Ikhsan: "Bekerja Di Startup Lebih Menantang Sekaligus Menyenangkan"

Ikhsan, Business Associate Ruangguru.com Ikhsan, Business Associate Ruangguru

Kali ini kita akan ngobrol-ngobrol dengan Ikhsan Rahardian, salah satu orang yang berperan penting dalam pengembangan banyak sekali penemuan layanan di Ruangguru, termasuk Mobile App yang versi beta-nya gres saja diluncurkan beberapa waktu lalu. Saat ini, laki-laki lulusan SMAN 8 Yogyakarta dan jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia ini yaitu Business Associate di Ruangguru. Di samping kesibukannya di Ruangguru, Ikhsan aktif terlibat dalam komunitas dan juga ikut berkontribusi sebagai pembicara maupun moderator dalam sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan startup, teknologi, maupun isu-isu anak muda ketika ini.

Ayo simak wawancara kami bersama Ikhsan berikut ini!

RG: Prestasi atau penghargaan apa saja yang pernah kau dapatkan?

Ikhsan: Sejak kuliah dulu, saya cukup sering terlibat dalam banyak sekali kompetisi startup, alasannya yaitu ketertarikan saya dalam kombinasi dari dunia teknologi dan bisnis. Beberapa prestasi yang pernah saya capai yaitu sebagai berikut:

  • Juara 1 dan Juara Favorit, Startup Weekend Bandung 2015
  • 20 besar Model Startup, Global Startup Youth ASEAN, Kuala Lumpur 2015
  • Perwakilan Indonesia dalam Global Final IBM Maybank Go AHEAD Challenge, Kuala Lumpur 2013
  • Penerima ASEAN University Student Network Study Award 2013 dan Beasiswa ke National University of Malaysia (Lulus dengan IPK 3,78)
  • Mahasiswa Berprestasi 2013, Fakultas Ilmu Komputer UI
  • Runner-Up, National IT Case Competition 2013, Binus University
  • Mahasiswa Berprestasi bidang Seni 2011, Universitas Indonesia
  • Young Game Changer of Indonesia 2012, British Council Indonesia
  • Delegasi Indonesia dalam Singapore Technologies (STEP), Temasek Trust

RG: Apa pencapaian terbesar dalam hidup kamu?

Ikhsan: Tahun kedua ketika kuliah, saya pernah menjadi ketua pelaksana Computer Festival, sebuah ajang kompetisi, seminar, roadshow dan bazar tingkat nasional yang diproduksi oleh mahasiswa Fasilkom UI. Event ini bisa dibilang sebagai event IT Nasional terbesar yang dibentuk oleh mahasiswa. Kompetisi yang diselenggarakan meliputi 4 bidang, yaitu Mobile Games, Programming, Robotic dan Web Development. Dalam proyek tersebut, kami berhasil menjalin kolaborasi dengan Nokia, HP, Intel, serta melahirkan 35 studio game baru. Hal tersebut sanggup dicapai berkat kerjasama tim yang solid dan motivasi yang tinggi sepanjang perjalanan membangun acara.

Mungkin ada sejumlah pengalaman lain dengan skala yang lebih besar. Tapi, berdasarkan saya semuanya berawal dari niat dan usaha saya di Computer Festival ini. Banyak pintu yang terbuka dan juga pandangan-pandangan gres yang saya dapatkan. Tentunya semuanya berkat tim saya yang super, fakultas saya yang tidak kenal lelah membantu dan partner-partner yang selalu percaya dengan kesuksesan kegiatan ini.

RG: Sebelum bergabung di Ruangguru, apa saja pengalaman karir kamu?

Ikhsan: Setelah berhasil mewakili Indonesia dalam kompetisi Global Final IBM Maybank Go AHEAD Challenge tahun 2013 (tahun terakhir kuliah), saya pernah bekerja sebagai Project Development Manager di Maybank dalam kegiatan Global Maybank Apprentice. Sebelum itu, saya pernah magang di Microsoft Indonesia dan Microsoft Singapura sebagai Sales Manager Intern. Sewaktu kuliah, saya juga pernah bekerja di IBM sebagai Project Manager Intern untuk sektor Government & Natural Resources di Jakarta.

Oh ya, saya juga menulis banyak artikel blog, riset dan konten terkait bisnis, tech, startup, dan sebagainya.

RG: Mengapa kau tertarik bergabung di startup, sehabis sebelumnya bekerja di perusahaan multinasional menyerupai Maybank, Microsoft dan IBM?

Ikhsan: Saya bergabung di startup alasannya yaitu startup sesuai dengan abjad saya. Saya bisa lebih bebas bereksperimen dan melaksanakan improvement. Bekerja di startup menuntut kita untuk bekerja lebih fleksibel, berguru cepat dan bisa multitasking. Hal ini gagal saya dapatkan di lingkungan kerja menyerupai korporat yang notabene kaku, lambat dan kurang banyak inovasi.

