Kombinasi Masakan Burung Macaw Yang Sehat Dan Tepat

Makanan Burung Macaw – Burung macaw merupakan salah satu jenis burung berparuh bengkok yang mempunyai ukuran bervariatif, dari kecil sampai besar, tergantung dari spesiesnya sendiri. Daya tarik burung jenis ini sendiri hadir dari warna-warna bulu tubuhnya yang cenderung tegas dengan aneka macam kombinasi warna yang indah.

Selain itu kecerdasan yang dimiliki burung macaw juga kumayan sehingga mereka bisa dijinakkan dan dilatih untuk melaksanakan aneka macam jenis trik menghibur. Namun untuk mendapat burung Macaw yang sehat dan cerdas ini, faktor pemeliharaan menyerupai sangkar dan asupan nutrisi dari kuliner burung macaw perlu diperhatikan.

Agar mendapat macaw berbulu sehat yang gesit dan lincah tersebut, sebaiknya anda memperlihatkan bermacam-macam kombinasi kuliner untuk asupan hariannya.

 Burung macaw merupakan salah satu jenis burung berparuh bengkok yang mempunyai ukuran berv Kombinasi Makanan Burung Macaw yang Sehat dan Tepat
Makanan Burung Macaw via Jalaksuren

Kombinasi Makanan Burung Macaw yang Sehat dan Tepat

Hal ini dilakukan semoga nutrisi yang didapat bisa secara lengkap terpenuhi dan burung tidak bosan sehingga tetap mempunyai nafsu makan yang baik. Nah, apa saja kombinasi kuliner burung Macaw yang tepat, berikut bahasan selengkapnya:

Variasi Buah dan Sayuran Segar

 Burung macaw merupakan salah satu jenis burung berparuh bengkok yang mempunyai ukuran berv Kombinasi Makanan Burung Macaw yang Sehat dan Tepat
Buah-buahan

Makanan pokok pertama dari burung Macaw ini berasal dari bermacam-macam jenis sayuran dan buah-buahan segar. Jenis kuliner ini perlu diberikan setiap harinya semoga kebutuhan nutrisinya bisa tercukupi dengan baik sebab tak ada jenis kuliner burung Macaw lainnya yang bisa memperlihatkan nutrisi dan gizi seimbang layaknya buah dan sayur.

Meski begitu, tak semua jenis buah baik dan cocok diberikan untuk burung Macaw. Buah jenis tertentu menyerupai anggur kurang cantik meski sangat digemari oleh burung jenis ini sebab rasanya yang manis sehingga mempunyai kadar gula tidak mengecewakan tinggi. Sedang, untuk beberapa jenis sayuran yang baik semisal kacang hijau, brokoli, lobak, kentang, wortel, ubi jalar, baik untuk diberikan setiap harinya.

Untuk selingan semoga kebosanan tak melanda burung anda, proteksi pakan jagung dan kacang polong bisa diberikan. Akan tetapi jangan terlalu sering sebab kadar gula yang dimiliki kedua materi kuliner tersebut juga tidak mengecewakan tinggi.

Pellet Burung

 Burung macaw merupakan salah satu jenis burung berparuh bengkok yang mempunyai ukuran berv Kombinasi Makanan Burung Macaw yang Sehat dan Tepat
Voer Burung

Pellet bisa dibilang kuliner mudah untuk burung dengan kandungan nutrisi dan gizi yang tidak mengecewakan lengkap, terlebih jikalau burung Macaw yang anda miliki tidak begitu menyukai jenis pakan sayuran.

Untuk pemilihan jenis peletnya sendiri, lebih baik pilih pelet yang tidak mempunyai warna komplemen mengingat pelet dengan warna kemungkinan memakai pewarna kimia yang kurang baik bagi burung. Warna alami pellet ini biasanya coklat muda sampai coklat tua.

Campuran Bijian

 Burung macaw merupakan salah satu jenis burung berparuh bengkok yang mempunyai ukuran berv Kombinasi Makanan Burung Macaw yang Sehat dan Tepat
Biji Bijian Makanan Burung

Meski burung Macaw termasuk burung berparuh bengkok yang menunjukan bahwa mereka jenis burung pemakan biji, tapi bukan berati mereka semua menyukai biji-bijian sebagai kuliner hariannya.

