Wannacry Merajalela, Ini Rekomendasi Film Wacana Fenomena Cyber Virus

Baru-baru ini, dunia cyber di seluruh dunia sedang dilanda kekhawatiran terhadap virus berjulukan WannaCry. Kalau kau tahu, kemunculannya ini sudah mengakibatkan sistem data komputer menjadi terkunci dan tidak sanggup diakses kembali lho. Sehingga, kita perlu membayarkan sejumlah uang kepada pembuat virus untuk sanggup memperoleh lagi gosip yang pernah tersimpan sebelumnya. Kegemparan ini cukup menggelisahkan khususnya bagi institusi rumah sakit, termasuk di Indonesia. Nah ternyata sehabis ditelusuri, WannaCry bukanlah satu-satunya cyber virus yang pernah menggemparkan dunia. Ada bermacam-macam jenis virus yang pernah terkenal di tahun-tahun sebelumnya. Sekarang, Ruangguru mau merekomendasikan beberapa film nih untuk kau yang mau tahu bermacam-macam kasus-kasus konkret perihal penyebaran banyak sekali virus komputer. Simak ya, Squad!

1. Zero Days (2016)

rekomendasi film - Film karya sutradara Alex Gibney Film karya sutradara Alex Gibney (sumber: youtube.com)

Film beraliran dokumenter yang diproduksi pada Juli tahun kemudian ini, menceritakan adanya keterlibatan Amerika Serikat dan Israel dalam pembuatan virus Stuxnet. Sebagian besar virusnya sudah menginfeksi komputer-komputer yang bekerjasama dengan kemudahan nuklir di negara Iran. Kalau dilihat dari review IMDb, film dengan durasi selama 116 menit ini ternyata sukses memperoleh rating sebesar 7.8/10. Kehadiran Stuxnet juga diperkirakan sebagai kala gres dalam perang cyber dunia. Dampak dari yang dialami Iran adalah, lumpuhnya seperlima tabung pengayaan uranium, kemudahan industri, serta bidang sipil di negara Timur Tengah tersebut. Kalau kau ingin tau dengan ceritanya, bisa eksklusif kunjungi zerodaysfilm.com untuk menyaksikan filmnya versi Digital HD. 

2. Live Free or Die Hard (2007) 

rekomendasi film - Aksi Bruce Willis di Film Live Free or Die Hard Aksi Bruce Willis di Film Live Free or Die Hard (sumber: youtube.com)

Bercerita perihal sosok Thomas Gabriel, seseorang teroris di dunia cyber yang memakai sebuah virus yang ia tanam untuk meledakkan para komputer peretas ketika mereka menekan tombol ‘delete’. Jalan ini juga merupakan langkah awalnya dalam menyerang komputer pada jaringan pemerintahan Amerika Serikat. Kisah penyalahgunaan teknologi ini dianggap sebagai salah satu film yang menyoroti terorisme cyber di dunia nyata. Sutradara Len Wiseman berhasil membalut genre aksi, petualangan, serta thriller sehingga memperoleh nilai 7.2/10 dari IMDb. 

3. Transcedence (2014) 

rekomendasi film - Dr. Will Caster diperankan oleh Johnny Depp Dr. Will Caster diperankan oleh Johnny Depp (sumber: robohub.org)

Cita-cita seorang ilmuwan jenius yang ingin mentransfer kesadaran insan ke komputer, berbuah hasil ketika ia ditembak oleh kelompok anti teknologi dan divonis akan mati dalam waktu 30 hari. Istrinya bersama rekan, mencoba melaksanakan hal tidak mungkin untuk memindahkan memori otak ke dalam komputer AI. Namun Dr. Will, sang ilmuwan, dicurigai palsu alasannya yaitu bertindak aneh dan menjadi seorang yang terlalu ambisius. Mereka pun memasukkan virus mematikan ke dalam sistem komputer untuk menghancurkan Dr. Will. Namun belakangan disadari bahwa dialah Dr. Will yang sebenarnya. Ini memang kisah fiksi, namun faktanya film ini diangkat dari prinsip singularitas. Di mana terdapat satu momen ketika teknologi bisa melampaui manusia. Sehingga, kata ‘transcedence’ pada awalnya memang dipercayai oleh para peneliti yang mengacu pada konsep singularitas. Gimana nih, kau jadi makin kepengen nonton kan? 

4. Subject: I Love You

rekomendasi film - Film ini dibintangi Briana Evigan dan Jericho Rosales Film ini dibintangi Briana Evigan dan Jericho Rosales (sumber: showbiznest.com)

Kamu pernah dengar virus I Love You pada tahun 2000-an, Squad? Sekitar 10 persen dari sistem komputer di dunia pada ketika itu mengalami kerusakan alasannya yaitu serangan dari virus ini. Termasuk sistem yang berada di markas besar Departemen Pertahanan Amerika Serikat, kantor dewan legislatif AS, dan juga CIA. Akibatnya, kerugian yang ditimbulkan mencapai 10 miliar dolar AS. Fenomena ini membawa sutradara Francis dela Torre untuk mengangkatnya menjadi film di tahun 2011 dengan mengombinasikan tiga jenis genre yaitu drama, romantisme, dan intrik internasional. Berkisah perihal seorang cowok berjulukan Victor yang akan melaksanakan hal apa saja untuk bekerjasama kembali dengan wanita yang disayangi. Sekali pun harus melibatkan dirinya pada sebuah pemeriksaan kriminal internasional. 

5. Skyfall (2012)

rekomendasi film - Aksi James Bond di Film Skyfall Aksi James Bond di Film Skyfall (sumber: hollywoodreporter.com)

Film yang turut meramaikan Box Office ini mengisahkan perihal distributor 007 yang hasilnya menjadi satu-satunya sekutu M ketika organisasi M16 diserang. Misi James Bond di Istanbul berakhir kacau dengan menguak banyak nama-nama distributor rahasia. Serta berujung serangan habis-habisan di M16. Dalam salah satu adegan film, sang sutradara, Sam Mendes, mengaku terinspirasi dengan virus komputer Stuxnet yang dirilis tahun 2010. Angka pertumbuhan serangan cyber yang semakin tinggi di dekade ini, membuatnya ingin menawarkan tugas abjad ibarat di dunia konkret dalam menghadapi para penjahat yang mempunyai kecanggihan teknologi.

Jadi gimana nih Squad, film mana dulu yang mau kau tonton sekarang? Kalau mau lebih mendalami lagi perihal cyber virus, kau juga bisa lho berguru pemrograman di RuangLes. Eits, tapi bukan untuk melaksanakan hal-hal yang negatif ya! (RE/TN)

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wannacry Merajalela, Ini Rekomendasi Film Wacana Fenomena Cyber Virus"

Posting Komentar