Teknologi.id – Seorang software engineer tentu sangat familiar dengan petabytes dan XML. Seperti halnya seorang dokter yang familiar dengan tekanan sistolik dan pembuluh darah. Ini alasannya ialah istilah-istilah itu memang termasuk dalam bidang kerjanya dan sering dipakai dalam bahasa sehari-hari. Sama saja dengan desain UX yang membawa istilah-istilah UX ke dalamnya yang harus diketahui oleh seorang desainer.
25 Istilah UX yang Perlu Diketahui Setiap Desainer (Bag.1)
1. Persona
Sering dianggap sebagai istilah marketing, istilah ini sering dipakai dalam desain UX juga. Persona ialah profil pengguna yang kau kembangkan untuk mendapat wangsit ihwal apa yang diinginkan audiens.
Misalnya, kau dilarang mendesain situs web untuk manula dengan elemen desain yang menarik bagi millennial. Oleh alasannya ialah itu, deskripsi satu atau dua halaman dari audiens-mu yang meliputi tujuan, teladan perilaku, info latar belakang, sikap, keterampilan, dan lingkungan kerja sangat penting.
2. End User
Bisnis berbasis layanan mempunyai klien. Seorang desainer UX, bagaimanapun, mempunyai audiens yang berbeda: pengguna selesai atau end user. Inilah orang-orang yang akan kau rancang. Jadi, sementara studio desain UX mempunyai klien, orang-orang di ujung rantai yang berinteraksi dengan desain ialah pengguna akhir.
Baca juga: 12 Tren User Experience (UX) Terpopuler di Tahun 2019 (Bag. 1)
3. Pain Point
Pain point adalah problem yang dihadapi pengguna yang membuat tabrakan dalam ajaran pengguna tertentu. Setelah desainer mengidentifikasi ini, mereka sanggup membuat desain yang ramah pengguna. Studi kasus UX membagikan bagaimana pain point pengguna digali dan bagaimana desain menyelesaikannya, ibarat yang ditunjukkan di bawah ini:
4. User Research
User Research atau riset pengguna ialah salah satu istilah desain UX yang lebih jelas. Ini semua ialah penelitian yang kau lakukan untuk memahami pengguna akhir-mu dengan lebih baik. UX Booth mendefinisikan penelitian pengguna sebagai “berbagai metode pemeriksaan yang dipakai untuk menambah konteks dan wawasan untuk proses desain.”
Proses ini menggabungkan kiprah analitis ibarat penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif berkaitan dengan pengumpulan data numerik untuk memahami sikap pengguna.
Di sisi lain, penelitian kualitatif ialah upaya deskriptif untuk memahami masalah, motivasi, pendapat, dan alasan audiens sasaran melalui proses ibarat wawancara.
5. Elemen UI
Elemen User Interface (UI) atau antarmuka pengguna ialah item virtual pada antarmuka situs web yang memungkinkan pengguna untuk terlibat dengan desain. Contoh item tersebut termasuk tombol, panah slider, bilah navigasi, daftar dropdown, kotak pesan, dan apa pun yang memungkinkan pengguna untuk bernavigasi melalui situs web.
6. User Centered Design (UCD)
Istilah UX lain yang sering dipakai ialah desain yang berpusat pada pengguna. Ini menekankan pengguna selesai di seluruh proses desain dan pengembangan. Tujuannya ialah untuk menghasilkan desain yang selaras dengan impian dan kebutuhan pengguna. Untuk tujuan ini, UCD berputar secara terus menerus meneliti, menguji, dan menyelidiki fitur-fitur di dalam produk untuk menghasilkan desain yang menarik bagi pengguna.
Baca juga: 12 Tren User Experience (UX) Terpopuler di Tahun 2019 (Bag. 2)
7. Pengalaman Arsitektur
Pengalaman arsitektur adalah peta yang menjabarkan garis besar jalur yang akan diambil pengguna dari awal sampai tujuan yang dituju. Ini ialah kombinasi dari beberapa proses UX dan desain:
- Arsitektur informasi : menata dan mendesain model informasi
- Desain interaksi : menyebarkan struktur dan teladan tindakan atau sikap untuk desain dan penggunanya
- Desain pengalaman : mengetahui bagaimana suatu desain akan berfungsi di aneka macam platform
8. Breadcrumbs
Breadcrumbs adalah alat bantu navigasi sekunder yang memberi tahu pengguna di mana mereka berada di situs web. Ini memungkinkan pengguna untuk menelusuri kembali langkah-langkah mereka di situs web bertingkat. Meskipun berstatus sekunder, breadcrumbs telah dipakai semenjak 1995, membantu membuat desain yang ramah pengguna.
Itulah 8 dari 25 istilah UX yang perlu diketahui setiap desainer, nantikan istilah UX lainnya di artikel selanjutnya. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasanmu.
(DWK)
Sumber https://teknologi.id
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "√ 25 Istilah Ux Yang Perlu Diketahui Setiap Desainer (Bag.1)"
Posting Komentar