Penyebab Dan Cara Menghilangkan Rasa Mengantuk



Siapa yang tidak pernah mencicipi yang namyanya mengantuk ? Mengantuk ialah salah satu fenomena alami yang dialami oleh manusia, bukan hanya terjadi pada orang dewasa, anak-anakpun niscaya mencicipi kantuk, bahkan semua orang niscaya pernah mencicipi bagaimana mengantuk tersebut.
Cuma permasalahannya ialah bagaimana bila rasa ngantuk tersebut tiba disaat ketika penting. Sebagai pola bila ngantuk disaat di sekolah, niscaya akan jadi suatu masalah., bisa-bisa kita ditegur dan dieksekusi oleh guru pengajar kita. Masalah juga akan muncul ketika berada dalam rapat penting tiba tiba mengantuk, rasanya niscaya jadi tidak fokus dan pengen rapat segera selesai. untuk itu saya akan mengurai Penyebab dan Cara Menghilangkan Rasa Mengantuk.

Bagi sahabat yang sering merasa ngantuk entah itu ketika bekerja atau belajar, kali ini saya akan menyebarkan tips menarik untuk mengatasi rasa ngantuk yang berlebih. Tapi sebelum itu, yuk kita cari tahu dulu hal-hal yang sanggup menjadi penyebab ngangtuk. Berikut hal-hal yang sanggup menjadi penyebab mengapa sahabat sanggup ngantuk. 

1.      Kurang Olahraga
Jika anda praktis mengantuk, mungkin lantaran anda kurang berolahraga. Menurutanyak jago kesehatan praktis mengantuk atau tubuh ibarat kurang berenergi sanggup disebabkan lantaran kurang berolahraga. Olahraga yang sempurna intensitasnya ialah yang dilakukan hingga mencapai zona latihan (training zone) diri orang tersebut, dan dilakukan secara teratur. Jika tidak optimal, mungkin tubuh akan tetap loyo. Atau sebaliknya, ia makin praktis mengantuk lantaran tubuh terlalu lelah akhir olahraga berlebihan. Maka dari itu, rajin-rajinlah berolahraga secara rutin dan terkontrol ya sobat.

2.      Gejala Anemia
Gampang mengantuk, juga sanggup disebabkan oleh tanda-tanda anemia (kekurangan sel darah merah). Karena anemia, suplai oksigen ke seluruh tubuh oleh sel darah merah terganggu. Padahal, oksigen ialah salah satu unsur penting untuk menghasilkan energi. Untuk mengetahuinya sahabat harus melaksanakan investigasi darah. Jika akibatnya oke, sanggup jadi sahabat mengantuk lantaran memang kurang tidur atau kualitas tidur sahabat buruk.

3.      Kurang Istirahat
Salah satu penyebab kantuk dating ialah kurangnya istirahat, kurangnya istirahat dapatmenyebabkan organ vital taidak berjalan secara optimal, khususnya mata, karenanya sahabat harus mengatur pola istirahat sahabat semoga jaringan organ tubuh sanggup beristirahat dengan baik.

4.      Gejala Prediabetes
Beberapa jago menyatakan mengantuk sanggup jadi merupakan salah satu tanda-tanda prediabetes. Setelah makan, tubuh mengalami hiperinsulinemia (berlebihannya insulin), sehingga kadar gula darah turun drastis. Untuk itu, amatilah tanda-tanda prediabetes, ibarat praktis haus dan sering ingin buang air kecil. Jika dibiarkan, prediabetes sanggup menjadi diabetes. Namun, untuk memastikannya, jalani dulu investigasi darah ke dokter.

Cara Menghilangkan Rasa Mengantuk

Menguap ialah proses alami yang dilakukan tubuh untuk meningkatkan supply oksigen. Saat menguap berarti tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen. Dengan menguap oksigen yang berada di udara akan diambil untuk selanjutnya diedarkan ke seluruh tubuh.

Setelah diuraikan diatas mengenai penyebab mengantuk, kini akan saya sharekan beberapa tips untuk menghilangkan rasa mengantuk yang sanggup sahabat terapkan.

