Cara Mengatasi Lovebird Pilek / Sakit Flu (Snot)

Cara Mengatasi Lovebird Pilek – Lovebird menjadi salah satu burung favorit untuk dipelihara. Bentuknya yang elok menciptakan banyak orang suka memeliharanya.
Sama halnya dengan manusia, lovebird yang kita pelihara juga bisa, sakit, salah satu jenis penyakit yang kerap diderita oleh lovebird yaitu pilek atau flu.
Biasanya pada ketika ekspresi dominan hujan tiba, tidak jarang burung lovebird populer flu atau pilek. Kondisi tentu saja memerlukan penanganan segera atau burung lainnya tidak tertular dan mengalami penyakit yang sama.
Selain membawa lovebird tersebut ke klinik hewan, anda juga dapat melaksanakan beberapa penanganan sendiri di rumah.
 Lovebird menjadi salah satu burung favorit untuk dipelihara Cara Mengatasi Lovebird Pilek / Sakit Flu (Snot)
Cara Mengatasi Lovebird Pilek
Kira-kira bagaimana cara mengobati burung lovebird yang terkena flu atau piletk?

Cara Mengatasi Lovebird Pilek

Berikut ini Sentrabudidaya bagikan beberapa tips cara mengatasi lovebird pilek atau flu yang dapat anda coba sendiri di rumah:

1. Perhatikan penempatan kandang burung

Perawatan yang pertama yaitu terkait dengan kandang burung. Perhatikan dimana anda menempatkan kandang burung lovebird. Sebaiknya sementara waktu hindari agar kandang jauh dari lubang sirkulasi udara ibarat pintu, ventilasi, atau pun AC. Namun Anda tetap boleh meletakan kandang burung ini di teras rumah, dengan catatan Anda harus menutupnya dengan kredong apabila burung akan beristirahat.

2. Tempatkan burung pada kawasan khusus

Langkah penanganan berikutnya yaitu dengan meletakkan burung pada kawasan khusus, hal ini tentu saja bertujuan untuk meminimalisir menularnya pilek ke koloni. Selain itu pemindahan ini juga berkhasiat untuk mempercepat proses penyembuhan, alasannya dengan cara ini burung akan lebih gampang untuk beristrahat dengan efektif.

3. Pemberian pakan yang berkualitas

Anda juga harus memperhatikan kualitas masakan yang burung lovebird anda konsumsi. Sebagai breeder yang baik Anda haruslah menunjukkan burung ini pakan yang berkualitas dan mempunyai gizi yang baik. Anda juga dapat menambahkan masakan komplemen ibarat buah dan sebagainya untuk menambah nutrisi burung, akan tetapi dalam menentukan buah tersebut Anda sebaiknya cermat dan hati-hati untuk menghindari burung dari keracunan.

4. Menyedot ingus pada burung

Anda juga dapat menyedot ingus burung. Untuk melaksanakan cara ini Anda perlu memakai spet, sesudah itu Anda dapat berikan obat Spektra sebanyak 4 tetes pada lisan burung. Obat ini berfungsi untuk mengeluarkan ingus atau lendir yang ada pada tenggorokan dan hidung burung.

5. Memberikan multivitamin burung

Jangan lupa juga untuk menunjukkan multivitamin. Anda dapat mencari multivitamin burung lovebird di toko burung atau pertanian terdekat. Anda dapat menunjukkan multivitamin ini setiap hari selama proses penyembuhan. Selain itu Anda juga dapat menunjukkan multivitamin ini untuk pencegahan.
Demikianlah panduan cara mengatasi pilek lovebird yang dapat anda lakukan sendiri di rumah. Jika burung anda masih tetap saja flu, sebaiknya bawa ke klinik binatang terdekat atau konsultasikan kepada pakar burung yang ada di sekitar anda.
Semoga bermanfaat. Simak juga: Teknik Ternak Burung Lovebird untuk Pemula

Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Lovebird Pilek / Sakit Flu (Snot)"

Posting Komentar