9 Cara Sukses Mencar Ilmu Mata Pelajaran Yang Tidak Disukai

Sebagai pelajar, niscaya ada kalanya kau tidak suka dengan satu atau dua mata pelajaran. Alasannya pun sangat beragam. Sulit dimengerti, terkesan membosankan, atau bahkan lantaran kurang suka dengan cara mengajar gurunya. Kesulitan-kesulitan ini terbilang wajar, Squad. Dari sekian banyak asupan mata pelajaran yang kau terima di sekolah, ada kemungkinan beberapa pelajaran jadi sebuah kendala. Eits, akan tetapi harus dicari solusi untuk mengatasinya. Se-tidak suka apapun kamu, tetap harus kau lalui biar sanggup lulus, kan? Coba praktikkan 9 cara berikut yuk!

1. Variasi

Coba aneka macam macam variasi metode berguru dan temukan tipe berguru yang paling cocok. Misalnya hari ini memakai flash card, kemudian besok dengan video belajar, kemudian coba mencatat. Selain itu, mengubah lokasi berguru pun sanggup besar lengan berkuasa lho, Squad. Pasalnya, suasana gres akan memunculkan semangat baru. Psst, tetap cari lokasi yang aman untuk berguru ya, contohnya taman, museum, dan sebagainya. Jangan hingga malah menyebabkan lebih banyak distraksi.

2. Celah

Bagi pelajaran yang dirasa sulit, kau perlu mencari ‘celah’-nya. Carilah teladan berguru atau mengerjakan soal dengan cara yang gampang kau pahami. Setelah menemukan celahnya, niscaya ke depannya akan terasa lebih ringan. Ingat deh, ketika kau dulu berguru mengendarai sepeda, motor, bahkan mobil. Di tahap awal, kau niscaya merasa kesulitan, harus menjaga keseimbangan, lihai mengukur sudut kiri dan kanan, dan sebagainya. Namun, ketika kau sudah tahu celahnya, semua jadi lebih mudah, bukan? Sama halnya dengan mata pelajaran.

3. Limit your session

 

Mata Pelajaran - Beri jeda 5 menit Beri jeda 5 menit. (Sumber: tekrevue.com)

 Kondisinya ketika ini, kau tidak suka dengan mata pelajaran tersebut. Oleh alasannya yakni itu, kau jangan terlalu memaksakan diri biar segera suka. Semua harus dilakukan perlahan, melalui aneka macam proses jatuh dan bangun. Dalam setiap sesi belajar, lakukan sepanjang 30 menit, kemudian beri jeda, dan lanjutkan lagi 30 menit, begitu seterusnya. Jadi, tidak dipaksakan pribadi 2 jam setiap sesinya.

4. Nikmati proses

 

Mata Pelajaran - Stres lantaran terlalu memaksakan diri
Stres lantaran terlalu memaksakan diri. (Sumber: sciencenewsforstudents.com)

Harus tetap mempelajari dan memahami mata pelajaran yang tidak disukai terang kurang menyenangkan. Kamu berada dalam situasi tidak nyaman. Tapi, situasi menyerupai ini jugalah yang akan membawamu menjadi sosok yang lebih baik. So, jangan terlalu fokus ke hasil kesannya akan menyerupai apa. Bahkan, kau tidak perlu stuck terlalu usang jikalau memang belum ada improvement. Hal terpenting yang harus kau lakukan yakni tuntaskan belajarmu hingga selesai. Don’t try too hard, Squad. Also, don’t stress about the results.

5. Terima emosi negatif

Maksudnya? Kamu harus santai dan mencoba  dalam menjalani masa-masa sulit ini. Ingat, tidak usah memaksakan diri untuk segera keluar dari emosi negatif. Semakin dipaksa, maka akan semakin sulit juga ada kemajuan. Rasakan dan nikmati setiap kesulitan yang kau hadapi.

6. Moment of yourself

Pejamkan mata, tarik nafas dalam dengan teratur, kemudian coba renungkan apa saja yang sudah kau lakukan. Ingatlah kata-kata motivasi yang membangkitkan semangatmu. Lakukan tahap ini ketika kau sedang stuck. Kamu akan merasa damai setelahnya. Agar proses berjalan lancar, kau harus selalu memulai berguru dengan mindset positif. Jika dari awal sudah terbentuk mindset negatif, maka kau akan semakin malas mulai menyukai pelajaran tersebut.

7. Musik

Di sela-sela break, putarlah musik yang membangun mood untuk belajar. Kemudian, bangun dari dudukmu, dan berjalanlah ke sekeliling ruangan. Keluar sejenak dan hiruplah udara segar. Cara ini akan merilekskan pikiranmu dan mengurangi emosi yang mengganggu.

8. Mengelus binatang

Mata Pelajaran - Belajar dengan hewan peliharaanBelajar dengan hewan peliharaan. (Sumber: pinterest.com)

Mempelajari bahan yang tidak disukai sanggup memicu stres. Jika kau stres, maka otak pun tidak sanggup berfungsi dengan maksimal. Lalu, apa hubungannya dengan mengelus binatang? Coba deh berguru sambil mengelus hewan peliharaanmu. Penelitian ini berasal dari hasil kegiatan membaca cepat yang diadakan sebuah perpustakaan di Ontario, Kanada. Siswa tingkat SD (SD) yang ditemani anjing, terbukti lebih lancar membaca. Selain itu, hal ini juga dipraktikkan oleh sejumlah mahasiswa Hukum di GMV Law School, Virginia, Amerika. Psst, kalau kau tidak punya hewan peliharaan, atau  hewan peliharaanmu agak tidak memungkinkan untuk disentuh, kau sanggup gunakan boneka hewan kok sebagai pengganti. Bagi kau yang kurang suka pelajaran hafalan, sanggup dicoba nih, Squad.

9. Tutor

Jika kau tidak menyukai suatu pelajaran lantaran konsepnya, mungkin yang kau butuhkan yakni seorang tutor menyerupai guru privat. Umumnya, guru privat selalu punya cara beda dari yang diajarkan di sekolah dan lebih gampang dipahami. Selain itu, guru privat hanya akan terfokus padamu untuk membimbingmu dari kebingungan hingga mengerti.

Setelah kau melalui aneka macam cara, menghadapi segala kesulitan, dan berhasil menuntaskan dengan tuntas, dirimu patut dihargai. Beri reward sederhana untuk dirimu sendiri biar semangatmu pun kian bertambah.

Semoga beberapa cara di atas sanggup membantumu ya, Squad. Agar termotivasi, baca dulu dongeng seorang guru Matematika yang dulunya sangat benci pelajaran hitung-hitungan tersebut di sini. Yuk, semangat!

ruangbelajar for desktop

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Cara Sukses Mencar Ilmu Mata Pelajaran Yang Tidak Disukai"

Posting Komentar