Kombinasi Makanan Burung Betet Yang Baik

Makanan Burung Betet – Burung Betet merupakan salah satu burung yang tak abnormal di kalangan pecinta burung sampai orang awam sekalipun. Meski begitu, tak banyak yang tahu jikalau burung dengan warna-warni indah ini merupakan salah satu burung endemik Indonesia yang berasal dari wilayah Indonesia Timur ibarat Maluku dan Papua.

Burung berwarna bagus yang mempunyai kecerdasan sehingga bisa menirukan banyak sekali bunyi sampai bunyi insan sekalipun. Kelebihan lain yang menciptakan banyak penggemar kicau tertarik yakni kuliner burung Betet cenderung gampang untuk disediakan dan tak terlalu pilih-pilih.

Bagi anda yang ingin mencoba untuk memelihara burung cerdas nan bagus ini tentu tak bisa menunjukkan pakan sembarangan biar burung mempunyai bulu indah dan kemampuan peniruan bunyi yang mengesankan.

 Burung Betet merupakan salah satu burung yang tak abnormal di kalangan pecinta burung sampai Kombinasi Makanan Burung Betet yang Baik
Makanan Burung Betet Foto Koleksi Ragunan Zoo

Kombinasi Makanan Burung Betet yang Baik

Untuk itu anda perlu mengetahui jenis dan kombinasi kuliner burung Betet apa saja yang pas diberikan pada burung satu ini. Untuk tahu lebih lengkapnya, simak pilihan pakannya berikut ini.

Biji-bijian

Jika melihat penampakan fisiknya, burung ini termasuk ke dalam kategori burung berparuh bengkok yang mempunyai jenis kuliner biji-bijian di alam bebas. Oleh lantaran itu, pemilihan pakan berupa biji-bijian ini merupakan salah satu pakan wajib yang perlu diberikan pada burung Betet.

Burung ini hampir menyukai banyak sekali jenis biji-bijian, mulai dari millet, biji gandum, sampai biji bunga matahari. Tak perlu takut menunjukkan bijian lantaran kulitnya keras lantaran kemampuan paruh burung ini cukup baik dalam memecahkan bijian keras sekalipun.

Anda bisa mendapat banyak sekali jenis bijian ini di toko burung terdekat dengan harga yang tidak mengecewakan terjangkau atau bisa juga dipilih sesuai dengan ketersediaan dana.

Buah-buahan

Selain biji-bijian, kuliner burung Betet lain yang tidak mengecewakan digemari yakni buah-buahan. Buah yang kaya akan vitamin ini bisa berfungsi untuk menciptakan vitalitas badan terjaga sehingga burung tak cepat lelah dan letih.

Selain itu, kadar air yang tidak mengecewakan dalam buah menjaga burung terhindar dari dehidrasi. Anda juga bisa menciptakan bulu burung Betet menjadi lebih cerah dan tak kusam dengan dukungan pakan buah yang berkesinambungan.

Sayuran

Selai buah, pakan burung Betet alami lain yang baik untuk pertumbuhannya ialah sayuran. Beberapa jenis sayur yang disukai oleh burung ini diantaranya sawi, jagung, wortel, dan lain sebagainya. Nutrisi yang lengkap serta dengan kandungan serta yang cukup akan menjaga organ pencernaan burung tetap sehat dan terhindar dari sakit.

Untuk dukungan pakan sayur ini, usahakan untuk selalu mencuci higienis sayur terlebih dahulu lantaran ditakutkan kulit dari sayuran mengandung pestisida yang bisa membahayakan kesehatan si burung.

Mineral Tambahan

Selain menunjukkan beberapa jenis pakan di atas, anda juga bisa memaksimalkan kualitas telur yang dihasilkan serta menjaga kesehatannya dengan cara meracik sendiri pelengkap berupa mineral tambahan ini. Pakan ini biasanya terbuat dari materi cangkang telur rebus yang telah dikeringkan terlebih dahulu. Selain cangkang telur, pasir pantai juga dikenal baik untuk suplai kebutuhan mineral burung ini.

Untuk menciptakan pelengkap tambahan dari cangkang telur ini, anda bisa mengambil cangkang telur kemudian jemur di bawah terik matahari sampai mengering dan tidak mengecewakan rapuh. Kemudian kaitkan pada seutas kawat atau pengait apapun pada sisi sangkar yang akrab daerah pakan si burung.

Makanan burung Betet berupa pelengkap ini bisa digantikan dengan tulang sotong yang telah dikeringkan. Sementara itu, untuk pasir pantainya, anda bisa meletakkannya di dalam wadah yang cukup lebar dan letakkan pada lantai dari sangkar burung tersebut.

Tips Perawatan Burung Betet

Berikut ini rangkaian tips perawatan burung betet yang sebaiknya anda lakukan:

  • Perawatan yang sangat penting ialah mengenai sangkar burung. Usahakan untuk memakai sangkar yang terbut dari besi atau kawat baja. Hal ini dikarenakan burung betet mempunyai paruh tajam berbentuk bengkok yang bisa mematahkan sangkar kayu.
  • Mandikan burung betet jam 7 pagi. Jangan lupa juga untuk membersihkan sangkar. Cara memandikan burung betet bisa dengan menyemprot ringan dengan sprayer.
  • Setelah mandi, berikan burung kuliner ibarat yang sudah disebutkan di atas.
  • Perawatan burung betet selanjutnya ialah dengan membawanya keluar rumah. Jika anda mempunyai waktu luang, usahakan setiap hari, sekitar jam 9-10, dan dijemur di matahari pagi.
  • Setelah selesai dijemur burung ditaruh di teras, selanjutnya burung bisa diperdengarkan suara-suara masteran biar burung bisa menirukan bunyi burung yang lain. lantaran burung ini termasuk burung yang cerdas. adapun masteran yang bisa di tirukan burung ini dan bagus ialah bunyi burung cililin, tengkek buto dan bunyi lovebird.
  • Perawatan yang terakhir ialah saat sore hari, silahkan bersihkan sisa makanan. Lalu burung dimasukkan ke dalam rumah, boleh dikerodong boleh juga tidak tergantung kebiasaan.

****

Demikianlah ulasan mengenai jenis kuliner burung betet dan tips perawatan yang mesti anda lakukan. Semoga bermanfaat untuk anda semua ya. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya.

Artikel terkait: Daftar Harga Burung Betet Terbaru


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kombinasi Makanan Burung Betet Yang Baik"

Posting Komentar