| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Satuan Pendidikan : SDN 1 SRATI
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Semester : IV /Genap
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Materi Pokok : Pembulatan Bilangan
Alokasi Waktu : 12 JP (4 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan akseptor didik diharapkan sanggup
1. Mengetahui cara pembulatan bilangan pecahan
2. Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan pembulatan
3. Menyajikan penyelesaian permasalahan yang melibatkan pembulatan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.7 Menjelaskan dan melaksanakan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat | 3.7.1 Menganalisis dan menjumlahkan Pembulatan Bilangan 3.7.2 Manganalisis cara Pembulatan Bilangan ke Satuan Terdekat 3.7.3 Menganalis cara Pembulatan Bilangan ke Puluhan Terdekat 3.7.4 Menganalisis cara Membulatkan Bilangan ke dalam Ratusan Terdekat |
4.7 Menyelesaikan duduk kasus pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat | 4.7.1 Menyediakan penyelesaian duduk kasus pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat kesatuan terdekat |
C. Materi Pembelajaran
1. Fakta
Pembulatan Bilangan
2. Konsep
a. Pembulatan bilangan satuan terdekat.
Contoh:
1,3 dibulatkan menjadi 1
3,6 dibulatkan menjadi 4
b. Pembulatan bilangan puluhan terdekat.
Contoh:
47 dibulatkan menjadi 50
72 dibulatkan menjadi 70
3. Prinsip
Menjelaskan dan melaksanakan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
4. Prosedur
a. Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan pembulatan
b. Menyajikan penyelesaian permasalahan yang melibatkan pembulatan
D. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
E. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
F. Sumber Belajar
1. Buku Mata PelajaranMatematika Kelas IV SD Kurikulum 2013
2. Modul/bahan ajar
3. Internet
4. Sumber lain yang relevan
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 (3 x 35 menit ) | Waktu | ||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi 1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran. (PPK: Religius) 2. Memeriksa kehadiran akseptor didik. (PPK: Disiplin) 3. Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali aktivitas pembelajaran. Apersepsi 1. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, 2. Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 3. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi 1. Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. 2. Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Aturan pembulatan bilangan. 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung. 4. Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan 1. Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. 2. Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM/KBM pada pertemuan yang berlangsung. 3. Pembagian kelompok belajar 4. Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit | ||||||||||||
Kegiatan Inti
| 75 menit | ||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) | | ||||||||||||
Kegiatan Penutup Peserta didik : · Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan. · Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan.(HOTS: Reflektif) Guru : · Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek. · Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik · Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan). · Mengagendakan pekerjaan rumah. · Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya. | 15 menit |
2. Pertemuan Ke-2 (3 x 35 menit ) | Waktu | ||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi 1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual) 2. Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak akseptor didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak akseptor didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis) 3. Memeriksa kehadiran akseptor didik. (PPK: Displin) 4. Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali aktivitas pembelajaran. Apersepsi 1. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: Aturan pembulatan bilangan. 2. Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 3. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi 1. Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. 2. Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Pembulatan Bilangan ke Satuan Terdekat. 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung. 4. Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan 1. Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. 2. Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM/KBM pada pertemuan yang berlangsung. 3. Pembagian kelompok belajar. 4. Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit | ||||||||||||
Kegiatan Inti
| 75 menit | ||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) | | ||||||||||||
Kegiatan Penutup Peserta didik : 1. Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan. 2. Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan. (HOTS: Reflektif) Guru : 1. Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek. 2. Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik 3. Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan). 4. Mengagendakan pekerjaan rumah. 5. Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya. | 15 menit |
3. Pertemuan Ke-3 (3 x 35 menit ) | Waktu | ||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi 1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual) 2. Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak akseptor didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak akseptor didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis) 3. Memeriksa kehadiran akseptor didik. (PPK: Disiplin) 4. Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali aktivitas pembelajaran. Apersepsi 1. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: Pembulatan Bilangan ke Satuan Terdekat. 2. Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 3. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi 1. Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. 2. Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Pembulatan Bilangan ke Puluhan Terdekat. 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung 4. Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan 1. Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. 2. Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung. 3. Pembagian kelompok belajar. 4. Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit | ||||||||||||
