Rpp Matematika Kurikulum 2013 Kelas 4 Semester 2/Genap

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)


Satuan Pendidikan      : SDN 1 SRATI
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas /Semester          : IV /Genap
Tahun Pelajaran         : 2017/2018
Materi Pokok              : Pembulatan Bilangan
Alokasi Waktu            : 12 JP (4 Pertemuan)

A.  Tujuan Pembelajaran
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan akseptor didik diharapkan sanggup
1.    Mengetahui cara pembulatan bilangan pecahan
2.    Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan pembulatan
3.    Menyajikan penyelesaian permasalahan yang melibatkan pembulatan

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.7  Menjelaskan dan melaksanakan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
3.7.1   Menganalisis dan menjumlahkan Pembulatan Bilangan
3.7.2   Manganalisis cara Pembulatan Bilangan ke Satuan Terdekat
3.7.3   Menganalis cara Pembulatan Bilangan ke Puluhan Terdekat
3.7.4   Menganalisis cara Membulatkan Bilangan ke dalam Ratusan Terdekat
4.7  Menyelesaikan duduk kasus pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
4.7.1   Menyediakan penyelesaian duduk kasus pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat kesatuan terdekat

C.  Materi Pembelajaran
1.    Fakta
Pembulatan Bilangan
2.    Konsep
a.    Pembulatan bilangan satuan terdekat.
Contoh:
1,3 dibulatkan menjadi 1
3,6 dibulatkan menjadi 4
b.    Pembulatan bilangan puluhan terdekat.
Contoh:
47 dibulatkan menjadi 50
72 dibulatkan menjadi 70
3.    Prinsip
Menjelaskan dan melaksanakan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
4.    Prosedur
a.    Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan pembulatan
b.    Menyajikan penyelesaian permasalahan yang melibatkan pembulatan

D.  Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan                     :  Scientific Learning
2.    Model Pembelajaran       :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

E.   Media Pembelajaran
1.    Media LCD projector,
2.    Laptop,
3.    Bahan Tayang

F.   Sumber Belajar
1.    Buku Mata PelajaranMatematika Kelas IV SD Kurikulum 2013
2.    Modul/bahan ajar
3.    Internet
4.    Sumber lain yang relevan

G.  Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 (3 x 35 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran. (PPK: Religius)
2.    Memeriksa kehadiran akseptor didik. (PPK: Disiplin)
3.    Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
1.    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
2.    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
3.    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1.    Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2.    Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Aturan pembulatan bilangan.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung.
4.    Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
1.    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
2.    Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM/KBM pada pertemuan yang  berlangsung.
3.    Pembagian kelompok belajar
4.    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi akseptor didik kepada masalah
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Aturan pembulatan bilangandengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini:Aturan pembulatan bilangan.
v  Mengamati
Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan:

v  Membaca(Literasi)
Dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi denganAturan pembulatan bilangan.
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan denganAturan pembulatan bilangan.
v  Menyimak
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran  mengenai Aturan pembulatan bilanganuntuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Mengorganisasikan akseptor didik
MENANYA (4C: CRITICAL THINKING)
Guru menunjukkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan wacana Aturan pembulatan bilangan
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi aksesori wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi)
Mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel wacana Aturan pembulatan bilangan.
v  Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration)
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaituAturan pembulatan bilangan.
v  Aktivitas
1.    Peserta didik diminta untuk mengamati Aturan pembulatan bilangan pada aktivitas mengamati.
2.    Peserta didik diminta untuk bertanya wacana Aturan pembulatan bilangan pada aktivitas menanya.
3.    Peserta didik diminta untuk menganalisis Aturan pembulatan bilangan.
v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan(4C: Collaboration)
v  Saling Tukar Informasi (4C: Collaboration)
Saling tukar informasi tentangAturan pembulatan bilangandengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan :
1.    Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
2.    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana :Aturan pembulatan bilangan.
3.    Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
4.    Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
5.    Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana Aturan pembulatan bilangan.
6.    Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
7.    Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
8.    Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)
Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
1.    Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan pemberian pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
2.    Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Aturan pembulatan bilangan.
3.    Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menunjukan : Aturan pembulatan bilangan.

