√ Grammar Bahasa Inggris Nggak Susah Asal Kau Tahu 6 Langkah Jitu Ini

                                 Grammar bahasa Inggris bisa dikuasai dengan 6 langkah jitu. Jika ngerasa berguru materi ini susah dan ribet, artikel ini pas banget buat kamu. Sering mendengar kata-kata mirip ini ketika berguru bahasa Inggris?
“Materi ini susah dipahami, ya?”
“Banyak tenses juga hukum harus dihapal!”
“Mengapa harus berguru grammar?”
“Duh, malas berguru tata bahasa Inggris!”
Keluhan-keluhan senada sering terdengar di kalangan pelajar pemula. Apa kau salah satunya? Mengeluh ketika kesusahan itu masuk akal koq, asalkan tetap melangkah maju untuk mengatasi kesulitan tersebut. Pikirkan wacana tujuan yang ingin dicapai ketika berguru bahasa Inggris serta masa depan cita-cita yang hendak kau raih.
7 Masa Depan Impian Ini Dapat Diraih dengan Menguasai Bahasa Inggris
Jika mikir wacana tujuan dan masa depan cita-cita belum cukup untuk menggerakkan dirimu, ya sudah, saatnya mencari tahu lebih lanjut wacana “si grammar”.
Pepatah “Tak Kenal maka Tak Sayang” benar-benar berlaku lho, ketika kita berguru bahasa baru. Menerapkan pepatah ini ketika berguru akan menciptakan bahasa Inggrismu berkembang pesat. Setelah kenalan (bukan sekedar berjabat tangan ya) kau jadi makin senang belajar. Yuk, kenalan dulu dengan grammar bahasa Inggris melalui 6 langkah jitu, sesudah itu ya terserah kamu.

1. Grammar itu menyerupai salah satu anak emas bahasa Inggris. Jika kau erat baik dengan si anak emas, tentu kau bisa menaklukkan ortunya.

Grammar bahasa Inggris bisa dikuasai dengan  √ Grammar Bahasa Inggris Nggak Susah Asal Kamu Tahu 6 Langkah Jitu Ini
Jika diibaratkan dalam sebuah keluarga, Bahasa Inggris ialah orang renta sedangkan keterampilan-keterampilan berbahasa Inggris ialah anak-anaknya. Tentu kau telah mengenal 4 keterampilan berbahasa Inggris yaitu berbicara (speaking), mendengarkan (listening), membaca (reading), dan menulis (writing). Terus grammar mana?
Menurut Englishclub, 4 keterampilan bahasa Inggris tersebut masuk dalam kategori Macro Skills. Ada juga bawah umur bahasa Inggris yang lain disebut Micro Skills, yaitu tata bahasa (grammar), pelafalan (pronunciation), dan kosakata (vocabulary).
Keterampilan-keterampilan ini ialah dasar yang dipakai untuk berbagi keterampilan lebih besar. Itulah mengapa tata bahasa Inggris (grammar) diibaratkan sebagai salah satu anak emas bahasa Inggris.
Anak emas tentu ialah kesayangan orang tua. Ia punya trik atau tips jitu untuk bisa menaklukkan hati ortunya. Jika erat dengan seorang anak emas, tentu orang tuanya akan memperlihatkan perhatian kepadamu juga. So, kau bisa berguru menaklukkan bahasa Inggris dari sahabatmu ini.

