Pengertian Bisnis, Tujuan Bisnis Dan Manfaat Bisnis

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli, sebagai berikut :

Pengertian Bisnis menurut Musselman adalah keseluruhan dari acara yang diorganisir oleh orang yang tidak berurusan di dalam bidang industri dan perniagaan yang menyediakan barang dan jasa supaya terpenuhinya suatu kebutuhan dalam perbaikan kualitas hidup.

Menurut HooperPengertian Bisnis ialah keseluruhan yang lengkap pada banyak sekali bidang menyerupai industri dan penjualan, industri dasar dan industri manufaktur dan jaringan, distribusi, perbankkan, transportasi, insuransi dan lain sebagainya; yang kemudian melayani dan memasuki dunia bisnis secara menyeluruh.

Peterson dan Plowman mengemukakan Pengertian Bisnis merupakan serangkaian kegiatan yang berafiliasi dengan pembelian ataupun penjualan barang dan jasa yang dilakukan secara berulang-ulang. Menurut paterson dan plowman, penjualan jasa ataupun barang yang hanya terjadi satu kali saja bukanlah merupakan pengertian bisnis.

Pengertian Bisnis menurut Owen adalah suatu perusahaan yang berafiliasi dengan distribusi dan produksi barang-barang yang nantinya dijual ke pasaran ataupun memperlihatkan harga yang sesuai pada setiap jasanya.

Menurut Hunt dan UrwickPengertian Bisnis ialah segala perusahaan apapun yang membuat, mendistribusikan ataupun menyediakan banyak sekali barang ataupun jasa yang diharapkan oleh anggota masyarakat lainnya serta bersedia dan bisa dalam membeli atau membayarnya.

L.R.Dicksee mengatakan bahwa Pengertian Bisnis yaitu suatu bentuk dari acara yang utamanya bertujuan dalam memperoleh laba bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan di dalam terjadinya acara tersebut.

| Tujuan Bisnis dan Manfaat Bisnis |
Tujuan bisnis suatu perusahaan sanggup kita lihat dari banyak sekali macam kepentingan, baik owner, pesaing, supplier, karyawan, konsumen, masyarakat umum, maupun pemerintah.

Pada umumnya tujuan bisnis didirikan tidak hanya profit oriented semata, namun secara keseluruhan tujuan bisnis didirikan mencakup :
(1) Profit,
(2) Pengadaan barang atau jasa,
(3) Kesejahteraan bagi pemilik faktor produksi dan masyarakat,
(4) Full employment,
(5) Eksistensi perusahaan dalam jangka panjang (waktu yang lama),
(6) Kemajuan dan pertumbuhan,
(7) Prestise dan prestasi.

Proses pencapaian tujuan bisnis melalui pengelolaan sumber daya ekonomi secara optimal bagi para pemilik sumber daya ekonomi atau faktor-faktor produksi dan masyarakat pada umumnya. Para pemegang atau pemilik faktor-faktor produksi ini memperoleh manfaat dan nilai ekonomi secara layak.

Bertitik tolak pada perjuangan pencapaian tujuan-tujuan tersebut, maka tentunya proses pencapaian tujuan bisnis melalui pengelolaan sumber daya ekonomi secara optimal harus dilakukan dengan memperhatikan kepentingan dan kemanfaatan bagi para pemilik sumber daya ekonomi atau pemilik faktor-faktor produksi dan masyarakat pada umumnya.

Tercapainya tujuan bisnis akan bersifat langgeng (lebih bersifat jangka panjang) jika didukung secara inclusif tercapainya tujuan para pihak yang terlibat dalam kegiatan bisnis tersebut. Misalnya pihak tenaga kerja, supplier bahan, pemilik modal dan pihak-pihak eksternal lainnya.

Dengan demikian, etika bisnis meliputi keseluruhan proses administrasi perusahaan mengenai pengelolaan sumber daya ekonomi di mana para pemilik sumber daya ekonomi ini sama-sama memperoleh manfaat secara ekonomi yan layak. Di samping itu, masyarakat mendapat manfaat sosial yang aktual dengan adanya pemberdayaan sumber daya ekonomi tersebut. Bagi para pemilik sumber daya ekonomi tentunya manfaat tersebut diukur dengan ukuran ekonomi dan sosial yang layak.

Bagi masyarakat yang berada di sekitar perusahaan juga mendapat manfaat ekonomi dan manfaat sosial dengan adanya perusahaan yang bangkit di masyarakat. Secara sistematik kelayakan ukuran alokasi sumber daya ekonomi bagi pemilik sumber daya ekonomi harus dilihat dari tugas yang diberikan oleh masing-masing pihak pemilik secara adil dalam proses pembentukan atau isu nilai ekonomi yang dibuat oleh sistem bisnis yang berlaku di masyarakat.

Sekian pembahasan mengenai pengertian bisnis, tujuan bisnis dan manfaat bisnis, semoga goresan pena saya mengenai pengertian bisnis, tujuan bisnis dan manfaat bisnis sanggup bermanfaat.

Sumber : 

- Budi Untung, 2012. Hukum dan Etika Bisnis. Penerbit CV Andi Offset : Yogyakarta.
Gambar Pengertian Bisnis,
Manfaat Bisnis dan Tujuan Bisnis

Sumber http://infodanpengertian.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Bisnis, Tujuan Bisnis Dan Manfaat Bisnis"

Posting Komentar