75
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
·      Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan.(HOTS: Reflektif)
Guru :
·      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·      Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
·      Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
·      Mengagendakan pekerjaan rumah.
·      Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
15
menit

2. Pertemuan Ke-2 (3 x 35 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual)
2.    Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak akseptor didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak akseptor didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis)
3.    Memeriksa kehadiran akseptor didik. (PPK: Displin)
4.    Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
1.    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: Aturan pembulatan bilangan.
2.    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
3.    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1.    Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2.    Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Pembulatan Bilangan ke Satuan Terdekat.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung.
4.    Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
1.    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
2.    Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM/KBM pada pertemuan yang berlangsung.
3.    Pembagian kelompok belajar.
4.    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi akseptor didik kepada masalah
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Pembulatan Bilangan ke Satuan Terdekatdengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini: Pembulatan Bilangan ke Satuan Terdekat.
v  Mengamati
Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan:
ª 

v  Membaca(Literasi)
Dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi denganPembulatan Bilangan ke Satuan Terdekat.
v  Mendengar
Pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Pembulatan Bilangan ke Satuan Terdekat.
v  Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran  mengenai : Pembulatan Bilangan ke Satuan Terdekatuntuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Mengorganisasikan akseptor didik
MENANYA (4C: CRITICAL THINKING)
Guru menunjukkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan wacana : Pembulatan Bilangan ke Satuan Terdekatyang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi aksesori wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi)
Mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel wacana Pembulatan Bilangan ke Satuan Terdekat.
v Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration)
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaituPembulatan Bilangan ke Satuan Terdekat.
v Aktivitas
1.    Peserta didik diminta untuk mengamati Pembulatan Bilangan ke Satuan Terdekat pada aktivitas mengamati
2.    Peserta didik diminta untuk mengamati pola Pembulatan Bilangan ke Satuan Terdekat
3.    Peserta didik diminta mengerjakan soal yang telah guru sajikan!
v Mempraktikan
v Mendiskusikan(4C: Collaboration)
v Saling Tukar Informasi (4C: Collaboration)
Saling tukar informasi wacana Pembulatan Bilangan ke Satuan Terdekatdengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1.    Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
2.    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana :Pembulatan Bilangan ke Satuan Terdekat.
3.    Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
4.    Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
5.    Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana Pembulatan Bilangan ke Satuan Terdekat.
6.    Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
7.    Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
8.    Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Menganalisa &mengevaluasi proses pemecahan masalah
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)
Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
1.    Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan pemberian pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
2.    Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Pembulatan Bilangan ke Satuan Terdekat.
3.    Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menunjukan : Pembulatan Bilangan ke Satuan Terdekat.

75
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
1.    Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
2.    Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan. (HOTS: Reflektif)
Guru :
1.    Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
2.    Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
3.    Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
4.    Mengagendakan pekerjaan rumah.
5.    Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
15
menit

3. Pertemuan Ke-3 (3 x 35 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual)
2.    Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak akseptor didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak akseptor didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis)
3.    Memeriksa kehadiran akseptor didik. (PPK: Disiplin)
4.    Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
1.    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: Pembulatan Bilangan ke Satuan Terdekat.
2.    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
3.    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1.    Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2.    Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Pembulatan Bilangan ke Puluhan Terdekat.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
4.    Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
1.    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
2.    Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung.
3.    Pembagian kelompok belajar.
4.    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi akseptor didik kepada masalah
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Pembulatan Bilangan ke Puluhan Terdekatdengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini: Pembulatan Bilangan ke Puluhan Terdekat.
v Mengamati
Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan:
ª 

v Membaca(Literasi)
Dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi denganPembulatan Bilangan ke Puluhan Terdekat.
v Mendengar
Pemberian materi oleh guru yang berkaitan denganPembulatan Bilangan ke Puluhan Terdekat.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran  mengenai : Pembulatan Bilangan ke Puluhan Terdekatuntuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Mengorganisasikan akseptor didik
MENANYA (4C: CRITICAL THINKING)
Guru menunjukkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan wacana : Pembulatan Bilangan ke Puluhan Terdekatyang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi aksesori wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi)
Mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel wacana Pembulatan Bilangan ke Puluhan Terdekat.
v Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration)
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok adalah Pembulatan Bilangan ke Puluhan Terdekat.
v Aktivitas
1.    Peserta didik diminta untuk mengamati klarifikasi wacana Pembulatan Bilangan ke Puluhan Terdekat
2.    Peserta didik diminta untuk mengamati pola Pembulatan Bilangan ke Puluhan Terdekat
3.    Peserta didik diminta untuk mengisis beberapa soal yang telah guru sediakan


v Mempraktikan
v Mendiskusikan(4C: Collaboration)
v Saling Tukar Informasi (4C: Collaboration)
Saling tukar informasi wacana Pembulatan Bilangan ke Puluhan Terdekatdengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1.     Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
2.     Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang: Pembulatan Bilangan ke Puluhan Terdekat.
3.     Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
4.     Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik laindiberi kesempatan untuk menjawabnya.
5.     Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana Pembulatan Bilangan ke Puluhan Terdekat.
6.     Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
7.     Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
8.     Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)
Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
1.     Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan pemberian pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
2.     Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Pembulatan Bilangan ke Puluhan Terdekat.
3.     Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menunjukan : Pembulatan Bilangan ke Puluhan Terdekat.