Di Ruangguru, satu orang biasanya dituntut untuk punya dua kemampuan khusus atau bahkan lebih. Dengan tekanan dan kesempatan yang diberikan, tentunya langsung dan skill seseorang meningkat lebih cepat alasannya yaitu harus bisa mengimbangi segala perkembangan.

RG: Apa alasan kau menentukan untuk bergabung di Ruangguru?

Ikhsan: Sebelumnya saya belum pernah melihat adanya konsep bisnis menyerupai Ruangguru di Indonesia, yaitu menggabungkan teknologi untuk menemukan layanan pendidikan berkualitas. Hal ini memantapkan keinginan saya untuk berkontribusi kepada Indonesia tanpa hanya menjadi karyawan yang sepenuhnya kapitalis. Kapan lagi kita bisa menyebarkan diri sembari menyebarkan negeri?

Selain itu, Iman (CEO dan Co-founder Ruangguru) juga merupakan teman saya semenjak lama. Bekerja bersama seseorang yang kau kenal akrab dan sudah tidak perlu diragukan lagi kemampuannya berdasarkan saya sebuah privilege. Bisa menentukan pekerjaan yang diinginkan itu satu hal. Namun, apabila kita bisa menentukan manager yang sesuai dengan keinginan, kesempatan, dan visi plus misi kita itu merupakan kesempatan yang sangat langka.

Don't pick a job, pick a boss.

RG: Apa posisi kau di Ruangguru? Tolong ceritakan apa tanggung jawab kau dalam posisi tersebut.

Ikhsan: Sebagai Business Associate, saya bertanggung jawab untuk fokus pada perkembangan bisnis perusahaan dengan cara mencari sebanyak-banyaknya user, baik melalui banyak sekali inisiatif offline maupun online. Saya dan tim dituntut untuk menjadi kreatif dalam mencari banyak sekali solusi untuk pertumbuhan perusahaan.

Tidak hanya itu, tanggung jawab saya banyak meliputi administrasi produk Ruangguru itu sendiri. Dimulai dari melaksanakan concepting dan planning, wireframing, mengelola pembuatan desain bersama tim Product Development (tim saya seru banget, lho), menjaga timeline development, menjaga kualitas produk dan sebagainya. Hal ini memungkinkan tim saya dan Ruangguru untuk selalu berusaha menciptakan dan memperbaiki produk yang benar-benar membantu pengguna, bukan hanya menunjukkan hal yang semu saja.

RG: Apa saja tantangan yang kau hadapi di Ruangguru dan bagaimana cara kau menghadapinya?

Ikhsan: Bagi saya, tantangan terbesar yaitu cara mengedukasi pelanggan bahwa layanan Ruangguru yaitu pilihan yang cocok bagi kebutuhan mereka. Masih banyak calon pengguna di luar sana yang belum terpapar manfaat dari guru privat alasannya yaitu sebelumnya sama sekali belum pernah mendengar atau mencicipi manfaat dari guru privat itu sendiri.

Saya dan tim menghadapinya dengan membantu pengguna ketika mereka benar-benar membutuhkan jasa guru privat lewat sejumlah taktik mulai dari mengatakan sugesti guru privat ketika pengguna mencari di mesin pencari, mengatakan konsultasi pendidikan gratis, mengatakan promosi gratis untuk sesi pertemuan pertama, dan sebagainya.

Terakhir, kami mempunyai solusi berguru online instan yang saya rasa akan sangat membantu murid di mana saja! Coba deh buka Mobile App Ruangguru (versi beta) Ruangguru/app.

RG: Bagaimana kesan kau terhadap Ruangguru?

Ikhsan: Saya melihat bahwa Ruangguru mempunyai visi dan misi yang besar. Saya percaya dan optimis bahwa sejalan dengan waktu, Ruangguru sanggup mengatakan imbas besar untuk meningkatkan jalan masuk terhadap pendidikan berkualitas di Indonesia.

Dan juga, tim kami hampir semuanya merupakan anak muda. Hal ini berdasarkan saya membantu lingkungan kerja Ruangguru menjadi lebih enjoyable dan fun walaupun kami semua bekerja ekstra cepat!

RG: Apa harapan dan keinginan kau untuk Ruangguru?

Ikhsan: Saya berharap Ruangguru sanggup semakin menyebarkan sayap dalam bekerja sama dengan banyak sekali institusi pemerintah untuk peningkatan kualitas guru dan pendidikan di indonesia. Mungkin banyak organisasi yang masih belum fleksibel terhadap solusi dari anak muda ataupun rentan terhadap solusi baru. Tapi saya percaya dengan mengatakan solusi yang benar-benar membantu pengguna, perubahan yang aktual niscaya akan selalu didambakan oleh masyarakat.

RG: Terima kasih atas sharing infonya, Ikhsan :)

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ikhsan: "Bekerja Di Startup Lebih Menantang Sekaligus Menyenangkan""

Posting Komentar