Menurut Freddy Rangkuti Analisis swot ialah indifikasi banyak sekali faktor secara sistematis untuk merumuskan taktik perusahan. Analisis ini didasarkan pada budi yang sanggup memaksimalkan kekuatan (sterngths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan sanggup meminimalkan kelemahan ( weaknesses) dan ancaman (threats).
Analisis SWOT berdasarkan Sondang P. Siagian merupakan salah satu instrument analisis yang ampuh apabila dipakai dengan sempurna telah diketahui pula secara luas bahwa “SWOT merupakan abreviasi untuk kata-kata strenghs (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang) dan htreats (ancaman).8
Analisis SWOT berdasarkan Philip Kotler diartikan sebagai penilaian terhadap keseluruhan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Analisis SWOT merupakan salah satu instrumen analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang dikenal luas. Analisis ini didasarkan pada perkiraan bahwa suatu taktik yang efektif akan meminimalkan kelemahan dan ancaman. Bila diterapkan secara akurat, perkiraan sederhana ini mempunyai dampak yang besar atas rancangan suatu taktik yang berhasil.
Menurut Ferrel dan Harline (2005), fungsi dari Analisis SWOT ialah untuk mendapat gosip dari analisis situasi dan memisahkannya dalam pokok kasus internal (kekuatan dan kelemahan) dan pokok kasus eksternal (peluang dan ancaman).
Analisis SWOT tersebut akan menjelaskan apakah gosip tersebut berindikasi sesuatu yang akan membantu perusahaan mencapai tujuannya atau mengatakan indikasi bahwa terdapat rintangan yang harus dihadapi atau diminimalkan untuk memenuhi pemasukan yang diinginkan.
Analisis SWOT adalah identifikasi banyak sekali faktor secara systematis untuk merumuskan taktik perusahaan, analisis ini didasarkan pada budi yang sanggup memaksimalkan kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan sanggup menjadikan kelemahan (weaknesses)dan ancaman (threat).
Proses pengambilan keputusan strategis selalu berkaitan dengan pengembangang misi, tujuuan , dan strategi, dan kebijan dari perusahaan. Dengan demikian perecanaan taktik (strategic planner) harus menganalisi faktor-faktor strategis perusahaan (kekuatan, kelemahan , peluang, dan ancaman) dalam kondisi yang ada disaat ini. Hal ini disebut dengan analisis situasi. Model yang paling popular untuk analisis situasi ialah analisi SWOT.
Sedangkan berdasarkan sondang p sinagian ada pembagian faktor-faktor strategis dalam analisi SWOT yaitu:
1. Faktor berupa kekuatan
Yang dimaksud dengan faktor-faktor kekuatan yang dimiliki oleh suatu perusahaan termasuk satuan-satuan bisnis didalamnya adalah antara lain kompetisi khusus yang terdapat dalam organisasi yang berakibat pada pemilkikan keunggulan komparatif oleh unit perjuangan dipasaran. Dikatan demikian alasannya satuan bisnis memilki sumber keterampilan, produk andalan dan sebagainya yang membuatnya lebih berpengaruh dari pada pesaing dalam memuaskan kebutuhan pasar yang sudah dan direncanakan akan dilayani oleh satuan perjuangan yang bersangkutan.
2. Faktor kelemahan
Yang dimaksud dengan kelamhan ialah keterbatasan atau kekurangan dalam hal sumber, keterampilan, dan kemampuan yang menjadi penghalang serius bagi penampilan kinerja organisasi yang memuaskan
3. Faktor peluang
Definisi peluang secara sederhana peluang ialah banyak sekali situasi lingkuangan yang menguntungkan bagi suatu satuan bisnis.
4. Faktor ancaman
Pengertian ancaman merupakan kebalikan pengertian peluang yaitu faktor-faktor lingkungan yang tidak menguntungkan suatu satuan bisnis kalau jika tidak diatasi ancaman akan menjadi ancaman bagi satuan bisnis yang bersangkutan baik unutk masa kini maupun dimasa depan.
Dengan mengunakan cara penelitian dengan metode analisis SWOT ini ingin memperlihatkan bahwa kinerja perusahaan sanggup ditentukan oleh kombinasi faktor internal dan eksternal, kedua faktor tersebut harus dipertimbangkan dalam analisis SWOT. Cara menciptakan analisis SWOT penelitian memperlihatkan bahwa kinerja perusahaan sanggup ditentukan oleh kombinasi factor internal dan eksternal .kedua factor tersebut harus dipertimbangkan dalam analis SWOT. SWOT ialah singkatan dari lingkuangan internal strengths dan weaknesses serta lingkungan eksternal opportunities dan threats yang dihadapi didunia bisnis. Analisis SWOT membadingkan antara factor ekternal peluang (opportunies) dan Ancaman (threats) dengan factor internal kekuatan (strenghs) dan kelemahan (weaknesses).
Pengertian Analisis SWOT |
Kuadran 1 : ini merupakan situasi yang sangat menguntungkan. Perusahaan tersebut mempunyai peluang dan kekuatan sehingga sanggup memanfaatkan peluang yang ada. Startegi yang harus diterapka dalam kondisi ini ialah mndukung kebijakan pertumbuhan yang bernafsu (Growth oriented strategy)
Kuadran 2 : meskipun menghadapi berbai ancaman, perusahaan ini masih mempunyai kekuatan dari segi internal. Strategi yang harus diterapkan ialah yang mengunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang dengan cara taktik diversifikasi (produk/pasar).
Kuadran 3 : perusahaan menghadapi peluang pasar yang sangat besar, tetapi dilain pihak , ia menghadapi beberapa kendala/kelamahan internal. Kondisi bisnis pada kuadran 3 ini seolah-olah dengan Question mark pada BCG matrik. Focus taktik perusahaan ini ialah meminimalkan masalah-masalah internal perusahaan sehingga sanggup merebut peluang pasar yang baik. Misalnya, Aple memakai taktik peninjauan kembali teknologi yang dipergunakan dengan cara mengatakan produk-produk gres dalam industry microcomputer.
Kuadran 4 : ini merupakan situasi yang sangat tidak mengguntungkan, perusahaan tersebut menghadapi banyak sekali ancaman dan kelemahan internal.
Sumber: Dikutip dari banyak sekali sumber
Demikian uraian perihal Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli, biar bermanfaat.
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Pengertian Analisis Swot Berdasarkan Para Ahli"
Posting Komentar