5 Fakta Unik Burung Hantu Yang Jarang Diketahui

Burungnya.com – Selama ini banyak orang beranggapan burung Hantu merupakan binatang yang seram alasannya beraktivitas di malam hari. Terlebih, namanya memakai kata-kata hantu, sehingga burung Hantu sering dikaitkan dengan kehadiran hantu atau makhluk halus. Dari situlah, citra jelek wacana burung Hantu bermunculan. Padahal, faktanya tidak demikian, justru burung Hantu merupakan binatang yang lucu sekaligus ganas.

Iya, bila masih kecil, burung Hantu memang terlihat menggemaskan. Namun, bila sudah dewasa, burung Hantu jadi menakutkan. Di sini seram dalam artian binatang pemangsa yang mengerikan ibarat burung Elang. Tak heran, banyak orang lebih suka memelihara burung Hantu dikala usianya masih muda atau anakan. Akan tetapi bila sudah cukup umur malah jadi seram alasannya ukurannya yang besar dan bisa membahayakan orang sekitar.

Ternyata Burung Hantu Bukan Hewan Peliharaan

Burung Hantu sejatinya bukan binatang peliharaan. Hal ini disampaikan oleh The Owl World of Indonesia. Menurut mereka, burung Hantu seharusnya bukan untuk dipelihara alasannya termasuk satwa liar. Yang perlu disayangkan lagi, masyarakat kurang memperhatikan kesejahteraan burung Hantu.

 Selama ini banyak orang beranggapan burung Hantu merupakan binatang yang seram alasannya b 5 Fakta Unik Burung Hantu yang Jarang Diketahui
Burung Hantu Terkecil di Dunia (imgur.com)

Terkadang, mereka cuma suka memelihara saja, tapi cara merawatnya tidak diubahsuaikan dengan kehidupannya di alam. Sebagai contoh, burung Hantu aktif di malam hari, tapi malah diajak main atau latihan di siang hari. Kemudian, makanan utama burung Hantu yaitu daging atau binatang kecil lainnya, tetapi sebagian orang malah memberinya buah-buahan.

Baca juga: 10 Perbedaan Cara Memberi Makan Burung Hantu Besar dan Kecil

Hal ini ibarat ini mungkin sepele di mata mereka, tetapi sanggup menciptakan burung Hantu stres dan merasa tidak nyaman. Kalau sudah demikian, burung Hantu bisa jatuh sakit, tidak mau makan, dan jadinya mati. Banyak orang yang memelihara burung Hantu untuk gaya-gayaan saja, menirukan tokoh Harry Potter. Kemudian, sesudah beli, burung Hantu cuma diikat kakinya di tangkringan dan sering diajak bermain di siang hari.

Jangan hingga hal ibarat ini terulang kembali, biarkan burung Hantu hidup di alam bebas. Kalau ingin memelihara burung Hantu, peliharalah di kawasan terbuka ibarat di persawahan. Biarkan burung memangsa tikus-tikus di sawah yang sering dianggap sebagai hama. Sehingga terjadi simbiosis mutualisme antara petani dan burung Hantu. Petani untung alasannya sawahnya kondusif dari hama tikus, sementara burung Hantu jadi kenyang alasannya makan banyak tikus.

Nah, berbicara wacana burung Hantu, ternyata burung ini mempunyai fakta unik yang jarang diketahui banyak orang. Jadi, burung Hantu tidak hanya aktif di malam hari, sanggup memutar kepala ke belakang, atau binatang karnivora. Burung Hantu mempunyai kebiasaan unik lainnya yang tidak diketahui orang-orang pada umumnya.

Fakta Unik Burung Hantu yang Jarang Diketahui

1. Burung Hantu Aktif di Siang Hari

Diketahui burung Hantu selalu aktif di malam hari atau binatang nokturnal. Namun, ternyata ada sebagian jenis burung Hantu yang aktif dan berburu di siang hari, ibarat sebagai berikut:

  • Northern Hawk Owl
  • Northern Pygmy Owl
  • Great Gray Owl

Mangsa burung Hantu tersebut kebanyakan aktif di siang hari. Sehingga mau tidak mau, mereka juga harus ikut berburu di siang hari semoga bisa makan. Makanan yang disukai burung Hantu tadi di antaranya mamalia dan beberapa jenis burung. Burung ini bisa hidup di siang alasannya masih berkerabat dengan burung Elang.

