari kaki burung
  • cara lepas ring pada lovebird

Sumber https://burungnya.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Melepas Ring Di Kaki Burung Sampaumur Tanpa Rasa Sakit"

Posting Komentar