Cara mengendarai motor kopling memang mempunyai tantangan tersendiri ketimbang mengendarai motor yang tidak menggunakan kopling. Akan tetapi untuk mengendarai motor kopling ini haruslah dilakukan dengan hati-hati dan perlu berguru terlebih dahulu. Apalagi buat pemula yang masih gres mengendarai motor. Sebelum berguru mengendarai motor kopling yang benar dan aman, alangkah baiknya untuk mengenal terlebih dahulu fungsi kopling pada motor dan cara kerja motor kopling.
Mengendalikan motor kopling memang sangat berbeda dari cara mengendarai motor angsa ataupun motor matic. Pasalnya pada motor yang mempunyai kopling, flikermania harus menarik terlebih dahulu tuas kopling pada ketika pindah gigi ataupun mengurangi gigi. Yang terpenting disini, untuk cara mengendarai motor kopling tidaklah sulit bagi pemula. Apalagi kalau flikermania membaca info ini. Muncul pertanyaan kenapa motor harus diberi kopling ? alasan apa yang menciptakan perusahaan motor membekali motor buatannya dengan kopling ? dan sebetulnya apa fungsi dari kopling ini pada motor ?.
Daftar Isi
Alasan Motor Dilengkapi Kopling
Perlu diketahui bahwa motor ataupun kendaraan beroda empat baik yang matic ataupun manual itu semua mempunyai sistem kopling. Akan tetapi ada perbedaan kopling motor matic dengan motor kopling manual yakni motor matic dibagian koplingnya sudah dibentuk dengan lebih simpel serta efektif sehingga motor matic tersebut dapat dijalankan secara otomatis tidak memerlukan kopling manual.
Fungsi kopling sendiri ialah untuk penghubung mesin dengan transmisi. Yang bertujuan untuk memutuskan ataupun menyambungkan tenaga pada mesin ke bab transmisi. Ketika flikermania menyalakan mesin motor ataupun mobil, maka tenaga yang ada di mesin harus dikeluarkan dari transmisi biar nantinya mesin dapat berputar ketika motor dalam keadaan diam. Dan kalau motor ingin berjalan maka tenaga pada mesin harus dihubungkan lagi ke transmisi. Dan itulah alasan kenapa semua perusahaan motor ataupun kendaraan beroda empat menggunakan komponen kopling. Jika tidak ada komponen kopling maka kendaraan beroda empat atau motor tidak dapat jalan. Lalu bagaimana cara kerja motor kopling manual ini ?
Cara Kerja Motor Kopling Manual
Sebenarnya cara kerja motor kopling manual ini terbilang sederhana. Kopling manual pada motor memanfaatkan beberapa bab plat yang dapat dihubungkan dan dipisahkan lewat prosedur tuas. Setidaknya diharapkan ada 3 buah plat, yang pertama driver plat yang terhubung secara pribadi ke bab mesin, kedua plat kopling yang pribadi terhubung dengan bab transmisi dan ketika atau yang terakhir play penekan yang berfungsi sebagai media untuk menekan bab plat kopling.
Cara kopling manual bekerja pada motor ketika tuas kopling manual ditarik maka nantinya plat penekan akan berada di posisi mundur. Ketika tuas di lepas maka plat penekan akan menekan kembali plat kopling biar nantinya driven play dengan plat kopling dapat terhubung. Kalau belum ada yang tahu soal materi plat kopling ini ialah dari kampas keramik layaknya kampas rem. Setelah mengetahui dan paham fungsi serta cara kerja kopling manual. Sekarang flikermania dapat mengetahui cara mengendarai motor kopling untuk motor sport atau motor laki.
Cara Mengendarai Motor Kopling Untuk Pemula
Cara mengendarai motor kopling ini dapat dipakai ketika macet, di tanjakan, belok ataupun di turunan. Selain itu berguru mengendarai motor kopling ini dapat untuk motor sport menyerupai Satria FU, CB150R, CBR 150, Ninja 250, Jupiter MX atau tipe motor sport lainnya yang mempunyai kopling manual. Berikut ini cara mengendarai motor kopling manual untuk aneka macam kondisi.
- Persiapkan Helm
Helm sangat penting diharapkan ketika flikermania gres berguru mengendarai motor kopling manual. Karena helm ini akan melindungi kepala biar tidak cedera kalau flikermania terjatuh. Pastikan menentukan helm yang ukurannya pas dan pilihlah helm yang sudah berstandar SNI.
- Pakailah Jaket
Kalau flikermania belum membeli jaket sepeda motor sport, maka lebih baik beli terlebih dahulu. Pilihlah jaket sepeda motor yang berbahan kulit ataupun kevlar. Dimana jaket tersebut dapat memperlihatkan santunan pada tubuh.
