√ 20 Cara Administrasi Waktu Yang Efektif (Agar Mempunyai Produktifitas Tinggi)

Seringkali waktu 24 jam yang dimiliki dirasa sangat kurang, banyak banyak sekali kegiatan dan pekerjaan yang belum terselesaikan.

Munculnya permasalahan ini gotong royong bukan pada terbatasnya waktu, akan tetapi cara mengelola waktu yang kurang bijak atau kurang baik.

Memanfaatkan waktu dengan baik itu sangat penting, sehingga waktu Anda tidak terbuang sia-sia karenanya.

Perbedaan antara orang sukses dan gagal umumnya terletak pada cara mereka mengatur waktu. Dimana 1 hari terdiri dari 24 jam, yang setara dengan 1440 menit atau 86.400 detik.

Manfaatkan dengan baik pada detik-detik yang berlalu. Oleh alasannya itu milikilah kemampuan cara mengatur waktu yang baik dan efisien.

 banyak banyak sekali kegiatan dan pekerjaan yang belum terselesaikan √ 20 Cara Manajemen Waktu Yang Efektif (Agar Memiliki Produktifitas Tinggi)

Cara Manajemen Waktu Yang Efektif

1. Buang Sifat Suka Menunda-nunda
Salah satu kebiasaan yang harus dienyahkan yaitu suka menunda-nunda, alasannya bisa menciptakan Anda menjadi tidak produktif, serta kebiasaan jelek ini sanggup mengakibatkan hari-hari Anda berantakan, serta sanggup mencegah Anda untuk sukses dalam segala hal.

Memang diharapkan perjuangan yang lebih biar bisa selalu memulai pekerjaan dengan tepat waktu dan menjaga fokus hingga pekerjaan hasilnya selesai. Menunda pekerjaan alasannya banyak sekali alasan seringkali menjadi penghalang orang-orang untuk bisa produktif.

Agar Anda tidak lagi suka menunda kegiatan / pekerjaan, maka milikilah tujuan yang terperinci dari kegiatan yang Anda lakukan. Dimana salah satu penyebab dari kebiasaan menunda pekerjaan ialah tidak adanya tujuan yang terperinci dari kegiatan yang akan dilakukan.

Dengan kata lain, dirinya tidak tahu wacana hasil atau manfaat kasatmata dari suatu kegiatan yang dilakukan, hal inilah yang menyebabkannya menjadi kurang termotivasi, sehingga dirinya hanya bersantai saja dan menunda-nunda pekerjaannya.

Untuk mengatasi problem ini maka pastikan Anda mempunyai konsep yang terperinci wacana banyak sekali kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan.

Perlu diketahui, bahwa kepuasan ketika berhasil merampungkan suatu tugas, maka akan menciptakan Anda menjadi mempunyai semangat lebih untuk merampungkan kiprah lainnya.

Selain itu, terlalu banyak isu tidak berkhasiat yang masuk ke dalam pikiran, sanggup mengakibatkan Anda kehilangan fokus, sehingga nantinya beresiko menunda pekerjaan.

Oleh alasannya itu, ketika duduk di depan meja kerja, maka hindari yang namanya membuka Facebook, Twitter, dll untuk tujuan yang kurang jelas, buang segala hal yang bisa menciptakan pikiran dan fokus bekerja Anda terganggu.

Pilah-pilah isu yang masuk, yang kategorinya berupa:
  • Informasi yang harus diperhatikan sekarang.
  • Informasi yang sanggup diperhatikan nanti (ketika ada waktu luang).
  • Informasi yang tidak penting.

Perhatikan isu yang masuk, dan pastikan bahwa Anda hanya akan mengolah isu penting saja di pikiran. Hal ini biar fokus pekerjaan Anda tidak hilang.

Agar tidak membuang-buang waktu dan menunda pekerjaan, maka jangan terlena dengan terlalu menggampangkan setiap kiprah yang ada.

“Gampang ini, kok!”, pikiran menyerupai itu akan menciptakan Anda terlena sehingga akan membuang-buang waktu, hingga tiba-tiba sisa waktu mengerjakan kiprah hanya tinggal sedikit.

