Rpp Matematika Kurikulum 2013 Kelas 4 Semster 2 Segi Banyak Beraturan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)

Satuan Pendidikan      : SDN 1 SRATI
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas /Semester          : IV /Genap
Tahun Pelajaran         : 2017/2018
Materi Pokok              : Segi banyak beraturan dan tidak beraturan
Alokasi Waktu            : 12 JP (4 Pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan akseptor didik diharapkan sanggup
ª  Memahami pengertian wacana segi banyak beraturan dan tidak beraturan
ª  Menghitung luas dan keliling segi banyak beraturan dan tidak beraturan
ª  Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan segi banyak
ª  Menyajikan penyelesaian permasalahan yang melibatkan segi banyak

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.8  Menganalisis segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan
3.8.1   Menjelaskan pengertian wacana segi banyak beraturan dan tidak beraturan
3.8.2   Menggambarkan segi banyak beraturan dan tidak  beraturan
3.8.3   Menghitung luas dan keliling segi banyak beraturan dan tidak beraturan
4.8  Mengidentifikasi segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan
4.8.1   Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan segi banyak
4.8.2   Menyajikan penyelesaian permasalahan yang melibatkan segi banyak

C.  Materi Pembelajaran
1.    Fakta:
Segi banyak beraturan dan tidak beraturan
2.    Konsep
Segi banyak beraturan ialah berdiri datar yang semua sisinya sama panjang
3.    Prinsip
Namun secara spesifik/khusus segi banyak umumnya dimulai dari  segi-5. Dengan demikian untuk segitiga, yang disebut segitiga beraturan ialah seitiga samasisi, segiempat yang disebut segiempat beraturan ialah persegi/bujur sangkar.
4.    Prosedur
a.    Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan segi banyak
b.    Menyajikan penyelesaian permasalahan yang melibatkan segi banyak

D.  Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan                     :  Scientific Learning
2.    Model Pembelajaran       :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

E.   Media Pembelajaran
1.    Media LCD projector,
2.    Laptop,
3.    Bahan Tayang

F.   Sumber Belajar
1.    Buku Mata PelajaranMatematika Kelas IV SD Kurikulum 2013
2.    Modul/bahan ajar
3.    Internet
4.    Sumber lain yang relevan

G.  Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 (3 x 35 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran. (PPK: Religius)
2.    Memeriksa kehadiran akseptor didik. (PPK: Disiplin)
3.    Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
1.    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
2.    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
3.    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1.    Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2.    Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Segi banyak beraturan.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung.
4.    Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
1.    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
2.    Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM/KBM pada pertemuan yang berlangsung.
3.    Pembagian kelompok belajar.
4.    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi akseptor didik kepada masalah
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Segi banyak beraturandengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v  Mengamati
Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan:

v  Membaca(Literasi)
Dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi denganSegi banyak beraturan.
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Segi banyak beraturan.
v  Menyimak
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran  mengenai : Segi banyak beraturan
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan akseptor didik
MENANYA (4C: CRITICAL THINKING)
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaantentang :Segi banyak beraturanyang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi embel-embel wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi)
Mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel wacana Segi banyak beraturan.
v  Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration)
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu: Segi banyak beraturan.
v  Aktivitas
1.   Peserta didik diminta untuk mengamati pengertian wacana segi banyak beraturan.
2.   Peserta didik diminta untuk bertanya wacana segi banyak beraturan.
3.   Peserta didik diminta untuk mengenal banyak sekali bentuk dari segi banyak beraturan.
v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan(4C: Collaboration)
v  Saling Tukar Informasi (4C: Collaboration)
Saling tukar informasi wacana Segi banyak beraturandengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1.      Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
2.      Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana :Segi banyak beraturan.
3.      Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
4.      Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
5.      Menyimpulkan  wacana point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana Segi banyak beraturan.
6.      Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
7.      Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
8.      Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)
Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
1.      Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan tunjangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
2.      Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Segi banyak beraturan.
3.      Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan : Segi banyak beraturan.

