THR Karyawan Harian - Dalam artikel sebelumnya kita telah membahas perihal menghitung THR karyawan kontrak dengan memakai rumus dalam Excel.
Selain menjelaskan perihal rumus Excel untuk menghitung THR dalam artikel tersebut juga dijelaskan bahwa THR diberikan menurut masa kerja bukan menurut status pegawai.
Dari klarifikasi tersebut sanggup disimpulkan bahwa THR juga diberikan kepada karyawan yang berstatus pegawai dengan upah harian.
Penghitungan THR untuk karyawan harian ini akan saya buatkan referensi dengan memakai rumus Excel.
Pertanyaanya ialah apa perbedaan rumus Excel dan juga pola penghitungan THR karyawan harian ini dengan karyawan yang berstatus tetap atau kontrak ?
Untuk menjawab pertanyaan dan juga rumus Excelnya silahkan lanjutkan membaca artikel ini hingga dengan selesai.
Baca Juga
Dalam artikel ini saya akan membahas perihal rumus Excel untuk menghitung THR karyawan harian.
Cara Menghitung THR Karyawan Harian Dengan Rumus Excel
Seperti dua cara menghitung THR sebelumnya bahwa saya merekomendasikan Excel sebagai alat untuk menghitung THR.
Dalam Excel sudah tersedia banyak rumus yang dan fungsi Excel yang sanggup dipakai untuk membantu penghitungan THR tersebut.
Tentu rumus Excel ini akan mempercepat dan mempermudah pengitungan yang akan kita lakukan.
Sebelum kita melihat referensi penhgitungannya dalam Excel sebaiknya kita mengetahui peraturan yang ditetapkan terkait dengan THR Karyawan harian ini.
Dasar dan Ketentuan THR Karyawan Dengan Sistem Upah Harian
Seperti yang disebutkan diatas bahwa THR diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya menurut masa kerja bukan menurut statusnya.
Upah yang diberikan secara harian atau mingguan biasanya ditetapakn menurut satuan waktu.
Untuk mencari upah harian atas beban seorang karyawan selama satu bulan ialah membagi nilai upah bulanan dengan 25 untuk perusahaan dengan waktu kerja 6 hari serta dibagi dengan 21 untuk perusahaan yang mempunyai waktu kerja 5 hari dalam seminggu.
Dalam prosesnya upah harian ini biasanya dibayarkan sesuai dengan pola tertentu contohnya menurut hari masuk kerja dalam periode tertentu kemudian dikalikan dengan upah satu hari.
Dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan telah mengatur bahwa perusahaan wajib memperlihatkan THR kepada karyawan yang telah mempunyai masa kerja 1 (satu) bulan secara terus - menerus.
Penghitungan periode untuk karyawan hariani ini dimulai dari mulai masuk bekerja hingga dengan hari raya keagamaan.
Jadi, meskipun status upahnya ialah harian tetapi pada ketika penghitungan THR tetap diakui bahwa periode atau masa kerja karyawan tersebut dilakukan secara terus - menerus.
Penghitungan upah yang dilakukan ialah memakai rumus sebagai berikut :
THR = (masa kerja x 1 bulan upah) / 12
Untuk karyawan yang telah bekerja secara terus - menerus selama satu tahun maka akan mendapat THR sebesar 1 bulan upah secara penuh.
Bagaimana menghitung upah karyawan harian untuk satu bulan ?
Pengakuan total terhadap upah bulanan untuk karyawan harian ini ialah dengan menghitung rata - rata updah perbulan selama satu tahun atau dari awal bekerja hingga dengan hari raya keagamaan.
Itulah sekilas klarifikasi mengenai peraturan pemerintah yang mengatur perihal THR karyawan harian.
Contoh Menghitung THR Karyawan Harian Dengan Rumus Excel
Setelah membahas perihal ketetapan THR diatas sanggup kita simpulkan bahwa intinya pola penghitungan THR karyawan harian sama dengan karyawan tetap.
Perbedaanya hanya pada ratifikasi upah satu bulan dimana untuk karyawan harian ditetapkan berdasarakan rata - rata selama bekerja.
Hal terpenting sebelum menghitung THR ini ialah didapatkan nilai masa kerja yang akan memilih pola penghitungan.
Penghitungan masa kerja dengan rumus Excel ini telah saya bahas dalam artikel sebelumnya, silahkan untuk dipelajari.
Untuk referensi penghitungan THR karyawan harian dengan rumus Excel silahkan perhatikan gambar berikut ini :
Dalam gambar tersebut terlihat bahwa ada dua penghitungan yang dilakukan, yaitu menghitung masa kerja dan menghitung jumlah THR.
Rumus yang dipakai dalam referensi diatas ialah sebagai berikut :
Lama Kerja : =DATEDIF(C4;D4;"M")
THR : =IF(E4>=12;F4;E4/12*F4)
Untuk rata - rata upah sebaiknya dibentuk dalam sheet terpisah untuk memperpendek kolom dalam menghitung THR.
Jika pembaca telah mempelajari cara penghitungan THR karyawan tetap maka pola inipun hampir sama dengan pola yang terdapat dalam klarifikasi tersebut.
Jika membutuhkan referensi filenya silahkan diambil dan dipelajari melalui link berikut ini :
--------------------------------------------------
Nama File : Contoh menghitung THR kary. harian
Ukuran File : 16 kb
Link : Contoh File
--------------------------------------------------
THR merupakan penghasilan atau pendapatan karyawan yang diperuntukan sebagai suplemen upah menjelang hari raya keagamaan sehingga inipun menjadi kewajiban perusahaan untuk membayarkannya.
Jika dalam artikel ini ada hal yang tidak sesuai dengan peraturan mari kita diskusikan melalui kolom komentar dibawah artikel ini.
Itulah pembahasan kita kali ini perihal rumus Excel untuk menghitung THR karyawan harian, biar artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Cara Menghitung Thr Karyawan Harian Dengan Rumus Dalam Microsoft Excel"
Posting Komentar