Agar tidak menunda-nunda maka paksa diri untuk mulai mengerjakan tugas. Dimana dalam suatu kondisi, hal tersulit bukanlah merampungkan tugas, namun justru memulainya.

Betapa sering para mahasiswa mengalami rasa malas ketika harus mulai mengerjakan sebuah paper kuliah. Namun, setelahnya dirinya justru menikmatinya ketika di tengah proses pengerjaan tugas.

Memang, memulai pekerjaan terkadang tidak mudah, akan tetapi paksakan diri Anda untuk segera memulai ketika ini juga.

2. Jangan Membuat Rumit Sesuatu
Jika diperhatikan pada orang-orang yang sukses dalam bisnisnya menyerupai Bill Gates (pemilik Microsoft) dan Mark Zunkenberg (pemilik Facebook), biasanya mereka dikenal dengan pakaian yang begitu-begitu saja.

Hal itu alasannya mereka memang tidak begitu berlama-lama mengurusi hal yang bukan pokok. Waktu dan tenaga mereka lebih diarahkan untuk mengurusi hal-hal yang penting.

Mereka tidak mengurusi seperti: nanti mau jajanan apa, dengerin musik apa, sikat gigi warna apa, dan hal-hal yang sepele lainnya. Pikiran mereka dioptimalkan untuk hal-hal yang penting.


3. Lakukan Aktivitas Sejak Pagi
Ketika melaksanakan aktivitas, maka mulailah semenjak awal yaitu pagi hari, sehingga Anda akan menjadi orang yang benar-benar memanfaatkan waktu yang dimiliki dengan maksimal.

Hindari hanya termangu saja di pagi hari atau bahkan masih dalam kondisi tidur. Beraktivitas dengan rajin semenjak pagi hari menawarkan banyak sekali manfaat, yaitu:
  • Anda akan lebih produktivitas.
  • Tubuh akan lebih sehat.
  • Jiwa akan lebih ceria.
  • Anda akan lebih bersemangat dalam menjalankan banyak kegiatan seharian. 

Selain itu, pada sebuah studi di tahun 2011, yang dilakukan oleh pihak dari universitas Northwestern, menemukan bahwa berdiri lebih pagi akan menciptakan seseorang lebih cenderung untuk menentukan makanan yang sehat.

Selain itu, orang yang biasa berdiri pagi mempunyai tingkat BMI yang umumnya lebih rendah dibandingkan dengan orang-orang yang hampir selalu berdiri siang, baik itu alasannya tidur larut malam atau begadang.

Orang yang berdiri pagi juga akan bisa menghirup udara segar yang menyehatkan. Nantinya akan terdapat banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan melaksanakan berdiri pagi.

4. Buat Catatan Kegiatan Anda, Agar Nantinya Dianalisa
Dengan membaut catatan maka Anda nantinya bisa lebih rasional dalam mengatur waktu. Anda tinggal mencatat kegiatan-kegiatan apa saja yang telah dilakukan pada hari ini.

Lalu diurutkan dari kegiatan banyak paling banyak memakan waktu. Dengan begitu, nantinya Anda bisa melihat secara jelas, waktu yang Anda miliki dipakai untuk hal apa saja.

Lalu tinggal Anda evaluasi, dan akan diketahui bagaimana cara Anda memakai waktu. Apakah Anda sering menonton TV, bermain game, duduk santai, dan semacamnya.

Sehingga, Anda bisa merubah atau menghilangkan segala kegiatan yang tidak produktif, digantikan dengan kegiatan yang produktif.

Membuat catatan menyerupai ini juga berkhasiat biar Anda bisa lebih realistis dan tepat dalam merencanakan acara harian.

5. Hilangkan Sifat Malas
Sifat malas ini akan mengakibatkan Anda akan menyia-nyiakan waktu. Sifat malas ini akan mengakibatkan kegagalan seseorang dalam menjalani kehidupan.

