Mengelola waktu dengan efisien bukanlah masalah yang mudah, tetapi bukan juga sesuatu yang tidak mungkin untuk dilakukan. Kunci utamanya yaitu prioritas, motivasi dan konsistensi. Yuk, simak beberapa tips singkat untuk administrasi waktu yang lebih baik.
1. Set a long-term goal
Merumuskan tujuan dan cita-cita (Sumber: casaevents.ma)
Menentukan sebuah tujuan atau keinginan yang ingin dicapai sangat penting untuk kesuksesan kita dalam mengatur waktu, alasannya yaitu dengan sebuah tujuan, kita akan terus termotivasi untuk mencapainya. Buatlah hal-hal yang ingin kau capai dalam rentang waktu satu atau tiga tahun mendatang. Akan lebih baik apabila gol atau tujuan itu spesifik. Contohnya yaitu ketika kau ingin melanjutkan studi jangan hanya sebatas menyampaikan “Aku ingin melanjutkan studi S2 ke luar negeri”, melainkan “Aku ingin melanjutkan studi di kota X, campus A, jurusan B, pada tahun Y”. Kamu sanggup menuliskannya di post-it dan menempelkannya di dinding kamar atau notebook kau supaya menjadi reminder dan motivasi tersendiri.
2. Write a daily to-do list
Membuat daftar kegiatan (Sumber: jagoanpassiveincome.com)
Rencanakan harimu dengan menciptakan sebuah daftar kegiatan, alasannya yaitu manajeman waktu yaitu wacana perencanaan. Sangat disarankan untuk menciptakan tiga macam to-do list, yaitu to-do list yang berisikan sasaran atau planning satu bulan kedepan, to-do list untuk satu minggu, dan to-do list yang memuat jadwal untuk satu hari. Jangan lupa untuk memilih prioritas degan menandai pekerjaan apa yang paling penting untuk dikerjakan terlebih dahulu. To-do list seperti ini sangat membantu dalam mencapai gol jangka pendek yang akan menuntun kita pada gol atau tujuan jangka panjang.
3. Be realistic about time
Menentukan waktu untuk melaksanakan aksi (Sumber: redhousehouse.com.au)
Dalam menciptakan sebuah perencanaan kita juga harus sanggup realistis. Alokasikan waktu sesuai dengan beban kiprah dan ingat untuk menciptakan deadline bagi setiap kiprah dan pekerjaan. Jangan buat jadwal yang terlalu ketat, tapi usahakanlah supaya sanggup fleksibel, sesuai dengan ritme kerja kamu. Hal ini penting untuk dipertimbangkan alasannya yaitu pengalokasian waktu yang baik sanggup mencegah rasa jenuh dan stress. Karena itu, jangan lupa masukkan jadawal untuk beristirahat yang cukup dan waktu untuk hal-hal yang tak terduga.
4. Avoid Distractions
Berlatih fokus (Sumber: e-sumikae.co.jp)
Untuk sanggup fokus pada suatu pekerjaan sangatlah sulit. Hal pertama yang sanggup dilakukan yaitu dengan berhenti multi-tasking. Walaupun terlihat menghemat waktu, multi-tasking sanggup menghambat kita menuntaskan suatu pekerjaan sempurna waktu. Kerjakan pekerjaan satu persatu. Selain itu, kenali juga apa yang biasanya menciptakan kau terditraksi atau susah fokus. Apabila masalahnya yaitu sahabat yang selalu mengajak ngobrol, carilah daerah yang sepi. Jika hal tersebut tidak memungkinkan pakailah headphone (walaupun tidak mendegarkan musik) jikalau tidak ingin diganggu.
5. Reward yourself
Penghargaan kepada diri sendiri terkadang merupakan satu hal yang sering kali dilewatkan dan tidak dianggap penting. Nyatanya, sebuah penghargaan merupakan salah satu aspek yang penting dalam administrasi waktu. Penghargaan sanggup memotivasi kita untuk bekerja lebih baik dan sesuai target. Rencanakanlah sebuah pengargaan sederhana bagi diri sendiri setiap berhasil menyelasikan sebuah kiprah atau pekerjaan. Bentuk penghargaan yang diberikan harus spesifik tetapi realistis dan sanggup didapatkan atau eksklusif dilaksanakan dalam waktu yang dekat.
Mengatur waktu memang sangat diperlukan, apalagi dalam hal belajar. Nah, seringkali kita kesulitan untuk mengatur waktu dalam belajar, mulai dari banyaknya kiprah yang harus dikerjakan, waktu bermain bersama teman, mengikuti kejuaraan-kejuaraan, dan hal-hal lainnya. Akan tetapi ketika ini semua itu bukan lagi gangguan kau ketika ingin berguru dengan fokus. Kalian sanggup berlangganan aplikasi ruangbelajar, di sana kalian sanggup berguru melalui video serta terdapat latihan-latihan soal.
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "5 Tips Untuk Administrasi Waktu Yang Lebih Baik"
Posting Komentar