Kegiatan Inti
| 75 menit | ||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) | | ||||||||||||
Kegiatan Penutup Peserta didik : · Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan. · Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan.(HOTS: Reflektif) Guru : · Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek. · Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik · Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan). · Mengagendakan pekerjaan rumah. · Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya. | 15 menit |
4. Pertemuan Ke-3 (3 x 35 menit ) | Waktu | ||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi 1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual) 2. Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak akseptor didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak akseptor didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis) 3. Memeriksa kehadiran akseptor didik. (PPK: Disiplin) 4. Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali aktivitas pembelajaran. Apersepsi 1. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: Pembulatan Bilangan ke Puluhan Terdekat. 2. Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 3. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi 1. Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. 2. Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Membulatkan Bilangan ke dalam Ratusan Terdekat. 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung 4. Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan 1. Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. 2. Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung 3. Pembagian kelompok belajar 4. Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit | ||||||||||||
Kegiatan Inti
| 75 menit | ||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) | | ||||||||||||
Kegiatan Penutup Peserta didik : · Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan. · Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan.(HOTS: Reflektif) Guru : · Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek. · Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik · Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan). · Mengagendakan pekerjaan rumah. · Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya. | 15 menit |
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
v Mempelajari buku teks dan sumber lain wacana materi pokok
v Menyimak tayangan/demo wacana materi pokok
v Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
v Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Terlampir)
b. Pertemuan Kedua (Terlampir)
c. Pertemuan Ketiga (Terlampir)
d. Pertemuan Keempat (Terlampir)
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
1) Remedial sanggup diberikan kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM maupun kepada akseptor didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bab : remedial alasannya belum mencapai KKM dan remedial alasannya belum mencapai Kompetensi Dasar
2) Guru memberi semangat kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memperlihatkan kiprah bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), contohnya sebagai berikut:
v Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melaksanakan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang diubahsuaikan contoh: pada ketika jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit sehabis jam pelajaran selesai).
b. Pengayaan
1) Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan akseptor didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada akseptor didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
2) Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai janji dengan akseptor didik.
3) Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas contohnya :
v Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah disiapkan oleh guru berupa pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan memperlihatkan perhiasan nilai bagi akseptor didik yang berhasil dalam pengayaan.
Mengetahui Ciburahol, 2 Januari 2018
Kepala SDN Ciburahol, Guru Mata Pelajaran,
Jajang Sulaeman, S.Pd. Siti Nurlaelasari, S.Pd.
NIP. NIP.
Penilaian Sikap
Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Semester : IV /Genap
Tahun Pelajaran : 20../20..
No | Nama Peserta Didik | AKTIVITAS | |||||||||||||||
Kerjasama | Keaktifan | Partisipasi | Inisiatif | ||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
| | | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | | |
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58Related Posts :
Revolusi Mental: Pengertian| Tujuan Dan Misalnya | Murid Kreatif Revolusi Mental: Pengertian , Tujuan dan Contohnya - Revolusi mental sudah banyak disebut – sebut oleh Pak Jokowi (Presiden… Read More...
Quest Jogress Alphamon Ouryuuken Mode Bahasa Indonesia Digimon Master Online | Murid KreatifQuest JOGRESS ALPHAMON OURYUKEN MODE Bahasa Indonesia Digimon Master Online Syarat : - Tamer Lv. 55 (GDMO) 70 (KDMO) - Dorumon (Raptordram… Read More...
Neko Para Vol.1 Soleil Kaiten Shimashita! | Murid Kreatif Title: Neko Para Vol.1 Soleil Kaiten Shimashita!Original title: ネコぱら Vol.1 ソレイユ開店しました!Length: Short (2 - 10 ho… Read More...
Cara Merender Video Menjadi Format Mp4 Di Sony Vegas Pro 11.0 | Murid Kreatif CARA MERENDER VIDEO MENJADI FORMAT MP4 DI SONY VEGAS PRO 11.0 Render itu sangat penting dalam video editing , ini layaknya&… Read More...
Neko Para Vol.1 Soleil Kaiten Shimashita! | Murid Kreatif Title: Neko Para Vol.1 Soleil Kaiten Shimashita!Original title: ネコぱら Vol.1 ソレイユ開店しました!Length: Short (2 - 10 ho… Read More...
0 Response to "Rpp Matematika Kurikulum 2013 Kelas 4 Semester Genap Pembulatan Bilangan"
Posting Komentar