Rpp Matematika Kurikulum 2013 Kelas 4 Semester Genap Relasi Antar Garis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)


Satuan Pendidikan     : SDN 1 SRATI
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas /Semester          : IV /Genap
Tahun Pelajaran         : 2017/2018
Materi Pokok              : Hubungan Antar Garis
Alokasi Waktu            : 12 JP (4 Pertemuan)

A.  Tujuan Pembelajaran
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan penerima didik diharapkan sanggup
1.    Mengidentifikasi rusuk-rusuk sejajar, rusuk-rusuk yang berpotongan dan berhimpit
2.    Menggambar garis-garis sejajar, berpotongan, dan berhimpit

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.10     Menjelaskan kekerabatan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) memakai model konkret
3.10.1    Menganalisis kekerabatan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit)
3.10.2    Menganalisis sifat-sifat garis-garis sejajar, garis-garis berpotongan dan berhimpit
3.10.3    Menentukan kekerabatan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit)
4.10     Mengidentifikasi kekerabatan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) memakai model konkret
4.10.1    Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan kekerabatan antar garis (sejajar, berpotongan, dan berhimpit)
4.10.2    Menyajikan penyelesaian permasalahan yang melibatkan kekerabatan antar garis (sejajar, berpotongan, dan berhimpit)

C.     Materi Pembelajaran
1.      Fakta:
Contoh – referensi kekerabatan antar garis pada kerangka kubus atau balok, untuk mengidentifikasi rusuk-rusuk sejajar, rusuk-rusuk yang berpotongan dan berhimpit
2.      Konsep
Hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit)
3.      Prinsip
Mengidentifikasi kekerabatan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) memakai model konkret
4.      Prosedur
1.    Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan kekerabatan antar garis (sejajar, berpotongan, dan berhimpit)
2.    Menyajikan penyelesaian permasalahan yang melibatkan kekerabatan antar garis (sejajar, berpotongan, dan berhimpit)

D.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                  :  Scientific Learning
2.      Model Pembelajaran    :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

E.     Media Pembelajaran
1.      Media LCD projector,
2.      Laptop,
3.      Bahan Tayang

F.      Sumber Belajar
1.      Buku Mata PelajaranMatematika Kelas IV SD Kurikulum 2013
2.      Modul/bahan ajar
3.      Internet
4.      Sumber lain yang relevan

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 (3 x 35 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran. (PPK: Religius)
2.    Memeriksa kehadiran penerima didik. (PPK: Disiplin)
3.    Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
1.    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
2.    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
3.    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1.    Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2.    Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Hubungan antar garis.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung.
4.    Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
1.    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
2.    Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM/KBM pada pertemuan yang berlangsung.
3.    Pembagian kelompok belajar
4.    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi penerima didik kepada masalah
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Hubungan antar garisdengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut iniHubungan antar garis.
v  Mengamati
Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan:Hubungan antar garis.
v  Membaca(Literasi)
Dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi denganHubungan antar garis.
v  Mendengar
Pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Hubungan antar garis.
v  Menyimak,
Penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran  mengenai : Hubungan antar garisuntuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Mengorganisasikan penerima didik
MENANYA (4C: CRITICAL THINKING)
Guru memperlihatkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan wacana : Hubungan antar garis
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi komplemen wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk berbagi kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi)
Mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel wacana Hubungan antar garis.
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yakni Hubungan antar garis.
v  Aktivitas
1.    Peserta didik diminta mengamati materi yang telah guru sajikan wacana kekerabatan antar garis
2.    Peserta didik diminta untuk bertanya wacana Hubungan antar garis
v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan(4C: Collaboration)
v  Saling Tukar Informasi (4C: Collaboration)
Saling tukar informasi tentangHubungan antar garisdengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk berbagi sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, berbagi kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1.    Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk berbagi sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
2.    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana :Hubungan antar garis.
3.    Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
4.    Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
5.    Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana Hubungan antar garis.
6.    Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
7.    Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
8.    Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)
Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
1.   Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan proteksi pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
2.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Hubungan antar garis.
3.   Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk berbagi sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan : Hubungan antar garis.
75
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi persoalan tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
·      Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan. (HOTS: Reflektif)
Guru :
·      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·      Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
·      Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
·      Mengagendakan pekerjaan rumah.
·      Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
15
menit

