Sudah Berguru Berkali-Kali, Kenapa Tidak Ada Peningkatan?

Sudah mencar ilmu semalaman, tapi risikonya sama saja. Sudah rela melewatkan pertandingan tim bola kesayangan demi belajar, tetap tidak ada peningkatan prestasi. Apa sih yang salah? Apa memang dasarnya tidak pintar?

“Tidak ada anak yang bodoh, yang ada hanya anak yang tidak menerima kesempatan mencar ilmu dari guru yang baik dan metode yang benar.” – Prof.Yohanes Surya

Di antara kau mungkin pernah mencicipi kondisi ibarat itu. Kami oke dengan Prof.Yohanes Surya, bahwa tidak ada anak yang ndeso di dunia ini, termasuk kamu. Coba deh kau penilaian metode mencar ilmu kau selama ini. Mungkin selama ini kau lebih sering pakai cara SKS aka Sistem Kebut Semalam, gampang terdistract, dan lain-lain.

1. Bagi kau yang gampang sekali terdistract sama hal sepele, stay away from your handphone!

 

Foto: www.sodahead.com Foto: www.sodahead.com

Gadget sering banget jadi hal yang gampang mengalihkan pikiran dan menghilangkan fokusmu. Meskipun sudah silent mode, tetap saja tangan sanggup “gatal” untuk ngecek Handphone/Tablet, meskipun tidak ada notifikasi sekalipun. Ini merupakan imbas dari gaya hidup masa kini, di mana gadget menjadi andalan. Jadi, kalau lagi belajar, jauhkan dulu deh handphone dari jangkauan kamu. Silent, kemudian selipkan di laci atau di sela-sela tumpukan pakaian di lemarimu. Dengan cara ini, setidaknya pikiranmu sanggup fokus ke hal yang ada di depan kamu, yaitu pelajaran. Nanti-nanti dulu deh update statusnya atau ngepoin si dia, hehe.

2. Manfaatkan sticky notes!

Salah satu kesalahan ketika belajar, yaitu kita cenderung menghafal setiap detail bahan yang disampaikan. Ini bakal bikin kau semakin mumet dan cenderung bosan lho. Daripada fokus menghafal materi, coba fokus pada poin-poin pentingnya aja deh.

Bagaimana caranya agar poin-poin itu tetap bikin kau tertarik untuk baca? Tuliskan catatan penting di sticky notes! Warna-warni sticky notes akan meningkatkan semangat kamu. Misalnya rumus phythagoras, tenses, atau buatlah kata kunci yang menarik dan gampang diingat. Dengan menulis, kau juga sambil mengulang dan mengingat pelajaran lho. Kemudian, tempel sticky notes-nya di buku, dinding kamar, atau cermin kamarmu. Cara ini akan bikin kau lebih cepat menguasai bahan alasannya yaitu setiap hari kau sengaja maupun tidak melihat bahan itu. Selain makin gampang untuk menghafal, pemahaman terhadap bahan juga akan lebih berkembang.

3. Mewarnai yuk!

www.facultyfocus.com Foto: www.facultyfocus.com

Coba yuk warnai buku pelajaran atau bacaanmu dengan highlighter pen. Kamu sanggup berikan tanda dengan warna pada bahan yang kau anggap penting atau sulit. Dengan begitu, kau sanggup membaca cepat inti dari isi buku tersebut. Hemat waktu, tapi efektif.

4. Merekam materi

Ada orang yang tipe belajarnya dengan cara mendengar. Nah, merekam bahan pelajaran waktu di kelas sanggup jadi alternatif nih buat kau yang mau coba mencar ilmu dengan cara tidak biasa. Rekaman pelajaran itu sanggup kau dengarkan berulang berkali-kali di manapun. Di perjalanan menuju sekolah atau kampus, biasanya kita pakai earphone untuk mendengar musik. Sekarang coba deh ganti musik itu dengan bahan pelajaran yang kau rekam ketika di kelas. Lumayan membantu lho buat kau yang kurang suka membaca.

5. Atur agenda belajar

www.pexels.com Foto: www.pexels.com

Cobalah atur waktu belajarmu. Pastikan semua mata pelajaran/kuliah terdaftar di time table-mu ya. Masukkan juga waktu untukmu beristirahat. Sah-sah saja sih mencar ilmu rajin demi menata masa depan, tapi bukan berarti jadi begadang tidak menentu terus. Kalau kau tidak menyediakan waktu cukup buat istirahat, kasihan tubuhmu jikalau terlalu diforsir. Otak kau juga niscaya capek, malah cenderung susah untuk mendapatkan pelajaran. Percuma kan, kau mencar ilmu tiap hari dengan porsi berat kalau waktu ujian kau justru nggak bisa ingat materinya?

6. Pray harder

Berdoa sebetulnya yaitu poin penting lainnya. Jadi, jangan lupakan hal yang satu ini ya! Berdoalah dengan bersungguh-sungguh setiap ingin memulai aktivitas apapun, termasuk belajar.

Yap, demikianlah beberapa tips untuk memperbaharui cara belajarmu. Apa kau punya cara lain yang lebih ampuh? Share ke kami ya di kolom komentar.

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sudah Berguru Berkali-Kali, Kenapa Tidak Ada Peningkatan?"

Posting Komentar