Musim Mudik, Xl Axiata Sediakan Aplikasi Navigasi Digital

Technologue.id, Jakarta – PT XL Axiata Tbk. bersama dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub) meluncurkan aplikasi navigasi digital berjulukan Peta Jelajah Nusantara.


Aplikasi ini dibangun sebagai sarana pemandu bagi masyarakat yang melaksanakan perjalanan darat di wilayah Indonesia dengan sejumlah fitur yang memudahkan pengguna menemukan rute perjalanan dan banyak sekali warta yang paling dibutuhkan.


Baca Juga:

XL Axiata Dorong Pendidikan Berbasis Digital di Madrasah Aliyah


Untuk diketahui yang membedakan aplikasi ini dengan aplikasi navigasi yang sudah ada yaitu sejumlah warta perhiasan yang diharapkan selama perjalanan ibarat keberadaan dan info mengenai posko mudik, posko kesehatan, terminal sampai warta mengenai area rawan kecelakaan dan jalur alternatif.


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, peta navigasi digital sudah menjadi kebutuhan masyarakat pengguna jalan secara umum. Dia menilai masyarakat ketika ini tidak lagi memakai peta dalam lembaran cetak alasannya kurang fleksibel penggunaannya.


Aplikasi Peta Jelajah Nusantara sengaja diluncurkan bertepatan pada masa pulang kampung lebaran untuk menambah rujukan masyarakat yang membutuhkan sarana navigasi untuk pulang ke kampung halaman atau sekadar mengisi liburan panjang.


“Kementerian Perhubungan mengapresiasi kolaborasi dengan XL Axiata dan instansi pemerintah lainnya untuk pembangunan aplikasi Peta Jelajah Nusantara ini. Semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat luas,” kata Budi Karya dalam rilis yang diterima Bisnis, Selasa (28/5/2019).


Baca Juga:

XL Axiata Luncurkan Paket Baru yang Kasih Cashback Hingga Rp 1,2 Juta


Pada kesempatan yang sama, Rudy Afandi, Chief Human Capital XL Axiata, menuturkan bahwa aplikasi Peta Jelajah Nusantara merupakan hasil tindak lanjut dari kolaborasi kedua pihak dalam digitalisasi warta layanan Kemenhub kepada masyarakat.


Dia mengakui bahwa aplikasi ini masih perlu penyempurnaan supaya lebih kaya dengan warta dan data yang diharapkan pengguna jalan.


“Sebagai pengelola dan pembuat kebijakan atas layanan transportasi, tentunya banyak warta yang dapat dituangkan dalam aplikasi Peta Jelajah Nusantara ini. Misalnya mengenai peraturan dan tata tertib berkendara, kondisi jalan, potensi gangguan yang terjadi alasannya contohnya ada perbaikan jalan, kawasan rawan bencana, sampai jalur alternatif,” lanjut Rudy.


Informasi dan data yang tersaji di dalam aplilkasi Peta Jelajah Nusantara merupakan data resmi yang ter-update dari sejumlah instansi yang terkait dengan pelayanan transportasi (Kemenhub), Kesehatan (Kementerian Kesehatan), sarana dan prasarana jalan (Bina Marga, Kementrian PUPR), serta keamanan dan ketertiban (Korlantas Polri).


Baca Juga:

Kisruh Boikot Huawei, XL Axiata Masih Terus Pantau


Untuk kebutuhan pulang kampung Idulfitri 2019, warta yang tersaji di dalam aplikasi Peta Jelajah Nusantara yaitu navigasi jalur pulang kampung di semua wilayah tujuan pulang kampung di seluruh Indonesia. Peta navigasi yang tersaji terhubung dengan aplikasi Google Maps. Masyarakat luas dapat secara gampang mendapat aplikasi ini dari Google Play Store untuk smartphone Android.


Selanjutnya warta keberadaan posko-posko di sepanjang jalur utama, termasuk posko warta jalan, posko mudik, posko kesehatan, juga terminal bus. Selain letak posko, pengguna juga dapat mengetahui nama dan nomor kontak petugas di setiap posko.


Kemudian juga ada warta pengaturan jalur kemudian lintas, contohnya jalur satu arah, ganjil genap, dan jalur alternatif. Demi keamanan dan keselamatan pelanggan, aplikasi Peta Jelajah Nusantara juga dilengkapi dengan warta mengenai letak titik-titik rawan kecelakaan di jalur mudik. Dengan pengaturan, pengguna akan dapat mendapat notifikasi setiap mencapai kawasan titik rawan kecelakaan semenjak radius 2,5 km.


XL Axiata berkomitmen untuk terus membantu Kementerian Perhubungan dan sejumlah instansi pemerintah lainnya dalam memaksimalkan layanan penyampaikan warta kepada masyarakat luas. Kerjasama XL Axiata dengan Kemenhub sudah terjalin semenjak Maret 2018 untuk banyak sekali aktivitas layanan kepada masyarakat.


Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Musim Mudik, Xl Axiata Sediakan Aplikasi Navigasi Digital"

Posting Komentar