| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Satuan Pendidikan : SDN 1 SRATI
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Semester : IV /Genap
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Materi Pokok : Keliling dan Luas
Alokasi Waktu : 12 JP (4 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan penerima didik diharapkan sanggup
1. Memahami banyak sekali bangkit datar persegi, persegi panjang dan segitiga
2. Mamahami cara memilih keliling dan luas persegi
3. Memahami cara memilih keliling dan luas persegi panjang
4. Memahami cara mennetukan keliling dan luas segitiga
5. Menyajikan penyelesaian duduk kasus terkait dengan keliling dan luas tempat (persegi, persegi panjang dan segitiga?
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.9 Menjelaskan dan memilih keliling dan luas tempat persegi, persegipanjang, dan segitiga | 3.9.1 Mengidentifikasi banyak sekali bangkit datar persegi, persegi panjang dan segitiga 3.9.2 Menganalisis cara menghitung dan memilih keliling persegi 3.9.3 Menganalisis cara meghitung dan memilih luas persegi 3.9.4 Menganalisis cara menghitung dan memilih keliling persegi panjang 3.9.5 Menganalisis cara menghitung dan memilih luas persegi panjang 3.9.6 Menganalis cara menhitung dan memilih keliling segitiga 3.9.7 Menganalisis cara menghitung dan menetukan luas segitiga |
4.9 Menyelesaikan duduk kasus berkaitan dengan keliling dan luas tempat persegi, persegipanjang, dan segitiga | 4.9.1 Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan keliling dan luas tempat (persegi, persegipanjang, segitiga) 4.9.2 Menyajikan penyelesaian permasalahan yang melibatkan keliling dan luas tempat (persegi, persegipanjang, segitiga) |
C. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
a. Persegi
b. Persegi panjang
c. Segitiga
2. Konsep
Menentukan keliling dan luas tempat persegi, persegipanjang, dan segitiga
3. Prinsip
a. Rumus Persegi
Luas = sisi x sisi
Keliling = 4 x sisi ( sisi + sisi + sisi + sisi)
b. Rumus persegi panjang
Luas = panjang x lebar atau Luas = p x l
Keliling = panjang + lebar + panjang + lebar =
= 2 panjang + 2 lebar = 2 (panjang+lebar) = 2 ( p + l )
4. Prosedur
a. Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan keliling dan luas tempat (persegi, persegipanjang, segitiga)
b. Menyajikan penyelesaian permasalahan yang melibatkan keliling dan luas tempat (persegi, persegipanjang, segitiga)
D. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
E. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
F. Sumber Belajar
1. Buku Mata PelajaranMatematika Kelas IV SD Kurikulum 2013
2. Modul/bahan ajar,
3. Internet,
4. Sumber lain yang relevan
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 (3 x 35 menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi 1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran. (PPK: Religius) 2. Memeriksa kehadiran penerima didik. (PPK: Disiplin) 3. Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali aktivitas pembelajaran. Apersepsi 1. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya. 2. Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 3. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi 1. Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. 2. Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Menghitung keliling dan luas Persegi. 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung. 4. Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan 1. Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. 2. Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM/KBM pada pertemuan yang berlangsung. 3. Pembagian kelompok belajar 4. Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit |
Kegiatan Inti Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Orientasi penerima didik kepada masalah | MENGAMATI Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Menghitung keliling dan luas Persegidengan cara: v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini: Menghitung keliling dan luas Persegi. v Mengamati Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb yang bekerjasama dengan:
v Membaca(Literasi) Dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan v Mendengar Pemberian materi oleh guru yang berkaitan denganMenghitung keliling dan luas Persegi. v Menyimak Penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai : Menghitung keliling dan luas Persegiuntuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan penerima didik | MENANYA (4C: CRITICAL THINKING) Guru menawarkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaan perihal : Menghitung keliling dan luas Persegiyang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pemanis perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
| Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI) Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian, v Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi) Mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal Menghitung keliling dan luas Persegi. v Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration) Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Menghitung keliling dan luas Persegi. v Aktivitas 1. Peserta didik diminta untuk mengamati cara menghitung keliling dan luas persegi pada aktivitas mengamati 2. Peserta didik diminta untuk mengamati pola soal cara menghitung dan menentuang keliling dan luas persegi 3. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal yang telah guru berikan a. Jika keliling bujur kandang ialah 48 cm, berapa panjang sisi dan Luas bujur kandang tsb b. Jika keliling bujur kandang ialah 24 cm, berapa panjang sisi dan Luas bujur kandang tsb v Mempraktikan v Mendiskusikan(4C: Collaboration) v Saling Tukar Informasi (4C: Collaboration) Saling tukar informasi tentangMenghitung keliling dan luas Persegidengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan 1. Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. 2. Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal :Menghitung keliling dan luas Persegi. 3. Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan 4. Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. 5. Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal Menghitung keliling dan luas Persegi. 6. Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan. 7. Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. 8. Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
| Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF) Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: 1. Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan proteksi pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. 2. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Menghitung keliling dan luas Persegi. 3. Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan : Menghitung keliling dan luas Persegi. | | 75 menit |
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) |
|
Kegiatan Penutup Peserta didik : · Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan. · Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan. (HOTS: Reflektif) Guru : · Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek. · Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik · Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan). · Mengagendakan pekerjaan rumah. · Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya. | 15 menit |
