Tips Wawancara Melamar Kerja
Tips Wawancara Melamar Kerja- Sebelum membaca seluruhnya, saya harap semua yang membaca Tips saya ini tidak berfikir negatif, saya tidak bermaksud untuk menyombongkan diri maupun untuk menjelekkan ataupun menyindir temen saya, tapi ini murni dari pikiran saya sendiri dan tidak ada keterkaitan dengan pihak lain manapun.Semoga sanggup menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca. Amin.
Dari Pengalamanku kurang lebih (+/-) di 20 Perusahaan :
1. Berdo’a dan usahakan sebelum tes telfonlah Bapak/Ibu walaupun lagi marahan sekalipun. Mintalah Do’a pada Bapak dan Ibu…..kasiatnya sangat amat mujarab. Aku pernah mencoba dan mencicipi sendiri jadinya luar biasa.
2. Harus Jujur, jikalau kau tidak jujur=> hingga 7 turunan pun, saya yakin kau akan sangat amat sulit mendapat dan MUNGKIN TIDAK AKAN PERNAH SEKALIPUN mendapat pekerjaan (kalau ingin bekerja diperusahaan). Apapun itu resikonya, maka dari itu jujurlah (Hargailah dirimu sendiri) alasannya itulah kamu,=> Tuhan Maha Tahu.
3. Duduk dengan tegap, usahakan sebelum duduk, apabila kawasan duduknya banyak cari posisi yang sempurna yaitu bersahabat atau berhadapan dengan HRD nya (jangan mengambil posisi duduk yang jauh dari HRD), dan jangan lupa sebelum duduk dilihat dulu ada barang dikursi atau tidak (jangan asal duduk).
4. Jangan bersadar pada kursi, jikalau anda bersandar pada dingklik itu membuktikan bahwa kau MALAS. Kaprikornus posisi duduk agak maju sedikit.
5. Posisi tubuh tegap, tangan lurus kebawah atau diatas paha (saat duduk), tangan jangan diatas meja kecuali posisi tangan HRD nya juga di atas meja, boleh diatas meja asal hanya melekat sedikit di pinggiran mejanya (jangan diatasnya=kurang sopan), lihat situasi konsidi juga lah.
6. Jangan Grogi = santai saja, anggap saja itu teman kamu, dan cara yang pernah saya tempuh biar tidak pernah grogi ialah tidak terlalu berharap pada perusahaan itu. Sebaik apapun itu prospek kedepan (pokoknya jangan berharap). Coba deh…….saya pernah mencoba dan berhasil dan salah satu teman saya pernah mencoba dengan tidak berharap pada perusahaan tersebut…..dan kini masuk hingga tes ke4. Coba deh….jangan lupa …..masih banyak kesempatan lain. Semoga sukses ya.
7. Usahakan tersenyum dikala diwawancara, sedikit aja…..itu membuktikan kau RAMAH sama semua orang.
8. Jaga kontak mata, jikalau ada pewawancara lebih dari 1 ya usahakan jangan melihat satu orang saja, tapi semua dilihat, dan pandangannya kearah MATA, HIDUNG DAN Diantara mata kanan kirinya(ditengah-tengah). Jangan menunduk dikala wawancara….nggak bakal ada uang receh jatuh. Berikan yang terbaik dengan cepat menaggapi situasi dikala wawancara. OK.
9. Saat ada pertanyaan dari HRD jawab dengan cepat, sempurna dan logis. Ingat semua bentuk pertanyaan harus ada dasarnya jangan asal jawab. Dan jangan menjawab pertanyaan sebelum selesai sekalipun kita tahu jawabannya.
10. Usahakan menggunakan pakain yang polos, rapi, jangan menggunakan pakain yang terlalu mencolok banget (Merah Baget). Pokoknya yang keren jikalau dilihat ada AURA Kepemimpinan, fresh lah.
11. Dan yang tak kalah penting ialah dengan bersabar apabila ada pertanyaan yang menciptakan kita jadi EMOSI. Misalnya ADA PERTANYAAN BEGINI: Deskripsikan semua seminar yang pernah kau tempuh? Setelah selesai kau mendeskripsikan, HRD nya menjawab: Kok kau nggak sanggup JELAS ya mendeskripsikan seminar yang pernah kau ikuti, berarti seminar kau kemarin gagal dong?. Nah kadang kita tuh EMOSI, meskipun bersama-sama HRD nya sendiri juga belum tentu ingat seminar yang pernah ditempuhnya waktu kuliah dulu……ingat jangan balik bertanya, jangan EMOSI, tetaplah menjawab dengan bijak dan lapang dada. Misalnya kau menjawab: Maaf Bapak/Ibu saya lupa, tapi dengan bahagia hati apabila ada kesempatan lagi, saya akan presentasi didepan bapak/ibu apabila dianjurkan dan dengan bahagia hati pula saya akan menjawab pertanyaan dari Bapak/Ibu berikan. Ingat Jangan Emosi tapi jawab dengan BIJAK.
12. Untuk kalimat yang terakhir ini, Saya mau minta tolong kepada seluruh Alumni YKPN. Dari hasil pantauan saya dilapangan ada beberapa temen kita yang tidak tahu mengenai JPC & Googlegroup YKPN, saya sendiri juga heran entah apa tidak pernah kebasement (bagian admin) atau alasannya apa, maka dari itu sebaiknya kita mensosialisasikan kepada temen kita bahwa kita PUNYA INFO LOWONGAN JPC khusus untuk alumni YKPN & Googlegroup YKPN. Caranya memberi tahu melalui SMS. Itu realita, alasannya saya telfon kebeberapa temen yang gres lulus, yang saya lihat dari buku kenangan (meski belum pernah ketemu sekalipun), mereka bilang tidak tahu sama sekali (padalah sudah ada dibuku kenangan sekalipun). SO…..KITA WAJIB UNTUK BANTU TEMEN KITA SENDIRI YANG LAGI MEMBUTUHKAN INFO PEKERJAAN.
* Jangan pernah merasa tersaingi dari temen kita. Tapi berikan yang terbaik bagi teman kita, dan kita melangkah bersama. Kita mungkin tidak di panggil untuk tes wawancara ataupun tes tulis, tapi kita harus besar hati ada Alumni YKPN (temen kita) yang lolos, dan patut kita dukung. Tapi jikalau informasi lowongan saja kita PELIT, kita tidak akan mendapat apa-apa, dan kalaupun mungkin kita maju untuk tes belum tentu juga lolos.…..ingat kita tes bukan hanya dari YKPN tapi seluruh Indonesia Coy. Kaprikornus kita harus merubah SIKAP yang kurang anggun ibarat itu. So, jikalau kita tidak lolos tes….masih ada temen Se-Alumni YKPN yang berada dibelakang kita. Seperti dalam buku yang pernah saya baca MENUMBUHKAN SIKAP KEBERSAMAAN DIBAWAH HUBUNGAN YANG AKRAB & HARMONIS (Seperti dalam bukunya John C. Maxwell, Membina relasi 101). So, apa gunanya kita PELIT informasi lowongan. Bagi saya tidak ada kata tersaingi jikalau kita Se-Alumni. Bayangkan jikalau kita dipanggil tes tapi tidak ada satupun teman Se-Alumni YKPN? Rasanya ibarat KUTUK MARANI SUNDHUK (Pribahasa Jawa). Percayalah Tuhan memperlihatkan yang terbaik bagi Kita. Amin.
Sumber http://indonugraha.blogspot.comMari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Tips Wawancara Melamar Kerja"
Posting Komentar