Ketika memakai metode pembelajaran kurikulum 2013 kita dituntut untuk memakai langkah-langkah pendekatan ilmiah atau sientifik, salah satu rangkaian kiprah guru yang harus kita gunakan dalam proses berguru mengajar ialah melaksanakan ekplorasi atau mengumpulkan informasi, tahap ekplorasi ini ialah lanjutan dari tahap menanya yang berkaitan dengan pengamatan yang dilakukan oleh para siswa di tahap sebelumnya.
Ada banyak sekali definisi dari ekplorasi dan pengertian ekplorasi intinya ialah penjelajahan atau pencarian atau tindakan mencari dengan tujuan untuk menemukan sesuatu, namun implementasinya atau penerapannya bisa berbeda-beda tergantung dari tujuannya, bila tujuannya ialah ingin mengenal suatu kawasan maka implementasi ekplorasi ialah menjelajah kawasan yang dimaksud sehingga mengenal segala hal yang berkaitan dengan kawasan tersebut, begitu juga bila ekplorasi tujuannya ialah ingin mengetahui ihwal suatu hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan maka ekplorasi bisa melalui eksperiment, membaca dan mencari banyak sekali referensi.
Kompetensi yang dikembangkan dalam proses mengumpulkan informasi/ eksperimen ialah menyebarkan perilaku teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan gosip melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Kegiatan guru dan akseptor didik dalam siklus eksplorasi adalah:
a. Peserta didik
b. Guru
Contoh Kasus:
Jika Kasus yang sedang dipelajari siswa ialah ihwal instalasi komputer memakai sistem operasi window, maka siswa harus bisa mengekplorasi dengan mencari dan mendapat banyak acuan ihwal gosip untuk melaksanakan instalasi window, guru bisa memperlihatkan isyarat kepada siswa apa saja yang harus dipersiapkan dan dipelakari, sehingga hasilnya siswa bisa memahami dari sisi teori dan juga praktek.
Guru memperlihatkan arahaan mengenai gosip yang harus didapatkan oleh sisiwa
1. Siswa harus memahami apa itu instalasi manfaat dan tujuannya
2. Persiapan instalasi.
3. Mengenal hardware komputer yang berkaitan dengan instalasi
4. Syarat dan Langkah-langkah instalasi
5. dan gosip lainnya yang berkaitan dengan instalasi.
Informasi yang harus siswa dapatkan untuk tujuan instalasi, bisa disampaikan oleh guru, mencari sendiri di internet membaca banyak sekali acuan yang berkaitan dan lainnya.
Jika siwa bisa mengumpulan gosip yang mereka butuhkan untuk tujuan instalasi windwow, siswa bisa eksklusif melaksanakan ekperimen, mendapat kesimpulan dan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang mereka dapatkan.
Inti dari ekplorasi ialah mengumpulkan gosip yang diperlukan untuk diolah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. bila tujuannya ialah siswa harus bisa melaksanakan instalasi window, maka ekplorasi bisa dilakukan dengan cara mencari banyak sekali acuan dan melaksanakan praktek.
Setelah ekplorasi dicapai sanggup dlanjutkan ke rangkaian pembelajaran berikutnya yaitu mengolah informasi atau mengasosiasi dan mengkomunikasikan.
Sumber http://referensisiswa.blogspot.com
Ada banyak sekali definisi dari ekplorasi dan pengertian ekplorasi intinya ialah penjelajahan atau pencarian atau tindakan mencari dengan tujuan untuk menemukan sesuatu, namun implementasinya atau penerapannya bisa berbeda-beda tergantung dari tujuannya, bila tujuannya ialah ingin mengenal suatu kawasan maka implementasi ekplorasi ialah menjelajah kawasan yang dimaksud sehingga mengenal segala hal yang berkaitan dengan kawasan tersebut, begitu juga bila ekplorasi tujuannya ialah ingin mengetahui ihwal suatu hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan maka ekplorasi bisa melalui eksperiment, membaca dan mencari banyak sekali referensi.
