9 Cara Cermat Semoga Cepat Memahami Pelajaran

Sekarang sudah masuk isu terkini ujian nih, smart buddies. Frekuensi belajarmu niscaya lebih meningkat dibanding biasanya. Nah, di masa-masa ini rentan sekali timbul kejenuhan ketika belajar. Wajar kok, apalagi jikalau kau merasa sulit memahami pelajaran lantaran cara belajarmu salah atau terlalu diforsir. Tapi jangan hingga dibiarkan ya, smart buddies! Kalau kau berlama-lama jenuh, maka berguru akan terasa percuma lantaran ilmu tidak sanggup diserap dengan baik.

Bagi kamu yang masih menerima kesulitan ketika belajar, beberapa trik di bawah ini mungkin bisa dicoba. Selain membantu untuk meningatkan kualitas belajar, fun juga lho!

1. Catatan kecil

Ada salah satu kesalahan ketika belajar. Biasanya, kita cenderung menghapal setiap detil bahan yang disampaikan. Yay or nay? Daripada kau fokus menghapal, lebih baik fokus ke poin-poin pentingnya saja.

Bagaimana strateginya semoga kau tertarik baca? Ketika guru sedang memberikan materi, catat hal-hal penting di sticky notes. Misalnya rumus phytagoras, rumus tenses, dan buat kata kunci yang gampang diingat. Dengan menulis, kau sambil mengingat kembali pelajaran lho. Kemudian, tempel di tempat-tempat yang sering kau lihat. Dinding kamar, cermin, atau buku.

2. Garis bawah

memahami pelajaran Memberi highlight bagi bahan penting (sumber: vipblueedition.com)

Menggaris bawahi hal-hal penting ketika membaca atau mempelajari sebuah buku tentu tidak akan menyulitkanmu, bukan? Kalau ribet pakai penggaris, highlighter atau pulpen berwarna bisa menciptakan bukumu lebih berwarna. Apabila penuh warna, maka semangatmu juga akan lebih meningkat. Cara ini akan memudahkanmu ketika mencari bahan yang diharapkan lantaran menghemat waktu.

3. Mind mapping

Ada lagi cara menghemat jam belajarmu dan menciptakan lebih siap menghadapi ujian. Coba cara mind mapping deh. Mind mapping merupakan proses pemetaan pikiran untuk menghubungkan konsep-konsep permasalahan tertentu. Tulisan yang dihasilkan yaitu citra eksklusif dari cara kerja koneksi dalam otak. Cara ini juga sanggup menyebarkan cara berpikir kreatif.

memahami pelajaran Belajar dengan mind map (sumber: greendealsolutions.net)

Menurut Tony Buzan, sang penggerak mind mapping, proses ini sanggup membantu kita untuk banyak hal. Beberapa di antaranya yaitu merencanakan, berkomunikasi, menuntaskan masalah, memusatkan perhatian, menyusun dan menjelaskan pikiran-pikiran, serta mengingat dengan baik. Belajar jadi lebih cepat dan efisien serta melatih gambar keseluruhan.

4. Kuis

Hayooo siapa yang takut jikalau guru memberi kuis dadakan? Eits, tapi cara ini ampuh untuk meninjau studi di ahad dan hari sebelum ujian lho, smart buddies. Dengan adanya kuis, kau jadi tahu bahan apa yang sudah kau kuasai dan masih harus dipelajari lebih dalam.

5. Case study

Ada beberapa materi yang agak sulit dipahami hanya dengan mengikuti pedoman teori. Oleh lantaran itu, studi masalah bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan cara ini, kau akan dihadapkan dengan sebuah kasus, sehingga bisa memvisualisasikan teori dan jadi lebih gampang paham.

6. Brainstorming

memahami pelajaran Cari sobat berguru kelompok dan bertukar pikiran (sumber: wisegeek.com)

 Nah, jikalau kau bosan berguru sendiri, tidak ada salahnya coba berguru dengan teman-teman. Brainstorming bisa jadi salah satu cara untuk bertukar serta memperluas ilham yang kau dan teman-temanmu miliki. Saat proses ini berlangsung, tidak ada salah dan benar, semua sama. Selain lebih seru, kau akan menerima banyak ilham gres yang memperkaya pengetahuanmu.

7. Aplikasi berguru online

Generasi zaman kini sulit lepas dari gadget. Tidak masalah, asal tahu takarannya ya. Jangan hingga kau terlarut bermain gadget lantaran media umum atau games. Alangkah lebih baik jikalau kau memanfaatkannya untuk hal-hal edukatif.

memahami pelajaran

Pernah nggak kau membayangkan, ada aplikasi yang bisa membantumu menuntaskan soal sulit? Tentu hidup akan jauh lebih gampang ya? Nah, kini itu bukan sebatas angan-angan, tapi kenyataan. Sudah ada aplikasi berguru online yang sanggup menciptakan proses belajarmu lebih asyik lho.

Di Indonesia, ada Ruangguru yang menjawab angan-anganmu! Hanya dengan download mobile app Ruangguru di smartphone, kau dapat belajar secara intensif, 1 on 1 dengan guru yang sudah terseleksi. Pelajaran SD hingga SMA, semuanya bisa kau tanyakan. Ketika masuk ke aplikasinya, pilih jenjang pendidikan, mata pelajaran (saat ini Matematika dan Fisika), foto soal yang sulit, kemudian kirim. Kurang dari 3 menit, kau akan tersambung dengan guru yang sudah standby untuk membantumu menuntaskan soal. Wah! Canggih sekali, bukan? Mengerjakan PR jadi lebih gampang dan menyenangkan. Psst, aplikasi berguru online Ruangguru ini merupakan pioneer lho di Indonesia.

aplikasi

Eits, sistemnya bukan guru memberi balasan kepada siswa, namun guru memberi pengarahan dan klarifikasi hingga siswa mengerti. Kamu bisa bertanya via chat maupun audio call. Satu pertanyaan bernilai satu token. Nah, kamu bisa lihat paket-paket pembelian tokennya di aplikasi eksklusif ya. Belajar jadi lebih gampang dengan metode foto-upload-chat/audio call.

Tidak hanya itu, masih banyak fitur-fitur lainnya juga yang akan membantumu semoga #BelajarJadiMudah lho, smart buddies! Yuk, download melalui bit.ly/rgandroid atau bit.ly/rgappios sekarang!

8. Cari tahu tipe belajarmu

Memahami tipe berguru ini dilarang dihiraukan, lho. Kalau kau sudah paham tipe belajarmu, maka ke depannya akan lebih gampang untuk mengerti pelajaran dengan caramu sendiri. Misalnya dengan menonton video belajar, mendengar rekaman suara, diiringi lagu, dan sebagainya. Sudah tahu belum tipe belajarmu? Baca di sini ya.

9. Kelola!

Salah satu cara berguru yang paling efektif bahwasanya yaitu yang paling sering diabaikan, yaitu mengelola belajar. Buatlah jadwal berguru semoga lebih terstruktur. Tapi jangan hanya jadi pajangan ya! Ini yaitu salah satu hal yang baik untuk memotivasimu.

Nah, itu beliau sembilan trik cermat nan jitu semoga kau gampang memahami pelajaran dan tidak cepat bosan. Selamat mencoba ya! Semoga ujianmu berhasil. Cheers! :) (TN)

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Cara Cermat Semoga Cepat Memahami Pelajaran"

Posting Komentar