Cara Memakai Rumus Month Dalam Microsoft Excel

Rumus MONTH Excel - Rumus Excel MONTH ada dalam kelompok Fungsi Tanggal dan Waktu.


Fungsi ini memang berisi rumus - rumus yang berkaitan dengan tanggal dan waktu menyerupai EDATE, YEARFRAC, DAY, DATEDIF dan yang lainnya.

Rumus Excel MONTH ini sesungguhnya hampir sama dengan fungsi DATE yaitu mengambil tanggal dari sebuah range.

Rumus MONTH dalam Excel sanggup dipakai untuk mengembalikan nilai bulan dari sebuah string tanggal dan menampilkannya dalam bentuk angka.

Angka dari hasil rumus Excel MONTH tersebut merupakan angka yang berbentuk bilangan lingkaran mulai dari 1 hingga dengan 12 yang mewakili bulan mulai dari Januari hingga dengan Desember.

Jadi jikalau kita ingin menampilkan bulan dari sebuah range yang berisi tanggal maka gunakanlah rumus Excel MONTH.




Dalam artikel ini aku akan membahas perihal cara memakai rumus MONTH dalam Excel.


Cara Menggunakan Rumus MONTH Dalam Microsoft Excel



Untuk memakai rumus MONTH tentu saja hal pertama yang harus diketahui ialah syntax dan juga argumennya.

Rumus Excel MONTH ini termasuk kedalam kelompok yang gampang penggunaanya sebab hanya terdiri dari satu argumen saja.


Syntax Dasar dan Fungsi Rumus Excel MONTH



Argumen yang muncul dalam rumus Excel MONTH ini ialah serial_number dan argumen ini bersifat wajib untuk diisi atau dihentikan dikosongkan.

Adapun sntax dasar dari rumus MONTH ialah :


=MONTH(serial_number)


- serial number : range tanggal yang akan diambil angka bulannya

Range tanggal ini harus berisi format tanggal lengkap atau terdiri dari bulan, tanggal dan tahun.

Jika yang dimasukan kedalam argumen ini bukan format tanggal maka kesudahannya akan muncul error #VALUE!.


Contoh Menggunakan Rumus MONTH Dalam Microsoft Excel



Untuk memudahkan pemahaman kita terhadap rumus Excel MONTH kita akan lihat pola penggunaanya.

Perhatikan gambar berikut ini :


 Rumus Excel MONTH ada dalam kelompok Fungsi Tanggal dan Waktu Cara Menggunakan Rumus MONTH Dalam Microsoft Excel


Dalam gambar tersebut terlihat bahwa jikalau yang dimasukan kedalam argumen rumus MONH formatnya teks maka akan muncul error #VALUE!.

Untuk rumus yang dipakai silahkan perhatikan dalam kolom B dan hasil dari rumusnya ada dalam kolom C.

Bagaimana jikalau ingin yang muncul ialah nama bulan bukan angkanya ?

Untuk menghasilkan solusi menyerupai dilema diatas gabungkan rumus MONTH ini dengan rumus IF dan pisahkan kondisinya.

Seperti yang aku sebutkan diatas bahwa rumus ini sangat gampang untuk digunakan.

Itulah pembahasan kita kali ini perihal cara memakai rumus MONTH dalam Excel, biar artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.

     

Sumber http://adh-excel.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memakai Rumus Month Dalam Microsoft Excel"

Posting Komentar