Anda harus menghilangkan sifat malas ini biar waktu yang Anda miliki menjadi tidak terbuang sia-sia. Dengan menjadi orang yang rajin maka Anda akan bisa memanfaatkan waktu Anda dengan efektif, untuk melaksanakan banyak sekali akivitas yang berguna.

Selain itu, langsung yang rajin akan menjadi lebih energic, bersemangat, percaya diri, cerdas dan mempunyai motivasi hidup yang tinggi.

Cara yang ampuh untuk menghilangkan sifat malas yang sudah mendarah daging, yaitu dengan mulai rutin melaksanakan olahraga.

Olahraga akan menciptakan tubuh menjadi aktif bergerak, jantung berdetak lebih cepat, serta akan meningkatkan produk hormon di dalam tubuh yang berfungsi untuk meningkatkan suasana hati.

Dengan berolahraga maka Anda akan menjadi lebih bersemangat, dengan begitu maka rasa malas-pun akan menjadi hilang.

Cara lainnya untuk menjadikan semangat ialah dengan membasuh wajah, dengan membasuh wajah maka wajah akan menjadi segar, rasa kantuk menjadi berkurang atau hilang, dan pikiran menjadi lebih fresh.

loading...

6. Buatlah Prioritas Kegiatan
Selain harus aktif dan rajin, biar Anda bisa mengelola waktu dengan baik maka milikilah prioritas kegiatan.

Dari banyak kegiatan yang kemungkinan Anda kerjakan, maka urutkan kegiatan tersebut mulai dari:
  1. Penting yang mendesak
  2. Penting yang tidak mendesak
  3. Tidak Penting.

Nah, lakukan kegiatan dari yang terpenting serta mendesak untuk dilakukan ketika ini juga, gres kemudian dikerjakan hal-hal yang bersifat penting yang tidak mendesak.

Jika Anda dihadapkan pada banyak opsi pilihan aktivitas, maka Anda perlu mengurutkan untuk mengerjakan hal yang paling penting dan urgent terlebih dahulu. Sehingga Anda nantinya mempunyai kemampuan administrasi waktu yang sangat baik.

7. Manfaat Aplikasi Atau Buku Catatan 
Anda bisa memanfaatkan aplikasi smartphone ataupun buku catatan sebagai alat bantu dalam mengelola waktu. Manfaatkan buku notes biar bisa mengatur semua acara dengan mudah, atau bisa dalam bentuk aplikasi yang sanggup didonwload di gadget.

Mencatat akan mempermudah Anda untuk terus mengetahui banyak sekali daftar kegiatan yang akan dikerjakan. Sehingga ini mencegah Anda untuk termangu saja atau membuang-buang waktu alasannya kebiangungan tidak ada aktivitas.

8. Rapikan Barang-barang Dapat Menghemat Waktu
Dengan merapikan barang-barang milik Anda, menyerupai buku, baju, kertas, dan pernak pernik lainnya maka hal ini berkhasiat supaya Anda tidak kelimpungan ketika memerlukannya. Betapa sering orang-orang menghabiskan waktu hanya untuk mencari kunci motor yang tidak ditemukan.

Tentunya jangan hingga waktu kita terbuang untuk hal-hal semacam itu. Merapihkan barang-barang pada tempatnya akan membantu Anda biar bisa mengelola waktu dengan efisien.

9. Hati-hati dengan Segala Distraksi yang Ada di Sekitar
Ketika sedang bekerja yang memerlukan konsentasi tinggi, maka usahakan untuk menjauhkan semua distraksi yang ada di sekitar. Jauhkan gadget, smartphone, Facebook, Twitter, dan hal-hal lainnya yang tidak urgent.

Hal ini perlu dilakukan biar Anda tidak terjerembab ke hal-hal yang bisa menghabiskan waktu Anda secara tidak sadar. Menjauhkan hal-hal yang kurang penting juga berkhasiat biar Anda bisa tetep fokus dan konsentrasi ketika bekerja.

