Technologue.id, Jakarta – Pemanfaatan teknologi berperan penting dalam mempermudah kehidupan masyarakat Indonesia dalam banyak sekali hal, salah satunya sektor pariwisata.
Tak ingin kalah saing dengan perusahaan berbasis digital, pelaku pariwisata menyerupai perhotelan dan distributor perjalanan wisata pun melaksanakan digitalisasi dalam layanan, promosi, dan pemasaran produknya.
“Dengan masuknya travel agent dan adanya digitalisasi di dalam promosi, tentu itu menjadi lebih gampang,” ujar Ir. Rizki Handayani Mustafa, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, dikala memberi pemberian terhadap peluncuran Traveloka Xperience, di Jakarta, Kamis (21/6/2019).
Baca Juga:
Rebranding, Traveloka Xperience Janjikan Pengalaman Seru Saat Liburan
Dipaparkan Rizki, banyak pemerintah tempat sudah menciptakan website sendiri yang menonjolkan destinasi terkenal di wilayahnya. Namun mereka jarang meng-update warta tersebut sehingga kegiatan promosi destinasi dan event tidak berjalan maksimal.
“Di daerah-daerah, provinsi-provinsi, kabupaten, dan kota, banyak sekali memiliki event. Tapi orang tidak tahu, padahal (event-nya) manis sekali, baik untuk wisatawan mancanegara maupun nusantara. Misalnya akan ada Semarang Great Sale, Solo Great Sale. Ada lebih dari seribu event di seluruh nusantara kalau kita lihat, tapi (penyelenggara) tidak tahu dimana promosinya,” ungkapnya.
Seiring kehadiran platform digital yang mengangkat bisnis travel dan akomodasi, secara tidak eksklusif juga akan membantu bisnis pariwisata Indonesia secara menyeluruh dengan menjangkau seluruh konsumen dari banyak sekali cuilan dunia.
Apalagi perubahan sikap wisatawan juga terlihat ketika search and share. Di mana 70 persen sudah melalui perangkat digital.
“Lima tahun belakangan ini, sikap konsumen berubah. Mereka ingin melaksanakan perencanaan dan perjalanan ke suatu destinasi namun dilakukan sendiri. Terutama milenial, mereka ingin mencari tempat jalan-jalan sendiri dengan simpel dan gampang. Experience menjadi tren dikala ini,” kata Rizki.
Baca Juga:
Traveloka Antisipasi Lonjakan Pesanan Akomodasi Saat Libur Lebaran
Mulai tahun ini, Traveloka melebarkan sayapnya dengan melengkapi produk dan layanan untuk kebutuhan travel dan lifestyle yang terintegrasi dalam satu aplikasi, melalui Traveloka Xperience.
Dengan Traveloka Xperience memantapkan diri sebagai platform pemesanan travel dan gaya hidup terdepan di Asia Tenggara, para pengguna di 7 negara tempat Traveloka beroperasi tersebut sanggup menikmati bermacam-macam kemudahan dalam memenuhi kebutuhan gaya hidup.
Menyediakan 12 kategori produk, Traveloka Xperience memperkenalkan wajah gres yang akan membawa pengguna untuk mencicipi bermacam-macam pengalaman seru dikala liburan atau melaksanakan acara sehari-hari di luar maupun dalam negeri.
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Peranan Teknologi Untuk Promosi Sektor Pariwisata"
Posting Komentar