Cara Memakai Rumus Lookup Untuk Menemukan Nilai Dari Sebuah Baris Dalam Excel

Rumus LOOKUP Excel - Rumus LOOKUP tergabung kedalam kelompok Fungsi Pencarian dan Referensi dalam Excel.


Dalam kelompok ini terdapat beberapa rumus yang fungsinya ibarat mirip LOOKUP yaitu CHOOSE, VLOOKUP dan HLOOKUP.

Untuk sanggup membedakan secara detail keempat fungsi ini silahakn pelajari juga ihwal rumus diatas yang telah dibahas dalam artikel sebelumnya.

Dalam Excel rumus LOOKUP sanggup dipakai untuk menemukan nilai dari sebuah baris atau kolom yang sama dengan baris atau kolom berikutnya.

Jika diperhatikan fungsi ini sangat ibarat dengan fungsi CHOOSE yang telah kita bahas sebelumnya.

Perbedaanya yaitu pada LOOKUP nilai yang diambil bukan pada range yang sama tetapi dalam range berikutnya.




Dalam artikel ini aku akan membahas ihwal cara memakai fungsi LOOKUP dalam Excel.



Cara Menggunakan Rumus LOOKUP Dalam Excel




Perlu diketahui bahwa fungsi LOOKUP merupakan dasar dari fungsi VLOOKUP sehingga fungsi VLOOKUP lebih disempirnakan jikalau dibandingkan dengan fungsi LOOKUP.

Tetapi jikalau dalam pengolahan data kita hanya perlu memakai LOOKUP maka gunakanlah rumus ini untuk mempermudah prosesnya.

Dalam fungsi ini terdapat istilah yang mungkin belum diketahui sebelumnya yaitu vector.



Syntax Dasar dan Argumen Fungsi LOOKUP




Dalam fungsi ini terdapat dua argumen yang bersifat wajib untuk diisi yaitu lookup_value dan lookup_vector.

Adapun syntax dari fungsi LOOKUP yaitu sebagai berikut :

=LOOKUP(lookup_value;lookup_vector;[result_vector])


  • lookup_value : nilai yang dicara dalam vector atau rentang pertama
  • lookup_vector : rentang yang berisi satu baris atau satu kolom
  • result_vector : rentang berikutnya yang berisi satu baris atau satu kolom


Perlu diperhatikan bahwa untuk result_vector harus memiliki dimensi atau kuran yang sama dengan lookup_vector.



Contoh Menggunakan Rumus LOOKUP Dalam Excel




Setelah mengetahui argumen dan syntax dari rumus LOOKUP selanjutnya mari kita lihat pola penggunaannya.

Silahkan perhatikan gambar berikut ini :



 Rumus LOOKUP tergabung kedalam kelompok Fungsi Pencarian dan Referensi dalam Excel Cara Menggunakan Rumus LOOKUP Untuk Menemukan Nilai Dari Sebuah Baris Dalam Excel


Dalam gambar tersebut terlihat bahwa fungsi ini ibarat dengan rumus VLOOKUP yang telah kita bahas sebelumnya.

Dalam pola yang pertama pada cell F4 aku akan mengambil isi dari kolom B pada baris ke-4.

Rumus yang dipakai yaitu sebagai berikut :

=LOOKUP(2;$A$3:$B$7)

Hasilnya ibarat terlihat dalam pola diatas cell F4 yaitu Jakarta, perhatikan kolom A yang terdapat angka 2 dan hasil dari rumusnya yaitu angka 2 tapi kolom berikutnya yaitu Jakarta.

Untuk pola yang kedua aku akan mengambil kolom 6 atau menurut nomor 4 dalam kolom A.

Rumus yang dimasukan yaitu sebagai berikut :

=LOOKUP(4;$A$3:$A$7;$B$3:$B$7)

Hasilnya sepertiterlihat dalam gambar diatas cell F7 hasil dari rumus tersebut diatas yaitu Surabaya.

Memang ibarat yang aku sebutkan diatas bahwa rumus LOOKUP ini sangat ibarat dengan rumus VLOOKUP atau rumus CHOOSE.

Itulah pembahasan kita kali ini ihwal cara memakai rumus LOOKUP dalam Excel, agar artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.   

  

Sumber http://adh-excel.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memakai Rumus Lookup Untuk Menemukan Nilai Dari Sebuah Baris Dalam Excel"

Posting Komentar