Unbk 2019: Mengatasi Tidak Ada Tes Yang Valid Hubungi Proktor Tes (Exambro Client Tidak Dapat Login)

Ya mungkin isu ini bermanfaat, walaupun jarang terjadi, untuk saya eksklusif permasalahan munculnya pesan "Maaf Tidak ada tes yang valid silahkan hubungi proktor tes" merupakan permasalahan yang gres pertama kali saya alami, walaupun sudah beberapa kali menjadi proktor, permasalahan menyerupai itu tidak pernah saya alami sebelumnya.

Pesan Maaf tidak ada tes yang valid silahkan hubungi proktor, muncul di aplikasi exambro client pada dikala siswa login memakai user, dan password peserta.

Keanehan terjadi, lantaran Mesin server sudah aktif dan status tes pada Aplikasi CBTSync sudah dimulai, bahkan token sudah muncul. namun walaupun begitu client melalui aplikasi exambro client masih tidak mau masuk dengan muncul pesan tersebut.

Memang cukup kaget, apalagi tes pertama pada waktu itu sudah cukup telat lantaran ada permasalahan dengan beberapa komputer client.


Tapi alhamdulilah pada akhirnya, permasalahan tersebut dapat diatasi dengan meminta isu kepada proktor pusat.

Artikel ini saya buat untuk memperlihatkan isu kepada proktror unbk, ketika mengalami permasalahan exambro client tidak dapat login, mudah-mudahan dapat mengatasi permasalahan serupa yang mungkin dialami.

Mengatasi Exambro client Tidak dapat login ("Tidak ada tes yang valid silahkan hubungi proktor tes")

Terjadinya permasalahan pada exambro client yang tidak dapat login, dapat disebabkan oleh beberapa hal, dapat lantaran jaringan terganggu, dapat lantaran server belum dinyalakan.

Sementara bila permasalahan exambro client tidak dapat login dengan pesan "Tidak ada tes yang valid" maka umumnya dapat disebabkan oleh:

1. Kelompok tes belum dipilih

Kaprikornus sebelum para akseptor UNBK melaksanakan login pada aplikasi exambro client, maka status tes di mesin server pada aplikasi CBT Sync harus sudah dimulai, langkah-langkahnya:

a. Silahkan proktor melaksanakan login di aplikasi CBT Synch di mesin server.

b. Pada aplikasi CBTSync pilih sajian Status Tes  kemudian silahkan tentukan:
  • Daftar Tes
  • Kelompok
  • Lalu Tekan tombol Simpan / mulai

c. (Khusus untuk  unbk tahun 2019), Langkah selanjutnya di bilah memu sisi kiri Pilih sajian Kelompok tes, pada halaman kelompok tes, silahkan tekan tombol Assign All, kemudian tekan tombol Save Changes


d. Selanjutnya, silahkan minta akseptor UNBK untuk melaksanakan login di aplikasi Exambro client. maka akseptor akan dapat login.


Langkah-langkah memulai status tes pada UNBK 2019 kini ini, bila di bandingkan dengan unbk 2018, memang sedikit berbeda, di UNBK 2019 sesudah memulai tes pada sajian Status tes, kita harus lanjutkan dengan menentukan kelompok tes terlebih dahulu pada sajian Kelompok tes di aplikasi CBTSynch.

Dengan begitu siswa pun yang awalnya tidak dapat login dengan munculnya pesan "Tidak ada tes yang valid" kesannya dapat melaksanakan login.

Permasalahan di atas sederhana dan dapat jadi sangat jarang dialami, saya walaupun sudah 3 tahun menjadi proktor muncul permasalahan tersebut, lantaran kurang membaca panduan unbk 2019, lantaran sebelumnya saya menganggap akan saja, namun pada kenyataanya ada beberapa hal yang berbeda.

Mudah-mudahan isu di atas bermanfaat untuk anda, dan dapat memperlihatkan solusi untuk permasalahan pada proses unbk yang sedang anda lakukan... Salam Proktor :)
Sumber http://referensisiswa.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Unbk 2019: Mengatasi Tidak Ada Tes Yang Valid Hubungi Proktor Tes (Exambro Client Tidak Dapat Login)"

Posting Komentar