Bahkan bagi sebagian burung macaw yang jarang dan tak terbiasa makan biji-bijian akan sangat susah mengonsumsi kuliner jenis ini dan sebaiknya dihindari. Tapi untuk burung yang telah terbiasa proteksi kuliner burung Macaw berupa adonan biiji-bijian bisa diberikan sebagai selingan buah dan sayur segar.

Bubur dan Snack

 Burung macaw merupakan salah satu jenis burung berparuh bengkok yang mempunyai ukuran berv Kombinasi Makanan Burung Macaw yang Sehat dan Tepat
Beras Merah

Pakan selingan terakhir yang baik untuk diberikan pada burung Macaw yakni bubur dan juga snack burung. Kedua jenis pakan ini bisa anda olah sendiri di rumah. Untuk bubur, anda bisa mencampurkan beberapa jenis biji dan sayur menyerupai gandum, beras merah, jewawut, beberapa jenis sayur yang disukai, dan juga millet. Masak semua materi menjadi bubur dan sajikan ketika masih hangat.

Sementara untuk snack atau kudapan burung, intinya materi yang dipakai dan cara memasaknya sama, hanya saja sehabis jadi bubur, materi tersebut kemudian dioven sehingga jadi snack kering. Pemberian kuliner burung Macaw untuk kedua jenis pakan ini bisa diberikan sebanyak dua kali dalam seminggu guna variasi.

Cek juga yuk: Jenis Makanan Burung Jalak Suren Terbaik

Cara Merawat Burung Macaw yang Benar

Oh ya sob, selain memperlihatkan rutin memperlihatkan makanan, ada beberapa hal yang tidak kalah penting untuk anda perhatikan semoga burung macaw anda tetap sehat. Berikut ini beberapa tips perawatan burung macaw yang mesti anda lakukan:

Perhatikan Kandang Burung Macaw

Kandang burung menjadi salah satu faktor yang harus menjadi perhatian ketika anda memelihara burung macaw. Ukuran sangkar burung macaw harus anda sesuaikan, paling tidak burung ini harus mempunyai lebar kurang lebih 1,5 meter. Sementara untuk tingginya harus mencapai 2 meter.

Ukuran sangkar burung macaw tersebut ialah ukuran minimal semoga burung tetap sehat dan bugar. Kandang bisa anda buat dari kawat halus atau juga besi.

Pastikan sangkar burung juga mempunyai tangkringan dari batang kayu yang sudah kering, jangan kasih tangkringan dari kayu yang bergetah sebab burung macaw ini akan mematuk tangkringan tersebut sehingga sanggup menjadikan keracunan burung.

Sebaiknya anda merantai kaki burung macaw atau memotong bulu sayapnya sedikit semoga beliau tidak terbang jauh.

Pemberian Pakan

Pemberian pakan dilakukan sebaiknya dua kali sehari yaitu pada ketika pagi dan sore. Anda juga bisa memperlihatkan air minum yang juga dalam keadaan gres setiap kali memberi makanan. Anda harus benar-benar memperhatikan kebersihan kuliner dan minuman semoga kesehatan burung selalu terjga.

Berikan Mainan untuk Burung Macaw

Burung macaw bisa stres lo, jadi bukan hanya kita yang bisa stres. Stres biasanya terjadi sebab burung macaw tidak mempunyai teman.

Nah, anda bisa menyiasati hal ini dengan cara memperlihatkan mainan yang sanggup digigit. Ciri burung macaw yang stres biasanya susah makan, kerap teriak dengan bunyi keras dan bahkan burung Macaw bisa mencabuti bulunya sendiri.

Perilaku jelek akhir stres ini jangan dibiarkan berlarut-larut, harus segera ditangani semoga burung bisa normal kembali.  Ajak interaksi burung macaw anda.

Rutin Memandikan Burung Macaw

Memandikan burung macaw ini cukup penting, usahakan breeder untuk memandikan burung macaw minimal seminggu 3 x atau 2 hari sekali.

Anda bisa memandikan burung macaw ini dengan cara menyemprotkannya dengan sprayer dengan air tanpa sabun atau sampho.

Nah, sehabis selesai memandikan burung, selanjutnya anda harus menjemurnya di daerah yang terkena sinar matahari kemudian anginkan di daerah sejuk.

*****

Demikianlah ulasan mengenai jenis kuliner burung macaw dan tips perawatannya dari kami yang mesti anda lakukan. Semoga bermanfaat ya. Jangan lewatkan juga: Jenis dan Harga Burung Macaw Terbaru


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kombinasi Masakan Burung Macaw Yang Sehat Dan Tepat"

Posting Komentar