Inovasi Pendidikan: Penerapan Musik Dalam Acara Mencar Ilmu Mengajar

Sudah diam-diam umum kalau musik mempunyai banyak sekali manfaat bagi kehidupan. Selain menghibur, terapi kesehatan, kepribadian, juga memberi efek baik untuk acara belajar. Menurut Hal A. Lingerman pada bukunya The Healing Energies of Music, dengarkanlah musik yang disuka ketika mengerjakan sesuatu. Beliau melaksanakan sebuah studi yang menyampaikan bahwa musik bisa menyentuh bab otak yang mengatur konsentrasi. Tentu akan memacu cara kerja otak supaya lebih cepat.

inovasi pendidikan Foto: bandt.com.au

Well, musik tidak harus selalu ada untuk menunjang proses mencar ilmu mengajar berlangsung. Tapi, musik bisa mendukung proses mencar ilmu supaya lebih menyenangkan dan tidak membosankan. So, bila musik dimanfaatkan dengan cara yang tepat, maka akan mengaktifkan kemampuan totalmu. Pikiran kau juga akan fokus dikerahkan untuk belajar.

Berdasarkan penelitian Lingerman, ada tiga jenis musik serta keuntungannya untuk belajar. Seperti apa ya? Berikut penjelasannya.

Musik klasik

Musik klasik ialah pilihan terbaik untuk mengiringi acara belajar. Musik klasik kala Barok sanggup memaksimalkan fungsi dilihat dari Functional Magnetic Resonance Imaging (FMRI). Menurut pandangan Lingerman, musik klasik ampuh menyimpan banyak sekali informasi dalam memori supaya menjadi lebih teratur dan rapi.

inovasi pendidikan Foto: greaterwaco.org

Berdasarkan yang diberitakan Daily Mail, musik klasik karya Mozart sanggup memudahkan kau untuk menambah pengetahuan serta meningkatkan kecerdasan. Ini merupakan penuturan dari seorang profesor dari Japan’s Kyoto University, Nobuo Masataka. Beliau juga menyampaikan bahwa mencar ilmu maupun bekerja sambil menikmati musik Mozart akan lebih efektif dibandingkan melakukannya di daerah yang sepi. Wow! Kenapa bisa besar sekali pengaruhnya ya? Musik Mozart mempunyai ketukan nada yang bisa meningkatkan daya serap dan kerja otak. Jadi, sangat sempurna untuk menemanimu belajar, terutama pelajaran hapalan.

Musik elektronik instrumental

Tahukah kamu bahwa musik elektronik juga sanggup mendukung terciptanya kondisi mencar ilmu yang kondusif? Musik yang sifatnya instrumental dan menenangkan sangat baik didengarkan ketika mengerjakan sesuatu yang berkaitan dengan angka dan statistik. Contohnya, EDM, electro pop, dan shoe gaze. Mendengarkan musik ini, mengerjakan PR matematika dan fisika dijamin jauh lebih seru. Psst, asal jenis musik elektroniknya bukan yang EDM berat dan memusingkan kepala ya.

Musik pop

Nah, untuk genre yang sangat umum didengar semua orang ini juga mempunyai efek baik untuk belajar. Terutama ketika mengerjakan sesuatu yang harus dikerjakan dengan cepat, misalnya dikejar deadline nih, teman-teman. Coba deh putar musik pop ketika kau sedang mengerjakan kiprah kelompok yang harus dikumpulkan esok harinya. Selain menyenangkan, kau juga akan mengerjakannya dengan lebih baik.

Mengapa musik baik diaplikasikan dalam proses mencar ilmu mengajar?

Agar proses mencar ilmu tersebut bisa berjalan dengan baik, maka otak kanan dan kiri harus seimbang. Apalagi untuk bahan yang butuh konsentrasi tinggi. Nah, musik sanggup menyeimbangkan keduanya. Oleh alasannya ialah itu, aspek intelektual dan emosional juga sanggup berjalan seirama.

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inovasi Pendidikan: Penerapan Musik Dalam Acara Mencar Ilmu Mengajar"

Posting Komentar