2. Pertemuan Ke-2 (3 x 35 menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi 1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual) 2. Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak penerima didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak penerima didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran.(PPK: Nasionalis) 3. Memeriksa kehadiran penerima didik. (PPK: Displin) 4. Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali aktivitas pembelajaran. Apersepsi 1. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya:Menghitung keliling dan luas Persegi. 2. Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 3. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: menghitung keliling dan luas Persegipanjang. v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan 1. Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. 2. Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM/KBM pada pertemuan yang berlangsung 3. Pembagian kelompok belajar 4. Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit |
Kegiatan Inti Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Orientasi penerima didik kepada masalah | MENGAMATI Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik menghitung keliling dan luas Persegipanjang dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v Mengamati Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb yang bekerjasama dengan:
v Membaca(Literasi) Dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama denganmenghitung keliling dan luas Persegipanjang. v Mendengar Pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas Persegipanjang. v Menyimak, Penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai : menghitung keliling dan luas Persegipanjanguntuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan penerima didik | MENANYA (4C: CRITICAL THINKING) Guru menawarkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaan perihal : menghitung keliling dan luas Persegipanjangyang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pemanis perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
| Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI) Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian, v Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi) Mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal menghitung keliling dan luas Persegipanjang. v Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration) Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu menghitung keliling dan luas Persegipanjang. v Aktivitas 1. Peserta didik diminta untuk mengamati rumus cara menghitug dan memilih keliling dan luas persegipanjang 2. Peserta didik diminta untuk mengamati pola soal yang disajikan oleh guru perihal cara menghitung dan memilih keliling dan luas persegi panjang 3. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal yang disajikan oleh guru menyerupai berikut! · Suatu persegi panjang mempunyai keliling = 44 cm dan lebar = 10 cm, Berapa luas persegi panjang tersebut ? · Suatu persegi panjang mempunyai keliling = 66 cm dan lebar = 20 cm, Berapa luas persegi panjang tersebut ? v Mempraktikan v Mendiskusikan(4C: Collaboration) v Saling Tukar Informasi (4C: Collaboration) Saling tukar informasi perihal menghitung keliling dan luas Persegipanjangdengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan 1. Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan 2. Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal :menghitung keliling dan luas Persegipanjang. 3. Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan 4. Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. 5. Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal menghitung keliling dan luas Persegipanjang. 6. Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan. 7. Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. 8. Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
| Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF) Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: 1. Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan proteksi pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. 2. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai menghitung keliling dan luas Persegipanjang. 3. Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan : menghitung keliling dan luas Persegipanjang.
| | 75 menit |
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) |
|
Kegiatan Penutup Peserta didik : · Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan. · Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan. (HOTS: Reflektif) Guru : · Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek. · Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik · Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan). · Mengagendakan pekerjaan rumah. · Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya. | 15 menit |
3. Pertemuan Ke-3 (3 x 35 menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi 1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual) 2. Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak penerima didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak penerima didikmenyanyikan lagu daerah/nasioal yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis) 3. Memeriksa kehadiran penerima didik. (PPK: Disiplin) 4. Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali aktivitas pembelajaran. Apersepsi 1. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya:menghitung keliling dan luas Persegipanjang. 2. Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 3. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi 1. Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. 2. Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: menghitung keliling segitiga. 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung. 4. Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan 1. Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. 2. Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM/KBM pada pertemuan yang berlangsung. 3. Pembagian kelompok belajar 4. Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit |
Kegiatan Inti Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Orientasi penerima didik kepada masalah | MENGAMATI Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik menghitung keliling segitigadengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v Mengamati Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb yang bekerjasama dengan: v Membaca(Literasi) Dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama denganmenghitung keliling segitiga. v Mendengar Pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan menghitung keliling segitiga. v Menyimak Penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai : menghitung keliling segitiga untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
| Mengorganisasikan penerima didik | MENANYA (4C: CRITICAL THINKING) Guru menawarkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaan perihal : menghitung keliling segitiga yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pemanis perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
| Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI) Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian, v Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi) Mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal menghitung keliling segitiga. v Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration) Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu menghitung keliling segitiga. v Aktivitas 1. Peserta didik diminta untuk mengamati rumung perihal cara menghitung dan memilih keliling segitiga 2. Peserta didik diminta untuk mengamati pola soal yang telah guru sajikan pada aktivitas mengamati 3. Peserta didik diminta untuk mengerjakan beberapa soal yang telah guru sajikan menyerupai berikut! v Mempraktikan v Mendiskusikan(4C: Collaboration) v Saling Tukar Informasi (4C: Collaboration) Saling tukar informasi perihal menghitung keliling segitigadengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
| Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan 1. Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. 2. Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang: menghitung keliling segitiga. 3. Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan 4. Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. 5. Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal menghitung keliling segitiga. 6. Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan. 7. Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. 8. Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
| Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF) Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: 1. Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan proteksi pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. 2. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai menghitung keliling segitiga. 3. Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan : menghitung keliling segitiga. | | 75 menit |
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) |
|
Kegiatan Penutup Peserta didik : · Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan. · Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan. (HOTS: Reflektif) Guru : · Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek. · Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik · Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan). · Mengagendakan pekerjaan rumah. · Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya | 15 menit |
4. Pertemuan Ke-3 (3 x 35 menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi 1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual) 2. Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak penerima didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak penerima didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis). 3. Memeriksa kehadiran penerima didik. (PPK: Disiplin) 4. Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali aktivitas pembelajaran. Apersepsi 1. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya:menghitung keliling segitiga. 2. Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 3. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi 1. Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. 2. Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Menghitung Luas segitiga. 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung. 4. Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan 1. Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. 2. Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM/KBM pada pertemuan yang berlangsung. 3. Pembagian kelompok belajar 4. Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit |
Kegiatan Inti Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Orientasi penerima didik kepada masalah | MENGAMATI Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Menghitung Luas segitigadengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v Mengamati Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb yang bekerjasama dengan:
v Membaca(Literasi) Dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama denganMenghitung Luas segitiga. v Mendengar Pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Menghitung Luas segitiga. v Menyimak, Penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai : Menghitung Luas segitiga untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan penerima didik | MENANYA (4C: CRITICAL THINKING) Guru menawarkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaan perihal : Menghitung Luas segitiga yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pemanis perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
| Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI) Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian, v Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi) mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal Menghitung Luas segitiga. v Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration) Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Menghitung Luas segitiga. v Aktivitas 1. Peserta didik diminta untuk mengamati rumus cara menghitung dan memilih luas segitiga 2. Peserta didik diminta untuk mengamati pola soal cara menghitung dan memilih luas segitiga pada aktivitas mengamati 3. Peserta didik diminta untuk mengerjakan beberapa pola soal menyerupai berikut! v Mempraktikan v Mendiskusikan(4C: Collaboration) v Saling tukar informasi (4C: Communication) Saling tukar informasi tentangMenghitung Luas segitigadengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
| Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan 1. Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. 2. Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang: Menghitung Luas segitiga. 3. Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan 4. Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. 5. Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal Menghitung Luas segitiga. 6. Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan. 7. Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. 8. Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
| Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF) Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: 1. Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan proteksi pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. 2. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Menghitung Luas segitiga. 3. Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan : Menghitung Luas segitiga. | | 75 menit |
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) |
|
Kegiatan Penutup Peserta didik : · Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan. · Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan. (HOTS: Reflektif) Guru : · Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek. · Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik · Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan). · Mengagendakan pekerjaan rumah. · Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya | 15 menit |
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
a) Mempelajari buku teks dan sumber lain perihal materi pokok
b) Menyimak tayangan/demo perihal materi pokok
c) Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Terlampir)
b. Pertemuan Kedua (Terlampir)
c. Pertemuan Ketiga (Terlampir)
d. Pertemuan Keempat (Terlampir)
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
1) Remedial sanggup diberikan kepada penerima didik yang belum mencapai KKM maupun kepada penerima didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bab : remedial alasannya ialah belum mencapai KKM dan remedial alasannya ialah belum mencapai Kompetensi Dasar
2) Guru memberi semangat kepada penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan menawarkan kiprah bagi penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), contohnya sebagai berikut:
v Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melaksanakan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang diadaptasi contoh: pada dikala jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit sehabis jam pelajaran selesai).
b. Pengayaan
1) Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan penerima didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada penerima didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
2) Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai janji dengan penerima didik.
3) Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya:
v Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah disiapkan oleh guru berupa pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan menawarkan pemanis nilai bagi penerima didik yang berhasil dalam pengayaan.
Mengetahui Ciburahol, 2 Januari 2018
Kepala SDN Ciburahol, Guru Mata Pelajaran,
Jajang Sulaeman, S.Pd. Siti Nurlaelasari, S.Pd.
NIP. 19650817 199501 1006 NIP. 19780517 200801 2001
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rpp Mtk Kurikulum 2013 Kelas 4 Semester 2 Keliling Dan Luas"
Posting Komentar