Pengertian Ekplorasi atau mengumpulkan informasi
berdasarkan wikipedia pengertian ekplorasi bila dikaitkan dengan pendekatan saintifik ialah Mengumpulkan informasi/eksperimen bisa melalui membaca sumber lain selain buku teks, mengamati objek/kejadian/aktivitas, dan wawancara dengan narasumber. Kompetensi yang dikembangkan dalam proses mengumpulkan informasi/ eksperimen ialah menyebarkan perilaku teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan gosip melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.Cara menerapkan Proses Ekplorasi dalam kegiatan berguru mengajar
Dalam kegiatan berguru mengajar yang melibatkan guru dan siswa, eksplorasi ialah proses mencari dan menghimpun gosip bisa berupa eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, mengamati objek/kejadian/aktivitas, dan wawancara dengan narasumber.Kompetensi yang dikembangkan dalam proses mengumpulkan informasi/ eksperimen ialah menyebarkan perilaku teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan gosip melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Kegiatan guru dan akseptor didik dalam siklus eksplorasi adalah:
a. Peserta didik
- Membentuk kelompok kecil dan bersama teman kelompoknya, kemudian menelusuri gosip yang mereka butuhkan dan merumuskan masalah
- Mengali gosip melalui membaca, berdiskusi atau melaksanakan percobaan (eksperimen)
- Mengumpulkan dan mengolah data
b. Guru
- Memberi umpan balik kasatmata kepada akseptor didik
- Memberi konfirmasi melalui banyak sekali sumber terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi
- Berperan sebagai narasumber dan fasilitator
- Menggunakan banyak sekali macam pendekatan atau media pembelajaran
- Memfasilitasi terjadinya interaksi antara akseptor didik dengan guru, akseptor didik dengan akseptor didik lainnya maupun akseptor didik dengan sumber belajar, menyerupai buku internet dan sumber berguru lainnya.
- Melibatkan akseptor didik secara aktif
- Guru memperlihatkan bahan dan klarifikasi kepada siswa yang berkaitan dengan kasus yang sedang dipelajari
- Guru memperlihatkan kiprah kesiswa untuk mendapat acuan yang sanggup memperlihatkan solusi terhadap kasus yang sedang dipelajari.
Contoh Kasus:
Jika Kasus yang sedang dipelajari siswa ialah ihwal instalasi komputer memakai sistem operasi window, maka siswa harus bisa mengekplorasi dengan mencari dan mendapat banyak acuan ihwal gosip untuk melaksanakan instalasi window, guru bisa memperlihatkan isyarat kepada siswa apa saja yang harus dipersiapkan dan dipelakari, sehingga hasilnya siswa bisa memahami dari sisi teori dan juga praktek.
Guru memperlihatkan arahaan mengenai gosip yang harus didapatkan oleh sisiwa
1. Siswa harus memahami apa itu instalasi manfaat dan tujuannya
2. Persiapan instalasi.
3. Mengenal hardware komputer yang berkaitan dengan instalasi
4. Syarat dan Langkah-langkah instalasi
5. dan gosip lainnya yang berkaitan dengan instalasi.
Informasi yang harus siswa dapatkan untuk tujuan instalasi, bisa disampaikan oleh guru, mencari sendiri di internet membaca banyak sekali acuan yang berkaitan dan lainnya.
Jika siwa bisa mengumpulan gosip yang mereka butuhkan untuk tujuan instalasi windwow, siswa bisa eksklusif melaksanakan ekperimen, mendapat kesimpulan dan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang mereka dapatkan.
Inti dari ekplorasi ialah mengumpulkan gosip yang diperlukan untuk diolah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. bila tujuannya ialah siswa harus bisa melaksanakan instalasi window, maka ekplorasi bisa dilakukan dengan cara mencari banyak sekali acuan dan melaksanakan praktek.
Setelah ekplorasi dicapai sanggup dlanjutkan ke rangkaian pembelajaran berikutnya yaitu mengolah informasi atau mengasosiasi dan mengkomunikasikan.
Sumber http://referensisiswa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Memahami Ekplorasi Dalam Aktivitas Berguru Ilmiah Kurikulum 2013"
Posting Komentar