Cara Mengganti Nama Tabel Database Mysql Server Lewat Terminal


Melalui tutorial ini aku akan menjelaskan bagaimana cara mengganti nama tabel yang telah di buat, pertama aku harus masuk ke dalam console MySQL melalui terminal dengan menjalankan perintah:

 mysql -u root -p

lalu, aku menentukan database dengan nama berguru yang telah aku buat sebelumnya, melalui perintah di bawah:

 use belajar;

kemudian aku akan melihat tabel apa saja yang ada di dalam database berguru dengan perintah:

 show tables;

akhirnya ialah berikut:


dari situ terlihat bahwa terdapat tabel dengan nama profile, kemudian bagaimana caranya mengubah nama tabel profile tersebut menjadi nama lainnya? contohnya diganti dengan nama user_profile, maka aku tinggal menjalankan perintah di bawah ini:

 ALTER TABLE profile RENAME TO user_profile;

kalau dijalankan akan terlihat menyerupai di bawah ini hasilnya:



hasil dari perubahan tersebut sanggup dilihat dengan menjalankan perintah:

 show tables;

melalui perintah di atas, akan terlihat akhirnya menyerupai di bawah:


anda sanggup lihat bahwa tabel dengan nama profile sudah berganti nama menjadi tabel user_profile, selain memakai perintah ALTER TABLE, anda juga sanggup memakai perintah RENAME menyerupai di bawah ini:

 RENAME TABLE user_profile TO profile;

perintah di atas dipakai untuk merubah nama tabel user_profile menjadi profile, berikut hasilnya:


kalau aku ingin melihat table yang sudah aku rubah namanya, aku tinggal menjalankan perintah:

 show tables;

maka tabel user_profile tersebut sudah berganti nama menjadi tabel profile menyerupai tampilan di bawah:


gampang bukan, merubah nama tabel di database MySQL. Selamat mencoba ya.


Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengganti Nama Tabel Database Mysql Server Lewat Terminal"

Posting Komentar