10. Disiplin
Agar Anda bisa mengatur dan menjaga waktu Anda, maka bersikaplah disiplin dan tegas pada diri sendiri, hal ini bukan berarti mamaksakan diri mengerjakan sesuatu. Jika memang kondisi tubuh sakit tentunya harus istirahat, jangan dipaksakan bekerja.

Yang dimaksud ialah jangan malas bergerak dan menunda-nunda kegiatan, yang hasilnya akan mengakibatkan pekerjaan menjadi menumpuk. Memiliki sifat disiplin yang berpengaruh ini akan menciptakan Anda bisa melaksanakan administrasi waktu dengan baik.


11. Kondisikan Agar Anda Memiliki Akses Cepat Melihat Jam
Ini merupakan hal yang sederhana dan terkesan sepele, akan tetapi ternyata menawarkan manfaat yang signifikan. Dengan mempunyai kanal cepat untuk melihat waktu, menciptakan Anda bisa dengan praktis mengetahui kini jam berapa.

Dengan melihat jam, maka akan menyadari sisa waktu Anda dalam mengerjakan sebuah tugas, sehingga Anda tidak terlena untuk berlambat-lambat dalam merampungkan suatu tugas.

Melihat jam juga akan menciptakan Anda bisa menyadari berapa usang waktu yang dihabiskan untuk merampungkan sebuah pekerjaan. Hal ini membantu Anda biar bisa lebih efisien dalam mengatur waktu.

12. Atur Kegiatan dengan SMART 
Sebuah tips, rencanakan kiprah yang paling sulit di awal pekan, hal ini berkhasiat biar Anda nantinya bisa lebih ringan menjelang tamat ahad (sebelum tamat pekan).

Tugas yang berat, yang mempunyai tingkat kesulitan paling tinggi serta banyak menguras pikiran dan tenaga, maka lebih baik dijadwalkan untuk dilakukan pada awal pekan (Senin atau Selasa).

Adapun tugas-tugas yang lebih lebih ringan dikerjakan pada pertengahan ahad atau mendekati tamat ahad (Kamis dan Jumat).

Mengapa begitu?

Setelah Anda berlibur di tamat pekan maka pikiran dan tenaga akan kembali fresh, ketika kondisi prima ini maka manfaatkan untuk mengerjakan kiprah terberat.

Dengan begitu, ketika masuk tamat pekan yang kondisi tubuh dan pikiran sudah mulai lelah, maka Anda hanya tinggal merampungkan kiprah yang ringan-ringan.

13. Anda Bisa Membagi Tugas yang Panjang Dalam Bentuk Yang Kecil-kecil
Sebuah teknik biar Anda bisa tetap efektif dalam me-manajemen waktu, yaitu dengan memecah tugas-tugas yang besar atau panjang. Dimana melihat kiprah yang berat dan sulit bisa menciptakan down.

Oleh alasannya itu, biar Anda tetap bisa semangat mengerjakannya, maka kerjakan kiprah panjang ini sedikit demi sedikit.

Anda tidak perlu memaksakan kiprah untuk selesai dalam jangka pendek, apalagi kalau kiprah tersebut mempunyai tingkat kesulitan tinggi dan menjenuhkan.

Sehingga dengan teknik ini, Anda tetap bisa mengerjakan sebuah kiprah yang besar, sulit dan menjenuhkan, hanya saja dilakukan dalam jangka panjang biar Anda terhindari dari rasa tertekan dan stres.

Sebagai contoh, Anda bisa meluangkan waktu 10, 30 atau 60 menit saja dalam sehari untuk mengerjakan sebuah kiprah yang berat dan menjenuhkan.

Dengan teknik ini juga, Anda tidak lagi merasa down dan menunda mengerjakan pada setiap kiprah berat yang muncul. Anda bisa mengerjakannya sedikit demi sedikit.

14. Hindari Perfeksionisme
Anda perlu menghindari perfeksionisme alasannya hal itu akan menghabiskan banyak waktu. Berkutat tanpa tamat hanya untuk mencari kesempurnaan pada hal-hal sepele, maka ini ialah buang-buang waktu.