2. Pertemuan Ke-2 (3 x 35 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual)
2.    Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak penerima didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak penerima didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis)
3.    Memeriksa kehadiran penerima didik. (PPK: Displin)
4.    Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
1.    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: Hubungan antar garis.
2.    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
3.    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1.    Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2.    Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Garis sejajar.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung.
4.    Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
1.    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
2.    Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM/KBM pada pertemuan yang berlangsung.
3.    Pembagian kelompok belajar
4.    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi penerima didik kepada masalah
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Garis sejajardengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini Garis sejajar.
v  Mengamati
Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan:

v  Membaca(Literasi)
Dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi denganGaris sejajar.
v  Mendengar
Pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Garis sejajar.
v  Menyimak
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran  mengenai : Garis sejajaruntuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Mengorganisasikan penerima didik
MENANYA (4C: CRITICAL THINKING)
Guru memperlihatkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaantentang :Garis sejajaryang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi komplemen wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk berbagi kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi)
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel wacana Garis sejajar.
v  Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration)
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yakni Garis sejajar.
v  Aktivitas
1.    Peserta didik diminta untuk mengamati Garis sejajar pada aktivitas mengamati.
2.    Peserta didik diminta untuk mengamati sifat-sifat Garis sejajar pada aktivitas mengamati.
3.    Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal yang telah guru sediakan.
v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan(4C: Collaboration)
v  Saling tukar informasi (4C: Collaboration)
Saling tukar informasi tentangGaris sejajardengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk berbagi sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, berbagi kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1.   Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk berbagi sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
2.   Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana :Garis sejajar.
3.   Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
4.   Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
5.   Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana Garis sejajar.
6.   Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
7.   Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
8.   Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Menganalisa &mengevaluasi proses pemecahan masalah
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)
Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
1.   Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan proteksi pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
2.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Garis sejajar.
3.   Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk berbagi sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan : Garis sejajar.

75
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi persoalan tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
·      Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan. (HOTS: Reflektif)
Guru :
·      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·      Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
·      Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
·      Mengagendakan pekerjaan rumah.
·      Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
15
menit

3. Pertemuan Ke-3 (3 x 35 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual)
2.    Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak penerima didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak penerima didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis)
3.    Memeriksa kehadiran penerima didik. (PPK: Disiplin)
4.    Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
1.    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: Garis sejajar
2.    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
3.    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1.    Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2.    Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Garis berpotongan.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
4.    Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
1.    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
2.    Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
3.    Pembagian kelompok belajar
4.    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi penerima didik kepada masalah
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Garis berpotongandengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini Garis berpotongan.
v  Mengamati
Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan:
ª 
ª 

v  Membaca(Literasi)
Dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi denganGaris berpotongan.
v  Mendengar
Pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Garis berpotongan.
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran  mengenai : Garis berpotonganuntuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Mengorganisasikan penerima didik
MENANYA (4C: CRITICAL THINKING)
Guru memperlihatkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaantentang :Garis berpotonganyang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi komplemen wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk berbagi kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi)
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel wacana Garis berpotongan.
v  Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration)
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yakni Garis berpotongan.
v  Aktivitas
1.   Peserta didik diminta untuk mengamati Garis berpotongan pada aktivitas mengamati
2.   Peserta didik diminta untuk mengamati sifat-sifat Garis berpotongan pada aktivitas mengamati
3.   Peserta didik diminta untuk mengerjakan beberapa soal yang telah guru sajikan!
v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan(4C: Collaboration)
v  Saling tukar informasi (4C: Collaboration)
Saling tukar informasi tentangGaris berpotongandengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk berbagi sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, berbagi kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1.     Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk berbagi sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
2.     Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana :Garis berpotongan.
3.     Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
4.     Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
5.     Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana Garis berpotongan.
6.     Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
7.     Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
8.     Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Menganalisa &mengevaluasi proses pemecahan masalah
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)
Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
1.    Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan proteksi pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
2.    Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Garis berpotongan.
3.    Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk berbagi sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan: Garis berpotongan.