2. Grammar Bahasa Inggris itu punya sifat yang tak mau mendominasi, walaupun kenyataannya kiprahnya sangat dominan.

Grammar bahasa Inggris bisa dikuasai dengan  √ Grammar Bahasa Inggris Nggak Susah Asal Kamu Tahu 6 Langkah Jitu Ini
Ini salah satu sifat yang patut ditiru dari teman satu ini. Humble alias rendah hati. Mengapa disebut demikian? Walaupun nggak masuk ke dalam jajaran Macro Skills yang sering disebut bekerjasama erat dengan kemampuan berbahasa Inggris mirip listening, speaking, reading dan writing, tak sekalipun grammar berusaha  untuk mendominasi atau berusaha masuk menjadi salah satu “anak yang besar”.
Ia tetap menjadi cuilan dari Micro Skills sebagai “anak kecil” yang tak pernah mau mendominasi. Padahal kenyataannya tugas grammar dalam bahasa Inggris memang dominan. Coba kita lihat di salah satu keterampilan, contohnya listening, tentu grammar ada di sana. Bagaimana dengan speaking? Tanpa tata bahasa yang baik, orang susah mengerti apa yang kau sampaikan. Apalagi reading, grammar dipakai untuk membentuk kalimat-kalimat dalam sebuah bacaan. What about writing? Surely, you need it.
Jadi, terlihat terperinci tugas grammar untuk menunjang peningkatan keterampilan-keterampilan berbahasa Inggris yang lain. Nah, ketika berguru materi ini, kau juga bisa meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris lainnya.
Tingkatkan Speaking-mu dengan membongkar 8 Rahasia Tersembunyi di Balik Kata PRACTICE biar Lancar Bicara Bahasa Inggris.

3. Para pelajar yang mengucilkan grammar bahasa Inggris takkan pernah sadar bahwa mereka benar-benar membutuhkannya.

Grammar bahasa Inggris bisa dikuasai dengan  √ Grammar Bahasa Inggris Nggak Susah Asal Kamu Tahu 6 Langkah Jitu Ini
Memiliki pemikiran “grammar itu susah”, terus menerus mengabaikannya tak akan memberimu manfaat apa-apa. Malah, cita-cita untuk ahli berbahasa Inggris akan semakin jauh dari mata. Banyak pelajar mengucilkannya. Mereka selalu merasa pening ketika ada sajian materi ini di atas meja. Mereka belum sadar betul bahwa mereka bahwasanya membutuhkan grammar. Apa kau termasuk di dalamnya?
Jika belum menyadari, mendapatkan kenyataan bahwa grammar memang penting dan dibutuhkan, ya hingga kapanpun tak akan ada yang bisa membantumu naik kelas ke level berikutnya. Banyak kelas atau kursus bahasa Inggris memperlihatkan bahasa Inggris tanpa berguru grammar bahasa Inggris. Bisa dibayangkan apa jadinya sebuah bahasa tanpa ditata dengan baik dan benar?
Kita analisis pola sederhana ini:
  1. Your dogs
  2. You’re dogs.
Bisakah melihat perbedaan 2 pola sederhana di atas? Nomor satu menyatakan anjing-anjingmu, sedangkan nomor dua seolah ngejek,
ngata-ngatain kalau kau itu anjing! Padahal perbedaannya sangat kecil (penggunaan ‘ apostrophe) tapi memberi efek yang besar terhadap maknanya. Nah itu pentingnya grammar. Tanpanya, bahasa Inggrismu jadi kacau!
Analisis 2 pola lainnya berikut ini.
  1. The girl loves cooking her mother and her dog.
  2. The girl loves cooking, her mother, and her dog.
Penggunaan tanda baca koma (,) sanggup mengatakan arti sangat berbeda pada kedua pola kalimat tersebut. Yang ketiga artinya parah banget, si anak wanita itu ternyata kanibal sebab suka memasak ibu dan anjingnya. Sedangkan, pola keempat ya memperlihatkan hal yang dicintai si anak perempuan. So, masih mikir kalau grammar itu nggak penting?

4. Jika berpikir materi grammar hanya sebatas Tenses doang, kau keliru. Grammar bahasa Inggris lebih dari itu.

Grammar bahasa Inggris bisa dikuasai dengan  √ Grammar Bahasa Inggris Nggak Susah Asal Kamu Tahu 6 Langkah Jitu Ini
Siapa bilang materi grammar hanya sebatas 16 tenses bahasa Inggris doang? Materi ini tak hanya menyangkut itu saja lho. Kamu bisa lebih bereksplorasi dengan materi yang bervariasi. Bukan melulu hapalan tenses dan rumusnya.
Perhatikan beberapa pola materi tata bahasa Inggris alias grammar, selain tenses.
  • Modals (can, could, would, may, might, must, should)
  • Conditionals (I wish…)
  • Passive Voice alias kalimat pasif
  • Direct and Indirect Speech
  • Articles (a/an, the)
  • Pronouns (yang jenisnya pun ada banyak sekali macam: personal, possessive, reflexive, dll.)
  • Phrases (ada beberapa jenis: noun phrase, adjective phrase, prepositional phrase, dll.)
  • Clauses (juga ada macam-macamnya: noun clause, relative clause, dll.)
  • Conjuctions and Prepositions
Hm…. masih banyak materi lainnya, kalau disebutin semua bakal puaanjang banget list atau daftarnya. Nah, apabila benar-benar berkenalan dengannya, kau nggak hanya tahu tenses ajah. Tapi akan memahami semua materi yang menunjang penguasaan bahasa Inggris sehingga jadi makin mahir.
Setelah mengetahui begitu banyak manfaatnya, apa masih enggan menyentuh buku grammar bahasa Inggris?
Kamu pengen bisa bikin kalimat Simple Present Tense (termasuk Verbal dan Non Verbal)? Nih, simak dalam artikel Kalimat Verbal dan Non Verbal Simple Present Tense ini Sederhana Banget.