2. Burung Hantu Pintar Berenang

Kebanyakan orang menduga burung Hantu cuma bisa memangsa di malam hari dan mengeluarkan bunyi yang menakutkan. Padahal, ada lagi kemampuan burung Hantu yang jarang diketahui banyak orang, yaitu berenang.

 Selama ini banyak orang beranggapan burung Hantu merupakan binatang yang seram alasannya b 5 Fakta Unik Burung Hantu yang Jarang Diketahui
Burung Hantu Berenang (lazerhorse.org)

Burung Hantu bertanduk (telinga panjang) sanggup berenang dengan lihai memakai kedua sayapnya yang kuat. Bulunya tentu akan basah, tapi pengorbanan tersebut dibayar dengan makanan yang lezat. Jadi, burung Hantu bertanduk lebih menentukan untuk berenang untuk menangkap mangsa, kemudian menepi hingga ke pantai. Setelah menyelam ke dalam laut, ia tidak bisa terbang lagi, sehingga burung Hantu harus berenang, kemudian mengeringkan bulu di tepi pantai.

3. Telinga Burung Hantu Tidak Sama Persis

Burung Hantu mempunyai pendengaran yang tidak sama atau asimetris. Masing-masing pendengaran burung Hantu bisa mendeteksi frekuensi bunyi yang berbeda. Bahkan, burung Hantu sanggup menentukan lokasi mangsa dari perbedaan waktu dan nada bunyi yang dideteksi memakai pendengaran asimetris.

 Selama ini banyak orang beranggapan burung Hantu merupakan binatang yang seram alasannya b 5 Fakta Unik Burung Hantu yang Jarang Diketahui
Telinga Burung Hantu Unik (abc7chicago.com)

Hebat ya, walau terkesan tidak tepat tapi malah bermanfaat untuk menangkap mangsa. Oleh alasannya itu, jangan melihat sesuatu dari luarnya saja. Belum tentu fisik yang tidak tepat merupakan sebuah kelemahan, alasannya kita tidak pernah tahu ada diam-diam apa di balik ketidaksempurnaan tersebut.

4. Burung Hantu Mempunyai Mata Palsu

Ada salah satu jenis burung Hantu yang terlihat mempunyai mata palsu. Jadi, sekilas burung Hantu tersebut mempunyai 4 mata di depan dan di belakang kepala. Burung Hantu yang istimewa ini yaitu Northern Pygmy Owl.

 Selama ini banyak orang beranggapan burung Hantu merupakan binatang yang seram alasannya b 5 Fakta Unik Burung Hantu yang Jarang Diketahui
Burung Hantu Mata Palsu (birdcanada.com)

Jadi burung Hantu ini mempunyai bulu ibarat mata besar warna kuning dan hitam di belakang kepalanya. Seolah-olah bulu tersebut tampak ibarat mata. Hal ini ternyata sangat membantu untuk mengecoh predator yang hendak memangsanya dari belakang. Jadi, walau burung Hantu tidak melihat pemangsa di area belakang, tapi si pemangsa terkejut alasannya menduga kehadirannya sudah diketahui.

5. Burung Hantu Betina Lebih Besar

Semua orang mungkin menduga burung Hantu jantan lebih besar dari betina. Namun, faktanya burung Hantu betina yang lebih besar dari pejantan. Menurut para ilmuwan, badan burung Hantu jantan lebih kecil dari betina alasannya lebih sering berburu mangsa, sehingga tubuhnya tetap terjaga. Selain itu, badan kecil dan ramping sanggup mempercepat pergerakan burung Hantu dikala menangkap mangsa.

Burung Hantu betina juga tidak memandang fisik pasangannya. Walau burung Hantu jantan lebih kecil, tetapi ia tetap suka dan jadinya kawin hingga mendapat keturunan. Jadi, sekali lagi, fisik bukanlah segalanya. Meski badan Anda kecil, tapi tetap Istimewa di mata pasangan Anda.

Baca juga:

Demikian beberapa fakta unik burung Hantu yang jarang diketahui banyak orang. Mengapa jarang diketahui, alasannya kegiatan unik tersebut dilakukan burung Hantu di alam liar, bukan di kebun binatang. Terlepas, dari itu semua, kini kita jadi tahu hal-hal unik yang dimiliki oleh burung Hantu.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.


Sumber https://burungnya.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Fakta Unik Burung Hantu Yang Jarang Diketahui"

Posting Komentar