- Persiapkan Sepatu Bot dan Sarung Tangan
Memang apa yang perlu disiapkan ini menyerupai flikermania akan melaksanakan sebuah touring. Namun hal ini dilakukan biar flikermania yang gres berguru cara mengendarai motor kopling dapat kondusif dan badan tidak luka-luka ketika terjadi hal yang tidak diinginkan.Gunanya sepatu bot dan sarung tangan ini untuk melindungi bab kaki serta tangan.
- Pilihlah Tempat Belajar Mengendarai Motor Kopling Yang Sepi
Hal ini sangat penting alasannya ialah ketika flikermania gres berguru mengendarai motor kopling manual. Maka diharapkan daerah yang sepi dan tidak ramai. Agar nantinya flikermania dapat konsentrasi selain itu untuk mencegah terjadinya kecelakaan.
- Pastikan Terlebih Dahulu Kondisi Motor Sport Bagus
Lakukan cek motor terlebih dahulu sebelum berguru motor kopling. Cek apakah materi bakarnya cukup dan mesin tidak ada yang bermasalah.
- Pastikan Transmisi Pada Kondisi Netral
Cara mengendarai motor kopling selanjutnya ialah dengan memastikan transmisi motor kopling dalam kondisi netral. Jika tidak dalam kondisi netral maka motor tersebut tidak dapat jalan.
- Bagian kopling di tarik ketika menyalakan mesin motor
- Selanjutnya gres masukkan gigi pada posisi satu caranya lewat menekan bab pedal transmisi ke arah depan
- Jika sudah masuk gigi satu gres lepas tuas secara perlahan dan nantinya motor akan berjalan meskipun tuas kopling belum dilepas secara penuh.
- Kalau sudah berjalan tinggal di gas secara perlahan-lahan dan halus.
- Jika flikermania sudah dalam kondisi nyaman, gres mencoba memindah gigi pada posisi kedua. Caranya tarik tuas kopling dan naikan pedal transmisi.
- Di motor kopling gigi dua bukan ditekan kebagian depan tapi ke atas. Kalau flikermania berada di gigi satu dan menaikan pedal transmisi secara sedikit atau setengah, maka gigi akan kembali netral. Sehingga untuk berpindah gigi kedua, flikermania harus menaikkan pedal transmisi secara penuh ke atas.
- Posisi gigi kedua ini sangat di anjurkan untuk flikermania lakukan di jalanan yang sempit atau yang sedang mancet. Karena dengan itu flikermania dapat lebih irit bbm dan kecepatan motor hanya dapat dibawah 20 KPH saja.
- Kalau flikermania sudah dalam keadaan jalan yang sepi, maka flikermania dapat memindahkan gigi ke posisi ketika biar nantinya motor kopling dapat lebih stabil. Caranya sama, tinggal tarik tuas kopling kemudian naikkan pedal transmisi.
- Untuk menurunkan gigi kopling manual, flikermania dapat menarik kopling kemudian tekan pedal transmisi ke bab depan.
Cara memindahkan gigi motor kopling ketika dalam keadaan tanjakan. Maka flikermania dapat melaksanakan hal yang sama tadi. Begitu juga untuk di keadaan turunan. Hal yang paling penting ketika flikermania sudah dapat mengendarai motor kopling ialah tahu kisaran rentang kecepatan dan posisi gigi.
- Gigi 1 :Kisaran Rentang Kecepatan 0 hingga 10 Km/Jam
- Gigi 2:Kisaran Rentang Kecepatan 10 hingga 40 Km/jam
- Gigi 3:Kisaran Rentang Kecepatan 40 hingga 60 Km/jam
- Gigi 4:Kisaran Rentang Kecepatan 60 hingga maksimal tergantung dari tipe motor kopling yang flikermania kendarai.
Hal Yang Wajib Dihindari Ketika Belajar Cara Mengendarai Motor Kopling
- Jangan Menurunkan ataupun menaikkan gigi transmisi tidak bersamaan dengan menarik tuas kopling. Karena akan menciptakan motor kaget atau menyentak dan kalau ini dilakukan secara terus-menerus akan menciptakan motor cepat rusak
- Jangan menarik gas kalau keadaan RPM sedang tinggi ketika awal motor berjalan
- Jangan melepas pedal kopling dalam keadaan mendadak
- Jangan menggunakan gigi 3 ataupun 4 ketika motor gres berjalan
Itulah beberapa cara mengendarai motor kopling yang lengkap dan wajib untuk flikermania ketahui. Kami memperlihatkan langkah-langkah yang lengkap ini biar supaya flikermania dapat berguru motor kopling dengan kondusif dan tidak membahayakan orang lain.
Sumber https://www.otoflik.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "25 Cara Mengendarai Motor Kopling Untuk Pemula"
Posting Komentar