5. Buka diri dan beri sedikit waktumu setiap hari untuk berinteraksi dengan grammar, kau akan berguru menyukainya

Grammar bahasa Inggris bisa dikuasai dengan  √ Grammar Bahasa Inggris Nggak Susah Asal Kamu Tahu 6 Langkah Jitu Ini
Setelah tahu materi grammar itu jumlahnya seabrek, apa jadi tambah pusing? Dan malah jadi semakin enggan berkenalan dengannya? Duh, rumus atau hukum tenses ajah udah buanyak banget, ditambah lagi materi-materi yang lain, ampun deh…
Tenang, tenang! Kamu nggak harus menguasai semua materi itu dalam semalam koq. Jika mempunya obsesi untuk ahli dalam beberapa hari atau parahnya hanya sehari saja, ya tinggalkan ajah misi yang nggak realistis itu. Kamu hanya akan menyiksa diri dan bikin stres.
Seperti halnya cari teman Istimewa alias pacar, kau nggak bisa ujug-ujug katakan cinta. Perlu pedekate alias pendekatan dululah… Buka dirimu, luangkan waktumu untuk berinteraksi dengannya. Jika punya agenda tersendiri contohnya sejam sehari, itu akan sangat membantu untuk bisa mengenal grammar lebih baik lagi.
Jika melakukannya dengan tulus, berguru dengan cara yang anggun dan berinteraksi secara terus menerus, tentu kau akan segera menyukainya. Lama-lama, kau akan rindu jikalau sehari tak ketemu.
Yuk kenalan lebih jauh dengan tenses: 5 Fakta Menarik dan Mengejutkan wacana 16 Tenses Bahasa Inggris

6. Pada akhirnya, yang erat dengan “si anak emas” grammar bahasa Inggris akan ketularan kesahajaan yang membahana.

Grammar bahasa Inggris bisa dikuasai dengan  √ Grammar Bahasa Inggris Nggak Susah Asal Kamu Tahu 6 Langkah Jitu Ini
Nah, ini cuilan simpulan yang paling dicari orang. Happy Ending. Ibarat sebuah perjalanan, orang ingin cepat hingga di daerah tujuan. Jika ini ialah film, orang ingin simpulan tepat dan bahagia. Tepatnya ini ialah acara belajar, yang mana setiap orang ingin arif pada akhirnya.
Yang sering terlupakan ialah pemahaman wacana cuilan simpulan ini. Sebuah muara terbentuk dari sebuah alur yang panjang. Langkah demi langkah akan membawa seseorang menuju daerah tujuan. Babak demi babak akan mengantarkan penonton hingga pada simpulan cerita. Latihan demi latihan akan menuntun pelajar menuju kemahiran.
Kebanyakan dari kita terpesona dengan kesuksesan seseorang tanpa tahu bagaimana awal dan perjuangannya hingga ke titik puncak. Nah, jikalau kita terbiasa dengan sebuah proses, kita akan sadar bahwa berguru grammar juga ialah sebuah proses. Perlu kesiapan diri, pengorbanan waktu serta kesalahan-kesalahan yang bisa menciptakan kita hingga pada puncak kesuksesan.
***
Nah, sudah sejauh mana hubunganmu dengan grammar bahasa Inggris?
         


Sumber http://penulissnazzily.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√ Grammar Bahasa Inggris Nggak Susah Asal Kau Tahu 6 Langkah Jitu Ini"

Posting Komentar