Rumus POWER Excel - Rumus POWER ada dalam kelompok Fungsi Matematika dan Trigonometri Excel.
Selain rumus POWER saya juga telah membahas rumus SQRT yang juga berada dalam kelompok ini.
Rumus SQRT dalam Excel dipakai untuk mencari atau mengembalikan nilai akar kuadrat dari sebuah bilangan.
Sedangkan rumus Excel yang akan kita bahas kali ini yakni rumus POWER yang merupakan kebalikan dari rumus SQRT.
Rumus POWER dalam Excel sanggup dipakai untuk mencari nilai dari sebuah angka yang dipangkatkan.
Angka yang dipangkatkan ini dalam matematika sering disebut dengan bilangan kuadrat atau angka kuadrat.
Jadi rumus SQRT mencari nilai akar kuadrat sedangkan rumus POWER sebaliknya mencari angka yang dikuadratkan.
Baca Juga
Dalam artikel ini saya akan membahas cara memakai rumus POWER dalam Microsoft Excel.
Kuadrat merupakan bilangan yang akan dikalikan dengan bilangan tersebut dengan angka kuadrat yang telah kita tentukan.
Misalnya kita akan kuadratkan angak 2 dengan 3 maka kesannya yakni 2 x 2 x 2 = 8 dan ini artinya angka dua kuadrat tiga kesannya yakni 8.
Penghitungan kudrat ini sama dengan penghitungan akar kuadrat yaitu sanggup dilakukan dengan memakai rumus Excel.
Dalam penggunaannya rumus POWER sedikit berbeda dengan rumus SQRT alasannya rumus POWER terdiri dari dua argumen.
Dalam penghitungan kuadrat ada istilah bilangan basis yaitu bilangan yang akan dicari kuadratnya.
Seperti yang disebutkan diatas bahwa rumus POWER mempunyai dua buah argumen yaitu number dan power.
Adapun syntax dari rumus POWER ini yakni sebagai berikut :
=POWER(number;power)
- number : bilangan basis atau yang akan dipangkatkan
- power : pangkat ke sekian dari bilangan basis
Dua argumen yang terdapat dalam rumus POWER ini bersifat wajib untuk diisi atau dihentikan untuk dikosongkan.
Pengkuadratan dari sebuah bilangan ini tentunya bukan hal yang aneh alasannya kitas niscaya pernah mempelajarinya pada ketika disekolah.
Untuk rujukan menghitung kuadrat dalam Excel ini silahkan perhatikan gambar berikut ini :
Dalam gambar tersebut terdapat kolom basis dan kolom pangkat yang terdiri dari angka - angka.
Angka yang terdapat dalam kolom Basis akan dikuadratkan dengan bilangan yang terdapat dalam kolom Pangkat.
Contohnya silahkan perhatikan dalam cell A5, angka 10 yang terdapat dalam cell tersebut aakn dikuadratkan dengan angka 2 yang terdapat dalam kolom pangkat.
Jika dihitung secara manual maka artinya yakni 10 x 10 = 100 dan dalam rujukan diatas kesannya juga yakni 100 ibarat yang terlihat dalam cell D5.
Untuk rumus - rumus yang dipakai dalam rujukan diatas silahkan perhatikan dalam kolom Rumus atau kolom C.
Seperti yang disebutkan diawal baha penghitungan kuadrat yang dilakukan dengan rumus Excel ini sangat mudah.
Itulah pembahasan kita kali ini perihal cara memakai rumus POWER untuk pengkuadratan sebuah bilangan dalam Excel, supaya artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.
Cara Menggunakan Rumus POWER Dalam Excel
Kuadrat merupakan bilangan yang akan dikalikan dengan bilangan tersebut dengan angka kuadrat yang telah kita tentukan.
Misalnya kita akan kuadratkan angak 2 dengan 3 maka kesannya yakni 2 x 2 x 2 = 8 dan ini artinya angka dua kuadrat tiga kesannya yakni 8.
