Meskipun Tidak Ada Dalam Daftar Sbmptn, Institut Seni Indonesia Itu Negeri Lho!

Halo teman-teman yang masih berpetualang mencari kampus! Ruangguru.com ingin memberi info mengenai salah satu universitas negeri di Indonesia yang tidak diduga. Kenapa? Kebanyakan orang tidak tahu bahwa kampus ini yaitu negeri alasannya yaitu tidak ada di list SBMPTN. Eits, tidak ada di list SBMPTN bukan berarti tidak bagus ya. Justru kampus ini unik sekali. Kira-kira kampus apa ya? Simak yuk!


Institut Seni Indonesia
Foto: brightside.com

 

Institut Seni IndonesiaYogyakarta
Foto: likewith.me

 

Institut Seni Indonesia
Foto: likewith.me

Wah, keren sekali ya hasil-hasil karya di atas. Ingin berguru membuatnya? Kamu wajib baca artikel ini.

Ada yang tahu Institut Seni Indonesia atau dikenal dengan ISI? Well, pecinta seni biasanya tahu nih. Kampus ini merupakan forum pendidikan tinggi seni negeri yang statusnya akademi tinggi penuh. Kampus yang merupakan akademi tinggi seni terbesar dan terbaik di Indonesia ini dibuat atas Keputusan Presiden RI No: 39.1984 pada 30 Mei 1984. Kemudian, pada 23 Juli 1984 diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Nugroho Notosusanto. 

Institut Seni Indonesia Yogyakarta Foto: merdeka 

Meskipun usianya sebagai institut tergolong muda, namun beberapa akademi yang merupakan komponen pembentuknya sudah usang berkiprah dalam perkembangan seni tanah air. Juga, banyak menghasilkan seniman dan profesional yang tersebar di banyak sekali fungsi, profesi dan keahlian baik dalam maupun luar negeri. Kampus seni ini dibuat menurut campuran dari Sekolah Tinggi Seni Rupa Indonesia "ASRI", Akademi Musik Indonesia "AMI" dan Akademi Seni Tari Indonesia "ASTI".

Institut Seni Indonesia Yogyakarta Foto: isi.ac.id 

ISI Yogyakarta merupakan salah satu dari empat akademi tinggi negeri yang ada di kota pelajar ini. Perguruan Tinggi Negeri lain diantaranya:

  • Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Negeri Yogyakarta

Apa saja yang ditawarkan-107

MONSTERS (1)

Sedangkan untuk agenda pascasarjana yaitu:

  • Doktor Penciptaan & Pengkajian Seni
  • Magister Penciptaan & Pengkajian Seni
  • Magister Tata Kelola Seni

Apa saja yang ditawarkan-108

ISI Yogyakarta bersama beberapa kampus negeri lain diberi kewenangan khusus untuk menciptakan tes sanggup bangkit diatas kaki sendiri dengan nama Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Kampus ini lebih mengedepankan seleksi minat dan talenta melalui tes praktek. Pendaftaran tes PMB sanggup dilakukan secara online di http://pmb.isi.ac.id/. Tes PMB mencakup tes praktik dan wawancara, eksklusif di kampusnya ya. 

Institut Seni Indonesia

Tes praktiknya ini berbeda-beda tergantung pada jurusan. Untuk jurusan Seni Musik misalnya, kau diminta untuk memainkan satu alat musik pilihan sambil membaca partitur. Kamu juga akan menghadapi tes solfegio untuk mengecek buta nada. Kalau desain interior, biasanya menggambar perspektif sebuah ruang. Bisa ruang makan, tidur, aula, dan macam-macam yang setiap tahunnya berbeda. Bebas memakai cat air, pensil warna, dan sebagainya. Contoh lainnya, yaitu jurusan televisi. Umumnya, ujian praktiknya yaitu menggambar storyboard rancangan adegan, atau menciptakan video dokumenter sederhana. Kamu bisa meliput suasana seitar kampus, tapi tanpa diedit ya. Kemudian, ada pula tes apresiasi karya video yang akan diputarkan oleh panitia. 

Institut Seni Indonesia Foto: yaoduly.com 

Nah, sebelum menjalani serangkaian ujian praktik tersebut, kau harus mempersiapkan segalanya dengan matang. Jika selama ini kau merasa skill melukismu kurang, seringlah berlatih. Pertajam kemampuan bermain musikmu dengan rajin mempraktikannya. Kalau perlu, gunakan jasa guru privat semoga kau sanggup diarahkan dengan lebih fokus. Apabila kamu kesulitan mencari guru privat di bidang seni, coba kunjungi situs ruangguru.com deh. Di sana tersedia banyak pilihan guru yang berkualifikasi untuk membimbing kau dengan baik.

Apa saja yang ditawarkan-109

Institut Seni Indonesia Foto: pinterest

Yogyakarta sebagai kota pelajar dan kaya budaya mempunyai Taman Budaya, Sekolah Menengah Kejuruan Kesenian, Pusat Pengembangan dan Penataran Guru (PPPG) Kesenian, serta banyak sanggar seni. Dengan begitu, ISI Yogyakarta tidak hanya memperoleh manfaat dari lingkungan seni budaya yang kaya. Tapi juga mempunyai tugas serta dalam membuatkan dan membina kehidupan seni di Indonesia.

Di kampus ini, mahasiswa fokus dididik untuk menjadi seniman, atau pekerja seni ibarat desainer, editor, kurator, fotografer, dan lainnya. Namun bukan berarti lulusan ISI tidak bisa bekerja di profesi lain lho.

Institut Seni Indonesia

Institut Seni Indonesia Sumber: harga.web.id 

Ingin mendalami kecintaanmu pada dunia seni dan juga kuliah di akademi tinggi negeri? Kampus ini bisa jadi rekomendasi yang menarik lho. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Yuk, persiapkan juga diri kau untuk SBMPTN dengan berguru memakai ruangbelajar! :)

ruangbelajar

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Meskipun Tidak Ada Dalam Daftar Sbmptn, Institut Seni Indonesia Itu Negeri Lho!"

Posting Komentar