Padahal, waktu Anda masih dipakai untuk melaksanakan hal-hal yang lebih berkhasiat dan menyenangkan.

15. Manfaatkan Semaksimal Mungkin Saat-saat Anda Semangat
Merupakan hak yang masuk akal bahwa Anda tidak sama sepanjang waktu. Dimana ada suatu kondisi seseorang merasa semangat sehingga bisa lebih produktif, namun ada juga masa ketika rasa semangat tidak begitu muncul.

Sehingga, pada saat-saat atau waktu Anda sedang semangat maka manfaatkan sebaik mungkin untuk mengerjakan banyak sekali kiprah yang ada.

Jangan hingga ketika tubuh sedang fit dan semangat juga tinggi, justru dipakai untuk hal-hal yang tidak penting menyerupai bermain game komputer, bersantai, dll.

16. Hindari Suasana Berkecamuk
Jangan membiarkan meja tulis Anda dipenuhi dengan kertas bertumpuk dan barang-barang lainnya yang banyak. Kondisi yang awut-awutan menyerupai ini akan sanggup merusak pemandangan dan menghancurkan mood, sehingga performa kerja akan menurun.

Untuk bisa me-manajemen waktu dengan baik, maka kondisikan biar Anda mempunyai performa kerja yang selalu tinggi pada setiap saat.

17. Tolak Hal yang Bisa Membahayakan Manajemen Waktu Anda
Anda jangan ragu untuk menolak undangan orang lain yang bisa menciptakan pekerjaan Anda menjadi terbengkalai, baik itu teman, sahabat, dan sanak famili.

Anda jangan takut untuk menolak pada hal-hal yang bisa mengacaukan administrasi waktu anda. Apalagi kalau undangan dari mereka bukan hal yang urgent.

18. Gunakan Teknologi Pengingat
Dengan memanfaatkan teknologi pengingat, maka Anda nantinya bisa mengingat kiprah atau tenggat waktu yang penting. Oleh alasannya itu, kalau ada sebuah kiprah atau acara penting maka pasang pengingatnya di smartphone Anda, sehingga Anda tercegah dari melupakan sesuatu yang penting.

19. Jangan Melakukan Multitasking, dan Fokus pada Tugas
Untuk bisa memanfaatkan waktu dengan maksimal maka fokuslah pada pekerjaan yang sedang dikerjakan. Hindari hal-hal yang bisa menganggu. Dengan fokus yang baik, maka Anda nantinya bisa lebih praktis dalam mengatur waktu.

Ketika fokus, maka pasang smartphone pada silent mode, sehingga Anda tidak terganggu ketika ada notifikasi yang masuk. Pasang logo “busy” pada aplikasi chatting sehingga Anda tidak akan dihubungi sementara waktu.

Selain itu hindari multitasking. Melakukan banyak hal dalam satu waktu bisa mengakibatkan Anda tidak fokus pada pekerjaan utama. Sehingga pekerjaan yang dilakukan tidak akan optimal.

Jika sedang melaksanakan suatu kegiatan yang butuh konsentrasi tinggi, maka hindari melaksanakan yang namanya multitasking.

20. Biasakan Untuk Mengistirahatkan Pikiran Sejenak
Setelah merampungkan satu kiprah pekerjaan, maka berikan kesempatan bagi tubuh dan pikiran untuk beristirahat. Tidak perlu lama-lama, cukup 10-15 menit saja, sehingga nantinya pikiran kembali fresh, dan kerja pun menjadi optimal dan cepat.

Manfaatkan waktu istirahat untuk menyegarkan pikiran, meregangkan otot tubuh yang kaku dan menghirup udara segar.

Kesuksesan bisa diraih ketika Anda bisa mengatur dengan baik waktu istirahat dan bekerja. Hal ini biar menghasilkan kerja yang maksimal dan berkualitas.

Sumber http://www.freshbugar.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√ 20 Cara Administrasi Waktu Yang Efektif (Agar Mempunyai Produktifitas Tinggi)"

Posting Komentar