1.       Minum air putih
Dengan minum air putih akan membantu tubuh menghilangkan rasa kantuk. Di dalam air terdapat oksigen yang akan sangat berguna. Baik air dingin, air panas, atau air dengan panas sedang sanggup membantu menghilangkan ngantuk.

2.       Membasuh muka dengan air
Cara ini merupakan cara favorit dan umum dilakukan kebanyakan orang untuk menghilangkan raSa mengantuk. Dengan membasuh muka ngantuk dibutuhkan akan segar kembali, sehingga rasa ngantuk hilang dan tubuh kembali bugar.

3.      Gunakan Wangi-wangian
Sobat juga sanggup mencoba cara berikut ini. Bawalah selalu parfum, kalau sahabat ngantuk sahabat sanggup menglekan parfum tersebut di pergelangan tangan sahabat atau di awah hidung sobat, hindari amis lavender, lantaran sahabat akan lebih ngantuk dibuatnya.

4.      Memacu Adrenalin
Jika ngantuknya gak mau ilang juga, sahabat sanggup melaksanakan hal konyol yang sanggup memacu adrenalin sobat. Pakai headphone, dengarkan lagu favorit sahabat dan menarilah sepuasnya selama 10 menit.

5.      Bercanda
Bercandalah dengan karyawan lain selama 5 menit. Tertawa sanggup membantu tubuh sahabat bergerak dan menghilangkan rasa kantuk. Jika sahabat tak sanggup bercanda, buka situs youtube tonton video lucu dan tertawalah dan sahabat tidak akan ngantuk lagi.

6.      Makan permen
Cara makan permen sanggup digunakan untuk terapi ngantuk ataupun mencegah rasa ngantuk. Dengan permen yang mempunyai rasa tajam, pahit, pedas, ataupun asin dibutuhkan akan sanggup menciptakan selalu terjaga tanpa ngantuk. Permen kopi juga menjadi salah satu favorit rasa dalam menghilangkan mengantuk.

7.      Membuat Teh  panas dan kopi panas.
Kedua minuman ini biasa digunakan untuk menghilangkan rasa mengantuk dalam program resmi ibarat seminar ataupun rapat. Paduan rasa kopi atau teh bercampur air panas akan terasa nyoz dan menciptakan plong sehingga rasa segar sanggup muncul kembali. Apalagi ditambah dengan beberapa makanan kecil, niscaya terasa lezat dan rasa mengantuk pun memudar.

8.      Jalan-jalan Keluar
Bekerja di dalam ruangan dengan cahaya lampu, monitor komputer, dan air conditioner (AC) sanggup menciptakan sobat cepat merasa ngantuk. Untuk itu, sobat sanggup berjalan-jalan keluar ruangan dan melihat pemandangan gres di luar ruangan. Hal tersebut akan menciptakan tubuh sobat menjadi lebih segar.

9.      Berolahraga Ringan
Walaupun sobat sedang berada dilingkungan kantor, bergotong-royong sobat tetap sanggup melaksanakan olahraga ringan untuk membuat detak jantung lebih cepat. Sehingga akan menunjukkan oksigen lebih banyak untuk tubuh dan tubuh sobat, sobat sanggup melaksanakan olahraga ringan ibarat jumping jack, lompat tali, atau sedikit yoga. sobat juga sanggup lari-lari di tangga kantor sobat. Lakukan hingga sobat berkeringat semoga anda tidak ngantuk lagi.

10.  Telepon ibu
Cara terakhit yang mungkin sanggup sahabat lakukan yaitu melaksanakan percakapan dengan ibu sobat, lantaran akan menciptakan sahabat terjaga. Mungkin lantaran ikatan emosional antara sahabat dan ibu. Lagipula, baik juga bagi sahabat untuk sering menghubungi orang tua. sahabat sanggup menceritakan hal-hal unik dikantor pada ibu sobat.

Demikian artikel singkat perihal beberapa Penyebab dan Cara Menghilangkan Rasa Mengantuk. Mungkin masih ada lagi beberapa cara lain yang manjur, namun setidaknya dengan beberapa tips ngantuk di atas, sahabat sanggup mengatasi problem mengantuk yang sering dialami, semoga bermanfaat.


Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Dan Cara Menghilangkan Rasa Mengantuk"

Posting Komentar