Rumus Menghitung Nilai Prestasi Kerja - Prestasi kerja merupakan sebuah evaluasi yang dilakukan oleh perusahaan kepada masing - masing karyawan.
Penilaian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisa sejauh mana efektifitas seorang karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya.
Untuk karyawan evaluasi ini sanggup dipakai juga sebagai contoh untuk meningkatkan produktivitas kerja dari segala sisi.
Penilaian prestasi kerja biasanya dilakukan dalam periode 1 tahun contohnya awal tahun 2019 akan dilakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan untuk tahun 2018.
Perlu juga saya sampaikan bahwa cara penghitungan prestasi kerja disetiap perusahaan niscaya berbeda - beda yang saya berikan hanyalah contoh dari beberapa pola yang mungkin dipakai dalam sebuah perusahaan.
Salah satu hal penting yang wajib untuk diketahui ialah biasanya hasil dari evaluasi prestasi kerja ini dipakai sebagai salah satu unsur yang memilih kenaikan honor diawal tahun.
Baca Juga
Dalam artikel ini saya akan membahas perihal cara menghitung nilai prestasi kerja karyawan dengan rumus dalam Excel.
Penghitungan nilai prestasi kerja karyawan ini sanggup dilakukan dengan memakai Microsoft Excel.
Dalam Excel memang sudah tersedia rumus - rumus yang sanggup membantu kita dalam memperlihatkan nilai final dari prestasi karyawan tersebut.
Sebelum menghitung prestasi kerja tentunya hal yang utama ialah mengetahui pola atau hukum dalam penghitungan tersebut.
Ada dua point penting yang biasanya muncul dalam sebuah evaluasi prestasi kerja yaitu hasil pekerjaan dan sikap dari masing - masing karyawan.
Hasil pekerjaan merupakan cuilan yang paling utama dalam sebuah evaluasi prestasi pekerjaan.
Sebagai alat hitung biasanya diberikan bobot dengan bentuk persentase yang diambil dri nilai hasil pekerjaan tersebut.
Point yang kedua dari evaluasi ialah sikap dari masing - masing karyawan setiap hari.
Penilaian sikap ini biasanya mencakup kedisiplinan, sikap atau tingkah laku, loyalitas, komitmen, kerjasama dan lainnya.
Setelah diberikan nilai untuk setiap cuilan dari point diatas maka selanjutnya akan diberikan bobot terhadap masing - masing point tersebut.
Untuk contohnya saya memberkan bobot hasil pekerjaan sebesar 60% dan bobot untuk sikap ialah 40%.
Setelah nilai final dijumlahkan maka kita akan berikan status nilai prestasi kerja dengan urutan sebagai berikut :
- 90 keatas : Sangat Baik
- 75 s.d 89 : Baik
- 60 s.d 74 : Cukup
- 50 s.d 59 : Kurang
- 49 kebawah : Buruk
Nilai prestasi final yang muncul akan disertakan juga status dari nilai tersebut menyerupai dalam urutan diatas.
Rumus yang dipakai ada dua yaitu persentase dan rumus IF Majemuk untuk memisahkan kondisi status nilai prestasi.
Jika belum memahami cara penggunaan rumus IF Majemuk silahkan pelajari dalam artikel diatas.
Setelah mengetahui pola penghitungan dan juga rumus yang dipakai selanjutnya kita lihat contohnya dalam Excel.
Perhatikan gambar berikut ini :
Dalam contoh penghitungan prestasi kerja diatas terlihat bahwa nilai final diberikan status sesuai dengan ketentuan.
Untuk menjumlahkan nilai Perilaku Kerja dalam cell C12 rumus yang dipakai ialah sebabagi berikut :
=SUM(C6:C10)
Hasil dari penjumlahan tersebut akan dibuatkan nilai rata - rata dan nilai rata - rata tersebut dikalikan dengan bobot 40%.
Untuk Total Nilai atau Total Bobot dalam cell E15 hanya menjumlahkan cell E4 dan cell E13.
Rumus IF dalam cell E16 ialah sebabagi berikut :
=IF(E15>90;"Sangat Baik";IF(E15>75;"Baik";IF(E15>60;"Cukup";IF(E15>50;"Kurang";"Buruk"))))
Dengan rumus tersebut diatas maka setiap angka Total Bobot berubah maka statusnyapun akan berubah mengikuti ketentuan diatas.
Seperti yang terlihat dalam contoh, menghitung nilai prestasi dengan Excel ini sangat mudah.
Jika membutuhkan contoh filenya silahkan ambil melalui link berikut ini :
--------------------------------------
Nama File : Contoh nilai prestasi kerja
Ukuran file : 16 Kb
Link : Contoh file
--------------------------------------
Itulah pembahasan kita kali ini perihal cara menghitung nilai prestasi kerja dalam Excel, supaya artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.
Cara Menghitung Prestasi Kerja Dengan Rumus Dalam Excel
Penghitungan nilai prestasi kerja karyawan ini sanggup dilakukan dengan memakai Microsoft Excel.
Dalam Excel memang sudah tersedia rumus - rumus yang sanggup membantu kita dalam memperlihatkan nilai final dari prestasi karyawan tersebut.