75
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi problem tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
·      Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan.(HOTS: Reflektif)
Guru :
·      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  pribadi diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·      Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
·      Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
·      Mengagendakan pekerjaan rumah.
·      Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
15
menit

2. Pertemuan Ke-2 (3 x 35 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual)
2.    Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak akseptor didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak akseptor didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran.(PPK: Nasionalis)
3.    Memeriksa kehadiran akseptor didik. (PPK: Displin)
4.    Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
1.    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya:Segi banyak beraturan.
2.    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
3.    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1.    Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2.    Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: segi banyak tidak beraturan.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
4.    Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
1.    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
2.    Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM/KBM pada pertemuan yang  berlangsung
3.    Pembagian kelompok belajar
4.    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi akseptor didik kepada masalah
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik segi banyak tidak beraturandengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini

v  Mengamati
Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan:Segi banyak tidak beraturan yaitu segi yang sudut-sudutnya berukuran tidak sama panjang dan sisi-sisinya tidak sama besar,
v  Membaca(Literasi)
Dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengansegi banyak tidak beraturan.
v  Mendengar
Pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan segi banyak tidak beraturan.
v  Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran  mengenaisegi banyak tidak beraturan
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Mengorganisasikan akseptor didik
MENANYA (4C: CRITICAL THINKING)
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaantentang :Segibanyak tidak beraturanyang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi embel-embel wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi)
Mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel wacana segi banyak tidak beraturan.
v  Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration)
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu segi banyak tidak beraturan.
v  Aktivitas
1.    Peserta didik diminta untuk mengamati wacana segi banyak tidak beraturan pada aktivitas mengamati
2.    Peserta didik diminta untuk bertanyatentang segi banyak tidak beraturan.
v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan(4C: Collaboration)
v  Saling Tukar Informasi (4C: Collaboration)
Saling tukar informasi tentang  segi banyak tidak beraturandengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1.    Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
2.    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana :segi banyak tidak beraturan.
3.    Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
4.    Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
5.    Menyimpulkan  wacana point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana segi banyak tidak beraturan.
6.    Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
7.    Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
8.    Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)
Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
1.    Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan tunjangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
2.    Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai segi banyak tidak beraturan.
3.    Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan : segi banyak tidak beraturan.

75
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi problem tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
·      Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan. (HOTS: Reflektif)
Guru :
·      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  pribadi diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·      Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
·      Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
·      Mengagendakan pekerjaan rumah.
·      Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

15
menit

3. Pertemuan Ke-3 (3 x 35 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual)
2.    Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak akseptor didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak akseptor didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran.(PPK: Nasionalis)
3.    Memeriksa kehadiran akseptor didik. (PPK: Disiplin)
4.    Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
1.    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya:segi banyak tidak beraturan.
2.    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
3.    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1.    Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2.    Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: menggambar segi banyak beraturan dan tidak beraturan.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung.
4.    Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
1.    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
2.    Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung.
3.    Pembagian kelompok belajar.
4.    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi akseptor didik kepada masalah
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik menggambar segi banyak beraturan dan tidak beraturandengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut inimenggambar segi banyak beraturan dan tidak beraturan.
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan:menggambar segi banyak beraturan dan tidak beraturan.
v  Membaca(Literasi)
Dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi denganmenggambar segi banyak beraturan dan tidak beraturan.
v  Mendengar
Pemberian materi oleh guru yang berkaitan denganmenggambar segi banyak beraturan dan tidak beraturan.
v  Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran  mengenai : menggambar segi banyak beraturan dan tidak beraturan
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Mengorganisasikan akseptor didik
MENANYA (4C: CRITICAL THINKING)
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan wacana : menggambar segi banyak beraturan dan tidak beraturanyang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi embel-embel wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks(Literasi)
Mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel wacana menggambar segi banyak beraturan dan tidak beraturan.
v  Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration)
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitumenggambar segi banyak beraturan dan tidak beraturan.
v  Aktivitas
1.      Peserta didik diminta untuk mambuat kelompok masing2 terdiri dari 5/6 orang.
2.      Peserta didik diminta untuk menciptakan gambar segi banyak beraturan dan tidak beraturan.
v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan(4C: Collaboration)
v  Saling Tukar Informasi (4C: Collaboration)
Saling tukar informasi wacana menggambar segi banyak beraturan dan tidak beraturandengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1.    Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
2.    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana :menggambar segi banyak beraturan dan tidak beraturan.
3.    Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
4.    Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
5.    Menyimpulkan  wacana point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana menggambar segi banyak beraturan dan tidak beraturan.
6.    Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
7.    Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
8.    Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)
Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
1.   Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan tunjangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
2.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai menggambar segi banyak beraturan dan tidak beraturan.
3.   Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan : menggambar segi banyak beraturan dan tidak beraturan.

