Tutorial Network Monitoring Mikrotik Memakai Cacti




Tutorial ini yakni urutan dari beberapa tutorial sebelumnya yang terdiri dari:
Melanjutkan tutorial nomer 5 tersebut, kini pada tutorial ini akan dibahas bagaimana menambahkan mikrotik untuk di monitoring di aplikasi cacti. Untuk topologinya yakni sebagai berikut:


Kaprikornus mikrotiknya berada di beda network dengan server cacti, sebelum dapat ditambahkan ke dalam cacti untuk di monitoring, pastikan dulu si cacti server bsa menghubungi si switch melalui test ping. Setelah dapat dipastikan dapat berkomunikasi, maka aku akan mulai melaksanakan konfigurasi di cactinya untuk mneambahkan si mikrotik.

Langkah pertama tentu saja aku harus login ke dalam aplikasi cacti, kemudian di sajian sebelah kiri aku pilih devices:



sehingga muncul list devices apa saja yang sudah masuk:


kemudian aku pilih sajian Add di pojok kanan atas, pada tabel Devices:

sehabis itu aku masukkan konfigurasi untuk menambah devices mikrotik menyerupai di bawah ini:


kemudian klik tombol create, jikalau berhasil, maka akan ada notifikasi di atas menyerupai berikut:


Setelah itu aku akan bikin grafik monitoringnya dengan menentukan sajian Create Graph for this Host di pojok kanan atas, kemudian aku diarahkan ke halaman berikut ini:


dari gambar di atas, terlihat seluruh interface milik mikrotik, sehabis aku menentukan beberapa interface yang akan aku monitoring, aku kemudian menekan tombol create di pojok kanan bawah. Jika berhasil dibentuk grafik monitoringnya akan muncul notifikasi menyerupai berikut:


Setelah itu, aku akan menciptakan grafik Tree baru, untuk menampung dan memisahkan grafik monitoring dari sebelumnya, caranya? Saya klik sajian Graph Trees di sebelah kiri:


Setelah itu aku melihat list Graph Trees yang telah dibentuk sebelumnya:


Kemudian aku klik Add untuk menambah Tree directory baru:


Saya beri nama switch, kemudian klik create menyerupai yang terlihat pada gambar di atas, sehabis berhasil akan terlihat notifikasi menyerupai berikut:

Lalu pada bab tree items (gambar di atas) aku klik sajian add, kemudian diarahkan ke windows konfigurasi berikut:

Saya buat sesuai dengan konfigurasi di atas, kemudian aku klik create. Jika berhasil akan muncul list device berikut di bawah:

Setelah itu aku klik save dan aku klik tab graphs dibagian atas, maka akan terlihat menyerupai berikut:


kemudian saa klik bab switch-> Mikrotik, maka sehabis menunggu beberapa ketika akan terlihat grafik monitoring menyerupai berikut:


yup, tutorial konfigurasi network monitoring mikrotik di aplikasi cacti sudah simpulan mungkin di tutorial selanjutnya akan aku bahas bagaimana caranya konfigurasi cacti untuk menampilkan monitoring bandwidth queue tree di mikrotik. Selamat mencoba dan agar membantu.

Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Network Monitoring Mikrotik Memakai Cacti"

Posting Komentar