Cara Ternak Budidaya Arwana Lengkap

Budidaya Arwana – Ikan arwana atau dikenal juga dengan ikan siluk merupakan salah satu jenis spesies ikan yang hidup di air tawar. Ikan ini biasanya dimanfaatkan sebagai ikan hias alasannya ialah memiliki  bentuk dan warna badan yang elok dan menarik.

Ikan Arwana biasanya mempunyai warna keperak-perakan yang menimbulkan ikan ini mempunyai cukup banyak peminat. Harga yang ditawarkan untuk sanggup mempunyai ikan arwana juga tidaklah murah.

Maka tidak heran saking populernya, ikan ini menarik minat banyak peternak untuk melaksanakan budidaya Arwana karena tergiur dengan nilai jualnya yang tinggi. Hingga ketika ini pun, Arwana masih mempunyai peminat yang cukup banyak dan menjadi salah satu ladang bisnis yang patut dicoba.

 Ikan arwana atau dikenal juga dengan ikan siluk merupakan salah satu jenis spesies ikan y Cara Ternak Budidaya Arwana Lengkap
Ilustrasi: Budidaya Arwana Super Red via Ikan-ikan.com

Persiapan Awal Budidaya

Nah, bagi kalian yang mempunyai jiwa bisnis, maka kalian sanggup mencoba untuk membudidayakan ikan hias ini. Namun, budidaya ikan Arwana sanggup dibilang cukup sulit dan memerlukan banyak modal lho.

Pasalnya untuk membudidayakan ikan ini, diperlukan lahan pemeliharaan bibit serta teknik budidaya yang memakan banyak biaya. Tapi kalian tidak perlu khawatir, alasannya ialah kalau hasil budidaya ikan arwana ini sukses, maka kalian akan menghasilkan laba yang fantastis juga.

Bagaimana? Tertarik melaksanakan bisnis ini, bukan? Jika iya, pastinya kalian memerlukan informasi mengenai tips untuk budidaya arwana ini. Yuk, pribadi saja kita simak ulasannya dibawah ini!

1. Persiapan Tempat Penangkaran

Hal pertama yang harus dilakukan ialah menata akuarium menyerupai layaknya bak dengan banyak batu. Hal ini berkhasiat untuk memberi rasa nyaman dan betah kepada ikan arwana semoga bertahan lama.

Ikan yang tidak sanggup menyesuaikan dengan lingkungan gres atau tidak nyaman pada lingkungan barunya sanggup mengakibatkan ikan tersebut tidak mau berkembang biak dan bahkan sanggup mati. Jika hal tersebut terjadi, tentunya kau akan rugi alasannya ialah sudah mengeluarkan banyak biaya.

2. Selalu Menjaga Kondisi Air

Hal kedua yang harus kalian perhatikan ketika membudidayakan ikan arwana ialah kondisi air yang ada di bak ataupun akuarium yang mana harus selalu dalam keadaan jernih dan terus mengalir. Hal ini sanggup kau lakukan dengan menciptakan filter di dalam bak ataupun akuarium.

Selain itu, kalian juga harus selalu memastikan kandungan pH dalam air sekitar 6 hingga 7 saja. Jangan hingga kurang ataupun lebih alasannya ialah kondisi tersebut tidak baik untuk ikan arwana.

3. Memperhatikan Suhu Air

Selain kondisi pH air, kalian juga harus selalu memperhatikan suhu atau temperature airnya, yakni sekitar 26 derajat hingga 30 derajat. Karena ikan arwana sangat menyukai cahaya, kalian harus menerangi bak atau akuarium apabila lokasinya tertutup ataupun terhalang dari masuknya sinar matahari.

Namun jangan salah, ikan ini juga tidak sanggup hidup di bawah paparan sinar matahari secara langsung. Jadi, berikan saja cahaya secukupnya, tidak terlalu gelap atau tidak terlalu terang.

4. Media Budidaya Ikan Arwana

Untuk membudidayakan ikan arwana, kalian sanggup menentukan media bak ataupun akuarium yang akan digunakan. Pembudidayaan ikan arwana sendiri bahwasanya membutuhkan banyak wadah karena ikan ini harus dipisahkan menurut ukurannya.

Teknik membudidayakan ikan arwana juga memerlukan peralatan yang cukup lengkap, contohnya saja alat pengatur suhu, oksigen pembuat gelembung, serta sirkulasi air.

