Best Practice

Pemindaian Lembar Jawaban Peserta Didik dengan Smartphone dalam Optimalisasi Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran

ABSTRAK
Musabikhin. 2017. Pemindaian Lembar Jawaban Peserta Didik dengan Smartphone dalam Optimalisasi Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran.
Mengevaluasi dan menilai hasil pembelajaran merupakan salah satu kiprah pokok yang harus dilaksanakan oleh guru. Penilaian dalam pengertian assessment of learning dilakukan guru bertujuan untuk mengukur hasil berguru akseptor didik dalam pencapaian kompetensi dasar yang dipelajari dalam kurun waktu tertentu yang harus segera terdokumentasikan sehabis pelaksanaan penilaian untuk sanggup segera dilakukan analisis sehingga sanggup diketahui tingkat pencapaian dan ketuntasan belajarnya serta sedini mungkin sanggup ditindaklanjuti dalam pembelajaran remedial dan pengayaan.
Di masa digital sekarang, smartphone yang merupakan telepon genggam cerdas menyediakan ribuan aplikasi yang sanggup dimanfaatkan dalam membantu mengoptimalkan kiprah pokok guru dalam penilaian pembelajaran. Zipgrade merupakan salah satu aplikasi smartphone berbasis android dan iOS yang sanggup dimanfaatkan sebagai aplikasi pemindai lembar balasan akseptor didik (LJPD) pada penilaian dengan butir soal pilihan jamak. Aplikasi ini sanggup membantu guru melaksanakan penilaian hasil berguru akseptor didik dengan gampang dalam waktu yang singkat. Hasil pemindaian dengan aplikasi ini berupa data nilai akseptor didik, dan analisisnya.
Melalui teknik pembinaan profesionalisme guru yang dilakukan secara sedikit demi sedikit dengan mempertimbangkan kemampuan guru dan kepala sekolah yang tidak merata dalam penguasaan TIK, tahapan training dilakukan berbasis kelompok dan kebutuhan, berjenjang di komunitas MKPS dan MGMP, serta training dan pendampingan eksklusif di sekolah binaan. Pembinaan dan pendampingan dilaksanakan mulai semester genap tahun pelajaran 2016/2017 di MGMP IPA, SMPN 1 Cipeucang, SMPN 5 Mandalawangi, dan SMPN 1 Karangtanjung, serta dilaksanakan dengan sasaran semua Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Pandeglang dengan training dan pendampingan oleh Pengawas Sekolah masing-masing pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018.
Hasil dari training ini, Guru telah melaksanakan pemindaian LJPD dengan memakai smartphone di waktu yang sama seketika sehabis melaksanakan penilaian, dan memanfaatkan data hasil pemindaian untuk dilakukan analisis hasil berguru peseta didik dan menindaklanjuti dalam aktivitas remedial dan pengayaan di pekan yang sama sehabis analisis simpulan dilakukan.
Kendala-kendala teknis yang ditemukan pada training profesonal guru dalam pemanfaatan smartphone untuk mengoptimalkan pelaksanaan penilaian pembelajaran sanggup diatasi dengan membangun janji bersama dan saling mendukung antara guru, kepala sekolah, pengurus MGMP, dan pengawas sekolah dalam melaksanakan kiprah dan fungsinya serta adanya jalinan komunikasi eksklusif maupun lembaga tanya jawab melalui komunitas jejaring sosial.
Pemanfaatan smartphone untuk memindai LJPD hasil penilaian pembelajaran perlu menjadi salah satu bahan training pengawas di sekolah binaan, alasannya yaitu sangat bermanfaat dalam mengoptimalkan pelaksanaan penilaian pembelajaran oleh guru, sehingga memudahkan guru dalam melaksanakan salah satu kiprah pokoknya, tidak sekedar memanfaatkan smartphone untuk komunikasi jejaring sosial dan gaya hidup saja. Perlu kerjasama dan kerja sama seluruh pengawas biar pemanfaatan smartphone untuk memindai LJPD hasil penilaian pembelajaran ini sanggup dilaksanakan oleh semua guru di semua Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Pandeglang.


Kata kunci  : smartphone, LJPD, zipgrade, optimalisasi, penilaian pembelajaran


Sumber http://virtualpendampingan.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Best Practice"

Posting Komentar