75
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi problem tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
·      Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan.(HOTS: Reflektif)
Guru :
·      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  pribadi diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·      Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
·      Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
·      Mengagendakan pekerjaan rumah.
·      Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
15
menit

4. Pertemuan Ke-3 (3 x 35 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual)
2.    Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak akseptor didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak akseptor didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran.(PPK: Nasionalis)
3.    Memeriksa kehadiran akseptor didik. (PPK: Disiplin)
4.    Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
1.    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: menggambar segi banyak beraturan dan tidak beraturan.
2.    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
3.    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1.    Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2.    Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: menghitung luas segi banyak.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung.
4.    Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
1.    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
2.    Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM/KBM pada pertemuan yang berlangsung.
3.    Pembagian kelompok belajar
4.    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi akseptor didik kepada masalah
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik menghitung luas segi banyakdengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut inimenghitung luas segi banyak.
v  Mengamati
Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan:
v  Membaca(Literasi)
Dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi denganmenghitung luas segi banyak.
v  Mendengar
Pemberian materi oleh guru yang berkaitan denganmenghitung luas segi banyak.
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran  mengenai : menghitung luas segi banyakuntuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Mengorganisasikan akseptor didik
MENANYA (4C: CRITICAL THINKING)
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan wacana : menghitung luas segi banyak
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi embel-embel wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi)
Mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel wacana menghitung luas segi banyak.
v  Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration)
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitumenghitung luas segi banyak.
v  Aktivitas
1.    Peserta didik diminta untuk mengamati cara menghitung luas segi banyak
2.    Peserta didik diminta untuk mengamati pola menghitung luas segi banyak
3.    Peserta didik diminta untuk mengejakan soal yang telah guru sajikan
v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan(4C: Collaboration)
v  Saling Tukar Informasi(4C: Communication)
Saling tukar informasi tentangmenghitung luas segi banyakdengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1.    Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
2.    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana :menghitung luas segi banyak.
3.    Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
4.    Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
5.    Menyimpulkan  wacana point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana menghitung luas segi banyak.
6.    Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
7.    Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
8.    Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)
Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
1.    Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan tunjangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
2.    Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai menghitung luas segi banyak.
3.    Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan : menghitung luas segi banyak.
75
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi problem tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
·      Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan. (HOTS: Reflektif)
Guru :
·      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  pribadi diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·      Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
·      Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
·      Mengagendakan pekerjaan rumah.
·      Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit

F.   Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.    Teknik Penilaian
a.    Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)   Tes Tertulis
a)    Pilihan ganda
b)   Uraian/esai
2)   Tes Lisan
b.    Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)   Proyek, pengamatan, wawancara
a)    Mempelajari buku teks dan sumber lain wacana materi pokok
b)   Menyimak tayangan/demo wacana materi pokok
c)    Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2)   Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3)   Produk

2.    Instrumen Penilaian
a.    Pertemuan Pertama (Terlampir)
b.    Pertemuan Kedua (Terlampir)
c.    Pertemuan Ketiga (Terlampir)
d.    Pertemuan Keempat (Terlampir)

3.    PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a.    Remedial
1)   Remedial sanggup diberikan kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM maupun kepada akseptor didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bab : remedial alasannya belum mencapai KKM dan remedial alasannya belum mencapai Kompetensi Dasar
2)   Guru memberi semangat kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memperlihatkan kiprah bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), contohnya sebagai berikut:
Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melaksanakan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang diubahsuaikan contoh: pada ketika jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit sehabis jam pelajaran selesai).

b.    Pengayaan
1)   Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan akseptor didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada akseptor didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
2)   Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai akad dengan akseptor didik.
3)   Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya:
Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah  disiapkan  oleh  guru  berupa  pertanyaan-pertanyaan  pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan memperlihatkan embel-embel nilai bagi akseptor didik yang berhasil dalam pengayaan.





Mengetahui                                                         SARATI , 2 Januari 2018
Kepala SDN 1 SRATI                                      Guru Mata Pelajaran,




Jajang Sulaeman, S.Pd.                                     Siti Nurlaelasari, S.Pd.
NIP. 19650817 199501 1006                              NIP. 19780517 200801 2001


Sumber http://aqdaffa.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rpp Matematika Kurikulum 2013 Kelas 4 Semster 2 Segi Banyak Beraturan"

Posting Komentar