Para Penyanyi Top Dunia, Mencar Ilmu Vokal Dengan 5 Guru Ini!

Di balik setiap orang yang sukses, ada guru yang luar biasa di belakangnya. Hal ini juga berlaku dalam dunia para penyanyi. Mereka tentu saja mempunyai instruktur vokal jago yang membantu melatih bunyi emas mereka. Apakah Smart Buddies ingin tau siapa yang menjadi instruktur vokal penyanyi sekelas Ariana Grande, Selena Gomez, atau Sam Smith? Nah, berikut ini 5 guru vokal di balik kesuksesan para penyanyi jago dan terkenal. Buat yang penasaran, yuk disimak!

1. Eric Vetro

guru vokal - Eric Vetro bersama dengan Shawn Mendes. Eric Vetro bersama dengan Shawn Mendes. (sumber: ericvetro.com).

Pada tanggal 23 Desember 2012, Ariana Grande pernah menulis tweet ‘Eric Vetro is my favorite person ever. Thank u Eric for helping me keep my voice strong and healthy 12 shows a week + recording. I adore u’. Menyentuh sekali, ya? Yap, Eric Vetro merupakan guru vokal Ariana Grande. Selain Ariana, ada  puluhan penyanyi jago lainnya yang pernah menjadi murid Eric, menyerupai Katy Perry, Shawn Mendes, dan Charlie Puth. Pria berusia 60 tahun ini memang telah malang melintang menjadi instruktur vokal selama lebih dari 30 tahun.

Tumbuh besar di kota kecil Gloversville, pada tahun 70-an Eric melanjutkan studinya mempelajari musik dan piano di New York University. Lalu, pada tahun 1984, ia pindah ke Los Angeles dan memulai karirnya sebagai guru vokal. Kepribadiannya yang rendah hati dan cepat bersahabat dengan para murid, menciptakan Eric semakin terkenal di kalangan penyanyi. Wajar, jikalau banyak yang ingin berguru padanya. Kini, hampir setiap harinya Eric disibukkan dengan melatih vokal atau berada di backstage konser para penyanyi yang menjadi muridnya. Bahkan, tidak jarang pula ia mengajar muridnya via Skype.

2. Seth Riggs

guru vokal - Seth Riggs (kiri). Seth Riggs (kiri). (sumber: shoemakerstudios.com).

Guru vokal yang satu ini juga mempunyai banyak murid yang merupakan penyanyi jago dan terkenal. Sebut saja Michael Jackson, Madonna, Stevie Wonder, David Archuleta, dan banyak lainnya. Salah satu keistimewaan Seth Riggs yaitu teknik ciptaannya yang berupa Speech Level Singing. Teknik ini mempunyai kegunaan untuk memaksimalkan kemampuan bunyi dalam segala jenis gaya menyanyi. Lebih dari 120 penyanyi segala genre pemenang Grammy Awards telah memakai teknik tersebut.

Meskipun telah berusia 86 tahun, sampai kini Seth masih aktif melatih vokal, lho! Bersama istrinya, Margareta Riggs yang juga seorang penyanyi, mereka sering keliling dunia untuk mengajar vokal dan mengenalkan Speech Level Singing ke lebih banyak orang. Selain itu, ia juga pernah menulis buku wacana teknik ciptaannya ini yang berjudul  ‘Singing for the Stars: A Complete Program for Training Your Voice’.

3. Lis Lewis

guru vokal - Lis Lewis (kanan). Lis Lewis (kanan). (sumber: flickr.com)

Wanita kelahiran New York ini telah memulai karirnya di bidang musik semenjak kecil. Ia menuntut ilmu di Dalcroze School of Music dan melanjutkan kuliah bidang musik dan teater di University of Wisconsin serta University of Nebraska.  Sejak tahun 1983, Lis telah memperlihatkan training vokal kepada para penyanyi. Rihanna, Britney Spears, dan Linkin Park yaitu beberapa diantaranya. Selain itu, ia juga sempat mengajar di beberapa universitas menyerupai Liverpool Institute for Performing Arts, University of California, dan Musicians Institute di Hollywood. Melalui The Singers Workshop yang ia dirikan, Lis juga membuka kesempatan bagi semua kalangan yang ingin les vokal dengannya.

4. Anthony Wade

guru vokal - Anthony Wade. Anthony Wade. (sumber: cnn.com).

Mempopulerkan dirinya dengan sebutan Doctor Voice, Anthony Wade betul-betul menjalankan kiprahnya sebagai ‘dokter suara’. Misinya yaitu membantu orang-orang untuk mengenali diri mereka sendiri melalui bunyi mereka. Sehingga, selain mengajar vokal, Anthony juga banyak diminta untuk mengajar public speaking.  Setiap tahun ia bisa mempunyai lebih dari 70 klien dengan latar belakang berbeda-beda, mulai dari penyanyi terkenal sampai politikus, sampai karyawan perusahaan.

Salah satu penyanyi yang sukses ditangani Anthony yaitu Sam Smith. Saat ia berumur 15 tahun, perusahaan rekamannya meminta Doctor Voice untuk melatihnya vokal. Anthony pun mengajari Sam Smith banyak sekali jenis teknik dan meningkatkan kekuatan bunyi perutnya. Hasilnya pun bisa dilihat sekarang, pelantun I'm Not The Only One ini bisa menjadi salah satu penyanyi yang paling terkenal dengan bunyi emasnya.

5. Linda Septien

guru vokal - Linda Septien. Linda Septien. (sumber: theseptiengroup.com)

Pengalaman perempuan satu ini dalam mengajar banyak penyanyi jago dan terkenal pun tidak kalah dengan guru vokal lainnya. Linda pernah mengajar Demi Lovato, Beyonce, Selena Gomez, dan penyanyi luar biasa lainnya selama lebih dari 25 tahun. Ajang pencarian talenta menyerupai American Idol pun pernah  meminta Linda untuk melatih vokal para finalisnya. Pada tahun 1986, ia mendirikan Septien Entertainment Group semoga lebih banyak lagi orang yang sanggup berguru dengan metodenya. Selain melatih teknik vokal, Linda juga banyak memberi pelajaran ke para muridnya wacana produksi musik, branding, dan lain-lain.

Itu beliau 5 guru vokal di balik kesuksesan para penyanyi jago dan terkenal di dunia. Hebat-hebat ya mereka, Smart Buddies. Kalau kau juga ingin memulai berlatih vokal, bisa lho mencari guru vokal di Ruangles. Siapa tahu kau bisa jadi penyanyi yang jago dan terkenal berikutnya! (NF/RE)

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Para Penyanyi Top Dunia, Mencar Ilmu Vokal Dengan 5 Guru Ini!"

Posting Komentar