Istilah Bahasa Indonesia Ini Dapat Ditemukan Juga Dalam Bahasa Inggris, Lho!

Smart buddies, pernah dengar wacana etimologi? Etimologi ialah ilmu yang membahas asal-muasal kata. Istilah dalam aneka macam bahasa di dunia biasanya berasal dari satu sumber yang sama, menyerupai bahasa Latin. Kata yang berasal dari bahasa lain sendiri disebut kata serapan.

Bahasa Indonesia umumnya terdiri dari banyak kata serapan, entah dari Bahasa Belanda, Jepang, atau Inggris. Tapi ada juga, lho, istilah bahasa Indonesia yang sama persis dengan bahasa Inggris, baik dari bentuk atau maknanya. Lima di antaranya adalah:

istilah bahasa indonesia - Ruangguru

istilah bahasa indonesia - Data Data. (Sumber: csc.com) 

Data ialah sebuah keterangan atau materi informasi. Sebenarnya, data adalah bentuk jamak dari datum, sebuah kata dalam bahasa Latin yang berarti “(barang) yang diberikan”. Dalam bahasa Inggris, kata data mempunyai relasi dengan date (tanggal). Walaupun arti keduanya jauh, tapi kedua kata itu mempunyai akar yang sama dalam bahasa Latin, yaitu datus (memberi).

istilah bahasa indonesia - Ruangguru

Smart buddies masih sering mendengarkan radio? Saat ini, orang mengenal radio sebagai alat untuk mendengarkan siaran-siaran dalam bentuk suara. 

istilah bahasa indonesia - radio Radio. (Sumber: radiox.co.uk) 

Tapi sebenarnya, radio berasal dari istilah dalam bahasa Latin, yaitu radius yang berarti sorotan. Lalu pada selesai kurun ke-19, Alexander Graham Bell memakai radio untuk menamai salah satu alatnya, radiophone, yang juga merupakan nenek moyangnya telepon. Semenjak dikala itu, radio lebih dikenal sebagai bentuk pengiriman bunyi melalui udara.

istilah bahasa indonesia - Ruangguru
Siapa yang tidak tahu jenis olahraga ini? Golf ialah aktivitas olah raga di mana pemain-pemainnya memukul sebuah bola kecil ke dalam lubang di tanah memakai sebatang tongkat. Golf sudah ada usang sekali, lho, smart buddies, bahkan semenjak Romawi Kuno. Waktu itu orang-orang menyebutnya sebagai paganica. 

istilah bahasa indonesia - golf Golf. (Sumber: ottawatourism.ca) 

Namun etimologi golf sendiri berasal dari bahasa Belanda yang dipakai antara tahun 1100-1500-an. Asal katanya ialah colf atau colve, yang berarti tongkat pemukul. Ketika diserap oleh bahasa Skotlandia, kata itu bermetamorfosis gouf, dan kini menjadi golf menyerupai yang kita ketahui.

istilah bahasa indonesia - Ruangguru
Ini, nih, favorit semua orang. Anak zaman kini mana yang belum kenal internet? Rasanya, jika sehari saja kita kehilangan koneksi internet, dunia mungkin sanggup kiamat. Padahal orang-orang zaman dulu sanggup hidup tanpa internet, TV, atau radio selama bertahun-tahun, lho. 

istilah bahasa indonesia - jaringan internet Internet. (Sumber: fallingwallsfragments.com) 

Internet ialah abreviasi dari inter-network, yang berarti antar-jaringan. Istilah ini awalnya dipakai oleh Departemen Pertahanan Amerika untuk menyebut jaringan antar komputer. Istilah inter-network sendiri mulai beredar sekitar tahun 1960-1970an, ketika teknologi komputer mulai berkembang. Saat ini, sudah banyak bermunculan istilah baru yang berkaitan dengan internet, menyerupai netizen dan netiquette. Kamu tahu, kan, apa arti istilah itu?

istilah bahasa indonesia - Ruangguru
Gratis! Kata kesukaan semua orang. Mendengar atau membaca kata ini sanggup tiba-tiba mencerahkan hari dan meriangkan hati. Terlebih jika kata itu didahului dengan ‘makanan’ dan dibaca oleh mereka yang tinggal di kost-kost-an, hehe.

istilah bahasa indonesia - gratis Gratis. (Sumber: thalitareload.info) 

Kata gratis sendiri sudah ada semenjak pertengahan kurun 15, lho, smart buddies. Bahkan, sampai kini makna maupun bentuk katanya belum berubah. Gratis berarti secara cuma-cuma atau tanpa imbalan. Kata ini gres mulai dikaitkan dengan harga sekitar tahun 1540an. Sebelumnya, gratis mempunyai relasi dengan rasa syukur atau grace, karena istilah itu berasal dari sumber yang sama, yaitu istilah gratia dalam bahasa Latin.

Selain dari lima di atas, ada banyak juga, lho, istilah dalam Bahasa Indonesia yang sanggup ditemukan dalam bahasa lain, menyerupai karaoke dalam bahasa Jepang, atau idem dalam bahasa Belanda.

Gimana, smart buddies ada yang tahu istilah lainnya? Bagikan di kolom komentar yuk! (KI/TN)

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istilah Bahasa Indonesia Ini Dapat Ditemukan Juga Dalam Bahasa Inggris, Lho!"

Posting Komentar