Pengertian Modal Ventura

|Pengertian Modal Ventura| Istilah ventura berasal dari kata venture, yang secara harfiah sanggup berarti sesuatu yang mengandung risiko atau sanggup pula diartikan sebagai usaha. Jadi, modal ventura (venture capital) yaitu modal yang ditanamkan pada perjuangan yang mengandung risiko.

Dari pengertian di atas sanggup disimpulkan bahwa modal ventura merupakan pembiayaan yang mempunyai risiko tinggi. Pembiayaan modal ventura berbeda dengan bank yang menawarkan pembiayaan berupa santunan atau kredit, alasannya yaitu modal ventura menawarkan pembiayaan dengan cara melaksanakan penyertaan eksklusif ke dalam perusahaan yang dibiayainya. 


Perusahaan yang memperoleh pembiayaan modal ventura disebut Perusahaan Pasangan Usaha (PPU) atau investee company. Instrumen lain yang sanggup dipakai dalam rangka modal ventura yaitu obligasi konversi (convertible bond) yang mempunyai hak opsi untuk ditukarkan dengan saham PPU. Umumnya, pembiayaan modal ventura hampir selalu disertai dengan persyaratan keterlibatan dalam administrasi PPU, yang biasanya disepakati dalam perjanjian modal ventura.

Jangka waktu penyertaan saham modal ventura bersifat sementara. Di beberapa negara jangka waktu pembiayaan modal ventura berada diantara 3 – 10 tahun. Di Indonesia sendiri, jangka waktu tersebut berdasarkan Keppres No. 61/1988 yaitu sudah harus diinvestasi maksimum 40 tahun. Ciri inilah pula yang menciptakan unik dan membedakannya dengan investasi biasa.

Sumber:
-Dipo, Handowo. Sukses Memperoleh Dana Usaha dengan Tinjauan Khusus Modal Ventura, Jakarta: Pustaka Utama Grafiti, 1995.
-Djajadikerta, Hamfri. Mengangkat Usaha Kecil Dengan Modal Ventura, Jakarta: Bina Ekonomi, 1997.

 
Gambar
Pengertian Modal Ventura


Sekian uraian wacana Pengertian Modal Ventura, Semoga bermanfaat...! 

Sumber http://infodanpengertian.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Modal Ventura"

Posting Komentar