Sebelum menghitung prestasi kerja tentunya hal yang utama ialah mengetahui pola atau hukum dalam penghitungan tersebut.
Ada dua point penting yang biasanya muncul dalam sebuah evaluasi prestasi kerja yaitu hasil pekerjaan dan sikap dari masing - masing karyawan.
Hasil pekerjaan merupakan cuilan yang paling utama dalam sebuah evaluasi prestasi pekerjaan.
Sebagai alat hitung biasanya diberikan bobot dengan bentuk persentase yang diambil dri nilai hasil pekerjaan tersebut.
Point yang kedua dari evaluasi ialah sikap dari masing - masing karyawan setiap hari.
Penilaian sikap ini biasanya mencakup kedisiplinan, sikap atau tingkah laku, loyalitas, komitmen, kerjasama dan lainnya.
Setelah diberikan nilai untuk setiap cuilan dari point diatas maka selanjutnya akan diberikan bobot terhadap masing - masing point tersebut.
Untuk contohnya saya memberkan bobot hasil pekerjaan sebesar 60% dan bobot untuk sikap ialah 40%.
Setelah nilai final dijumlahkan maka kita akan berikan status nilai prestasi kerja dengan urutan sebagai berikut :
- 90 keatas : Sangat Baik
- 75 s.d 89 : Baik
- 60 s.d 74 : Cukup
- 50 s.d 59 : Kurang
- 49 kebawah : Buruk
Nilai prestasi final yang muncul akan disertakan juga status dari nilai tersebut menyerupai dalam urutan diatas.
Rumus yang dipakai ada dua yaitu persentase dan rumus IF Majemuk untuk memisahkan kondisi status nilai prestasi.
Baca Juga : Penggunaan dan Fungsi Rumus Excel IF Dengan lebih Dari Satu Kondisi (IF Ganda)
Jika belum memahami cara penggunaan rumus IF Majemuk silahkan pelajari dalam artikel diatas.
Contoh Menghitung Prestasi Kerja Dengan Rumus Dalam Excel
Setelah mengetahui pola penghitungan dan juga rumus yang dipakai selanjutnya kita lihat contohnya dalam Excel.
Perhatikan gambar berikut ini :
Dalam contoh penghitungan prestasi kerja diatas terlihat bahwa nilai final diberikan status sesuai dengan ketentuan.
Untuk menjumlahkan nilai Perilaku Kerja dalam cell C12 rumus yang dipakai ialah sebabagi berikut :
=SUM(C6:C10)
Hasil dari penjumlahan tersebut akan dibuatkan nilai rata - rata dan nilai rata - rata tersebut dikalikan dengan bobot 40%.
Untuk Total Nilai atau Total Bobot dalam cell E15 hanya menjumlahkan cell E4 dan cell E13.
Rumus IF dalam cell E16 ialah sebabagi berikut :
=IF(E15>90;"Sangat Baik";IF(E15>75;"Baik";IF(E15>60;"Cukup";IF(E15>50;"Kurang";"Buruk"))))
Dengan rumus tersebut diatas maka setiap angka Total Bobot berubah maka statusnyapun akan berubah mengikuti ketentuan diatas.
Seperti yang terlihat dalam contoh, menghitung nilai prestasi dengan Excel ini sangat mudah.
Jika membutuhkan contoh filenya silahkan ambil melalui link berikut ini :
--------------------------------------
Nama File : Contoh nilai prestasi kerja
Ukuran file : 16 Kb
Link : Contoh file
--------------------------------------
Itulah pembahasan kita kali ini perihal cara menghitung nilai prestasi kerja dalam Excel, supaya artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.
Sumber http://adh-excel.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58Related Posts :
Membuat Id Karyawan Menurut Nomor Urut, Cabang Dan Divisi Dengan Rumus Dalam Excel ID Karyawan Dengan Rumus Excel - Dalam artikel sebelumnya kita telah membahas wacana cara menciptakan nomor otomatis untuk jurnal dalam Exc… Read More...
Membuat Nomor Jurnal Otomatis Untuk Buku Kas Kecil Dengan Rumus Excel Nomor Jurnal Otomatis Kas - Dalam artikel sebelumnya kita telah membahas cara menciptakan nomor otomatis untuk jurnal dalam Excel. Seper… Read More...
Penyebab Dan Cara Mengatasi Error #N/A Pada Ketika Memakai Rumus Excel Error #N/A Dalam Excel - Beberapa error sering muncul pada ketika kita memakai rumus Excel. Error tersebut intinya sering disebebkan la… Read More...
Protect Sheet, Cara Memproteksi Cell Excel Yang Berisi Rumus Semoga Tidak Dapat Diedit Memproteksi Cell Tertentu Dalam Excel - Dalam Excel sebuah cell atau kolom dapat diproteksi atau dikunci. Proteksi ini bertujuan untuk … Read More...
Cara Menciptakan Nomor Jurnal Otomatis Dengan Rumus Dalam Excel Nomor Jurnal otomatis - Jika kita sedang menciptakan sebuah laporan yang berkaitan dengan Laporan Keuangan dalam Excel tentu hal pertama ya… Read More...
0 Response to "Menghitung Nilai Prestasi Kerja Karyawan Dengan Rumus Dalam Excel"
Posting Komentar