Cara Menciptakan Tabel Database Di Laravel 5.3 Pada Ubuntu


Pada tutorial kali ini aku akan membahas bagaimana menciptakan tabel database di Laravel 5.3. Database yang akan aku gunakan ialah MySQL dan untuk menciptakan tabel di dalam server database MySQL aku tidak perlu masuk ke dalam shell MySQL. Cukup memanfaatkan fitur yang ada di dalam Laravel tersebut yaitu fitur migration. Pertama pastikan koneksi antara laravel dan server MySQL sudah terkonfigurasi di file .env. Konfigurasi file .env aku terlihat menyerupai berikut:

 DB_CONNECTION=mysql  DB_HOST=127.0.0.1  DB_PORT=3306  DB_DATABASE=database  DB_USERNAME=root  DB_PASSWORD=root 

Keterangan:
  • Database MySQL yang dipakai berjulukan "database", 
  • user yang sya gunakan root, password root, 
  • lokasi MySQL server di localhost dengan komunikasi port 3306.

kemudian aku ingin menciptakan tabel gres dengan nama register, maka aku menjalankan perintah:

 php artisan make:migration create_registers_table 

kalau berhasil akan terbuat sebuah file yang berlokasi di root_folder_laravel/database/migrations/ dengan nama 20xx_xx_xx_xxxxxx_create_registers_table.php

kemudian aku buka file tersebut, sehingga isinya terlihat menyerupai di bawah ini:
Loading ....

alasannya ialah aku ingin menciptakan tabel database berjulukan register dengan struktur berikut:

nama kolomtipe data kolom
idinteger(10),Primary Key, auto increment
tipe_bendasmall integer(5)
nama_bendatext
uraiantext
asal_bendavarchar(40)
cara_perolehansmall integer
tanggal_masukdate
tanggal_bendadate
harga_satuaninteger
jumlahsmall integer
keterangantext
bastvarchar(30)
id_userinteger(10)
created_attimestamps
update_attimestamps

Keterangan: Untuk melihat tabel tpe data secara lengkap anda dapat mengunjungi Link ini sebagai referensi.

isi file di 20xx_xx_xx_xxxxxx_create_registers_table.php atas diubah sehingga terlihat menyerupai ini:
Loading ....

sesudah itu melalui terminal di dalam root folder laravel, aku menjalankan perintah migration database menyerupai berikut:

 php artisan migrate 

kalau berhasil, akan tampak tampilan menyerupai berikut:


kalau dilihat dari shell MySQL maka akan tertampil tabel registers menyerupai berikut:


dan struktur dari tabel registers kalau dilihat didalam shell MySQL akan terlihat menyerupai berikut:


gampang bukan menciptakan tabel database MySQL dengan fitur migration pada Laravel 5.3, selamat mencoba ya. 

Pada goresan pena selanjutnya akan aku bahas lebih dalam fitur migration di Laravel 5.3. Terima kasih telah berkunjung.


Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menciptakan Tabel Database Di Laravel 5.3 Pada Ubuntu"

Posting Komentar