Sedangkan kalau menentukan memakai bak sebagai medianya, kalian juga harus menyediakan bak yang cukup luas semoga sanggup menampung beberapa ikan indukan arwana untuk di kembang biakkan. Kolam yang luas tersebut akan menciptakan pergerakan ikan yang berukuran besar menjadi lebih gampang dan fleksibel.

Namun kalian juga sanggup mengkombinasikan budidaya ikan arwana memakai media akuarium dan kolam. Caranya, kau sanggup merawat indukan arwana pilihan di dalam aquarium yang mana selanjutnya sanggup kalian pindahkan ke kolam.

5. Memilih Jenis Ikan

Setelah media dan lokasi sudah siap, hal yang harus anda lakukan ialah pemilihan jenis ikan arwana yang akan dibudidaya. Jenis dari ikan arwana ini memang sangat banyak. Kalian dihentikan ceroboh  dalam menentukan jenis ikan.

Apabila anda mempunyai modal yang cukup besar, dan menargetkan laba yang besar, maka kalian harus menentukan jenis arwana super red. Arwana super red mempunyai harga jual yang tertinggi untuk ikan pintar balig cukup akal yaitu mencapai 5 juta rupiah per ekor dengan harga bibit mencapai 1 juta rupiah per ekor.

Arwana super red ini memang banyak diminati banyak orang, sehingga kalian tidak perlu khawatir kalau ikan budidaya kalian tidak laris di pasaran. Sedangkan kalau kalian tidak mempunyai modal yang cukup banyak, kalian sanggup menentukan ikan arwana silver yang harga bibitnya tidak semahal arwana red.

Kalian sanggup memulai membudidayakan jenis arwana silver terlebih dahulu dan kemudian kalau sudah berhasil dan terjual dengan laba yang cukup, kalian sanggup beralih ke arwana super red secara perlahan.

Pembesaran Benih Ikan

Tips selanjutnya ialah pembesaran benih ikan. Kalian harus sabar menunggu bibit ikan hingga berukuran 12 cm yang kemudian untuk sanggup dilakukan pembesaran benih. Untuk benih yang masih berukuran sekitar 1 cm sanggup diberi makan berupa cacing pita.

Apabila ikan yang sudah mempunyai ukuran 12 cm, maka kalian harus memisahkan ikan tersebut dari ikan-ikan kecil atau bawah umur ikan. Mengapa demikian? Karena bahwasanya ikan arwana ialah jenis ikan pemakan segala tanpa mempedulikan itu anaknya sendiri atau mangsa. Kaprikornus anda harus benar-benar memperhatikan proses perkembangan dan pertumbuhan ikan arwana tersebut ya.

Proses Pemeliharaan Ikan

Seperti layaknya manusia, kalau indukannya baik dan sehat maka keturunan yang dihasilkannya pun juga baik dan mempunyai kualitas unggul. Proses dari pembesaran ikan sanggup dilakukan dengan memberi makan dengan porsi yang cukup atau memberi obat yang merangsang pertumbuhan ikan yang banyak dijual di pasaran.

Selain itu ketika memanen ikan, kalian harus berhati-hati untuk menjaga kondisi ikan arwana semoga tidak cacat atau terluka sehingga tetap mempunyai harga tinggi di pasaran. Hal-hal lain yang harus kalian perhatikan ialah :

1. Pakan Ikan Arwana

Untuk jenis pakan yang harus diberikan kepada ikan ini ialah berupa adonan pellet yang mengandung 32% protein serta bermacam-macam jenis pakan hidup menyerupai ikan mas, udang, atau bagian daging dan kepiting kecil.

Pemberian pakan harus diadaptasi dengan ukuran ikan, yaitu sekitar 2% dari berat badan ikan setiap harinya dan dibagi menjadi 2 sesi pemberian, yakni makan pada pagi dan sore hari.

2. Mempelajari Karakter Ikan Arwana

Setelah pemindahan ikan arwana yang masih kecil, maka ikan tersebut sanggup dipelihara hingga ukuran 25 – 40 cm, dimana ukuran tersebut ialah ukuran ideal dan banyak dicari oleh pembeli. Selain itu, ikan dengan ukuran tersebut mempunyai huruf yang berangasan dan gesit yang sangat disukai pembeli.

****

Demikian tips budidaya arwana yang sanggup membantu kalian kalau akan menjalankan bisnis. Semoga bermanfaat. Artikel terkait: Panduan Cara Ternak Belut untuk Pemula


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Ternak Budidaya Arwana Lengkap"

Posting Komentar