75
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
·      Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan.(HOTS: Reflektif)
Guru :
·      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·      Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
·      Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
·      Mengagendakan pekerjaan rumah.
·      Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

15
menit

4. Pertemuan Ke-3 (3 x 35 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual)
2.    Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak akseptor didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak akseptor didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis)
3.    Memeriksa kehadiran akseptor didik. (PPK: Disiplin)
4.    Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
1.    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: Pembulatan Bilangan ke Puluhan Terdekat.
2.    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
3.    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1.    Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2.    Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Membulatkan Bilangan ke dalam Ratusan Terdekat.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
4.    Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
1.    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
2.    Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
3.    Pembagian kelompok belajar
4.    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi akseptor didik kepada masalah
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Sifat Asosiatif (Pengelompokan) pada Perkaliandengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini: Membulatkan Bilangan ke dalam Ratusan Terdekat.
v Mengamati
Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan:

v  Membaca(Literasi)
Dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi denganMembulatkan Bilangan ke dalam Ratusan Terdekat.
v  Mendengar
Pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Membulatkan Bilangan ke dalam Ratusan Terdekat.
v  Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran  mengenai : Membulatkan Bilangan ke dalam Ratusan Terdekatuntuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Mengorganisasikan akseptor didik
MENANYA (4C: CRITICAL THINKING)
Guru menunjukkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan wacana : Membulatkan Bilangan ke dalam Ratusan Terdekatyang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi aksesori wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi)
Mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel wacana
ª  Membulatkan Bilangan ke dalam Ratusan Terdekat
v  Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration)
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok adalah Membulatkan Bilangan ke dalam Ratusan Terdekat.
v  Aktivitas
1.    Peserta didik diminta untuk mengamati cara Membulatkan Bilangan ke dalam Ratusan Terdekat
2.    Peserta didik diminta untuk mengamati pola pembutan Bilangan ke dalam Ratusan Terdekat
3.    Peserta didik diminta untuk mengisis beberapa soal yang telah guru sediakan.


v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan(4C: Collaboration)
v  Saling Tukar Informasi (4C: Communication)
Saling tukar informasi tentang  Membulatkan Bilangan ke dalam Ratusan Terdekatdengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1.    Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
2.    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana :Membulatkan Bilangan ke dalam Ratusan Terdekat.
3.    Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
4.    Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
5.    Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana Membulatkan Bilangan ke dalam Ratusan Terdekat.
6.    Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
7.    Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
8.    Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)
Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
1.   Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan pemberian pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
2.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Membulatkan Bilangan ke dalam Ratusan Terdekat.
3.   Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menunjukan : Membulatkan Bilangan ke dalam Ratusan Terdekat.

75
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
·      Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan.(HOTS: Reflektif)
Guru :
·      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·      Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
·      Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
·      Mengagendakan pekerjaan rumah.
·      Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

15
menit

F.      Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.      Teknik Penilaian
a.      Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)      Tes Tertulis
a)      Pilihan ganda
b)      Uraian/esai
2)      Tes Lisan
b.      Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)      Proyek, pengamatan, wawancara
v  Mempelajari buku teks dan sumber lain wacana materi pokok
v  Menyimak tayangan/demo wacana materi pokok
v  Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2)      Portofolio / unjuk kerja
v  Laporan tertulis individu/ kelompok
3)      Produk,
2.      Instrumen Penilaian
a.      Pertemuan Pertama (Terlampir)
b.      Pertemuan Kedua (Terlampir)
c.       Pertemuan Ketiga (Terlampir)
d.      Pertemuan Keempat (Terlampir)

3.      PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a.      Remedial
1)      Remedial sanggup diberikan kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM maupun kepada akseptor didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bab : remedial alasannya belum mencapai KKM dan remedial alasannya belum mencapai Kompetensi Dasar
2)      Guru memberi semangat kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan menunjukkan kiprah bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), contohnya sebagai berikut:
v  Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melaksanakan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang diadaptasi contoh: pada ketika jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit sehabis jam pelajaran selesai).

b.      Pengayaan
1)      Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan akseptor didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada akseptor didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
2)      Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai janji dengan akseptor didik.
3)      Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas contohnya :
v  Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah  disiapkan  oleh  guru  berupa  pertanyaan-pertanyaan  pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan menunjukkan aksesori nilai bagi akseptor didik yang berhasil dalam pengayaan.







Mengetahui                                                    SRATI l, 2 Januari 2018
Kepala SDN Ciburahol,                                       Guru Mata Pelajaran,




Jajang Sulaeman, S.Pd.                                     Siti Nurlaelasari, S.Pd.
NIP. 19650817 199501 1006                              NIP. 19780517 200801 2001



Sumber http://aqdaffa.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rpp Matematika Kurikulum 2013 Kelas 4 Semester 2/Genap"

Posting Komentar