Penghitungan kudrat ini sama dengan penghitungan akar kuadrat yaitu sanggup dilakukan dengan memakai rumus Excel.
Dalam penggunaannya rumus POWER sedikit berbeda dengan rumus SQRT alasannya rumus POWER terdiri dari dua argumen.
Dalam penghitungan kuadrat ada istilah bilangan basis yaitu bilangan yang akan dicari kuadratnya.
Syntax Dasar dan Argumen Rumus POWER Excel
Seperti yang disebutkan diatas bahwa rumus POWER mempunyai dua buah argumen yaitu number dan power.
Adapun syntax dari rumus POWER ini yakni sebagai berikut :
=POWER(number;power)
- number : bilangan basis atau yang akan dipangkatkan
- power : pangkat ke sekian dari bilangan basis
Dua argumen yang terdapat dalam rumus POWER ini bersifat wajib untuk diisi atau dihentikan untuk dikosongkan.
Contoh Menggunakan Rumus POWER Dalam Excel
Pengkuadratan dari sebuah bilangan ini tentunya bukan hal yang aneh alasannya kitas niscaya pernah mempelajarinya pada ketika disekolah.
Untuk rujukan menghitung kuadrat dalam Excel ini silahkan perhatikan gambar berikut ini :
Dalam gambar tersebut terdapat kolom basis dan kolom pangkat yang terdiri dari angka - angka.
Angka yang terdapat dalam kolom Basis akan dikuadratkan dengan bilangan yang terdapat dalam kolom Pangkat.
Contohnya silahkan perhatikan dalam cell A5, angka 10 yang terdapat dalam cell tersebut aakn dikuadratkan dengan angka 2 yang terdapat dalam kolom pangkat.
Jika dihitung secara manual maka artinya yakni 10 x 10 = 100 dan dalam rujukan diatas kesannya juga yakni 100 ibarat yang terlihat dalam cell D5.
Untuk rumus - rumus yang dipakai dalam rujukan diatas silahkan perhatikan dalam kolom Rumus atau kolom C.
Seperti yang disebutkan diawal baha penghitungan kuadrat yang dilakukan dengan rumus Excel ini sangat mudah.
Itulah pembahasan kita kali ini perihal cara memakai rumus POWER untuk pengkuadratan sebuah bilangan dalam Excel, supaya artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.
Sumber http://adh-excel.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58Related Posts :
Fungsi Row, Cara Memakai Fungsi Row Dalam Microsoft Excel Cara Menggunakan Fungsi ROW Dalam Microsoft Excel - Dalam artikel sebelumnya kita telah membahas perihal beberapa fungsi yang ada dalam … Read More...
Fungsi Mod, Cara Memakai Fungsi Mod Dalam Microsoft Excel Cara Menggunakan Fungsi MOD Dalam Microsoft Excel - MOD merupakan fungsi yang tergabung kedalam kelompok Matematika dan Trigonometri. … Read More...
Fungsi Syd Excel, Cara Memakai Fungsi Syd Dalam Microsoft Excel Cara Menggunakan Fungsi SYD Dalam Microsoft Excel - Fungsi SYD ada dalam kelompok Fungsi Keuangan. Beberapa fungsi yang ada dalam ke… Read More...
Fungsi Column, Cara Memakai Fungsi Column Dalam Microsoft Excel Cara Menggunakan Fungsi COLUMN Dalam Microsoft Excel - Dalam pebahasan kali ini masih berkaitan dengan fungsi yang berada dalam kelompok… Read More...
Fungsi Ddb Excel, Cara Memakai Fungsi Ddb Dalam Microsoft Excel Cara Menggunakan Fungsi DDB Dalam Microsoft Excel - DDB merupakan fungsi yang tergabung kedalam kelompok Fungsi Keuangan. Beberapa f… Read More...
0 Response to "Cara Memakai Fungsi Atau Rumus Power Dalam Microsoft Excel"
Posting Komentar