75
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi persoalan tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
·      Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan. (HOTS: Reflektif)
Guru :
·      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·      Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
·      Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
·      Mengagendakan pekerjaan rumah.
·      Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit

4. Pertemuan Ke-3 (3 x 35 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual)
2.    Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak penerima didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak penerima didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis)
3.    Memeriksa kehadiran penerima didik. (PPK: Disiplin)
4.    Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
1.    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: Garis berpotongan.
2.    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
3.    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1.    Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2.    Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Garis berhimpit.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
4.    Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
1.    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
2.    Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
3.    Pembagian kelompok belajar
4.    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi penerima didik kepada masalah
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Garis berhimpitdengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut iniGaris berhimpit.
v  Mengamati
Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan:


v  Membaca(Literasi)
Dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi denganGaris berhimpit.
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan denganGaris berhimpit.
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran  mengenai : Garis berhimpituntuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan penerima didik
MENANYA (4C: CRITICAL THINKING)
Guru memperlihatkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaantentang :Garis berhimpityang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi komplemen wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk berbagi kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi)
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel wacana Garis berhimpit.
v  Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration)
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaituGaris berhimpit.
v  Aktivitas
1.   Peserta didik diminta untuk mengamati Garis berhimpit pada aktivitas mengamati.
2.   Peserta didik diminta untuk mengamati sifat-sifat Garis berhimpit.
3.   Peserta didik diminta untuk mengerjakan beberapa referensi soal.
v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan(4C: Collaboration)
v  Saling Tukar Informasi (4C: Collaboration)
Saling tukar informasi tentangGaris berhimpitdengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk berbagi sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, berbagi kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1.    Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk berbagi sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
2.    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang: Garis berhimpit.
3.    Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
4.    Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
5.    Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana Garis berhimpit.
6.    Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
7.    Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
8.    Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)
Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
1.     Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan proteksi pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
2.     Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Garis berhimpit.
3.     Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk berbagi sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan : Garis berhimpit.
75
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi persoalan tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
·      Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan.(HOTS: Reflektif)
Guru :
·      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·      Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
·      Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
·      Mengagendakan pekerjaan rumah.
·      Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit

F.      Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.      Teknik Penilaian
a.      Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)      Tes Tertulis
a)      Pilihan ganda
b)      Uraian/esai
2)      Tes Lisan
b.      Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)      Proyek, pengamatan, wawancara
a)      Mempelajari buku teks dan sumber lain wacana materi pokok
b)      Menyimak tayangan/demo wacana materi pokok
c)      Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2)      Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3)      Produk

2.      Instrumen Penilaian
a.       Pertemuan Pertama (Terlampir)
b.      Pertemuan Kedua (Terlampir)
c.       Pertemuan Ketiga (Terlampir)
d.      Pertemuan Keempat (Terlampir)

3.      PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a.      Remedial
1)      Remedial sanggup diberikan kepada penerima didik yang belum mencapai KKM maupun kepada penerima didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bab : remedial alasannya belum mencapai KKM dan remedial alasannya belum mencapai Kompetensi Dasar
2)      Guru memberi semangat kepada penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memperlihatkan kiprah bagi penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), contohnya sebagai berikut.
v  Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melaksanakan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang diubahsuaikan contoh: pada dikala jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit sehabis jam pelajaran selesai).

b.      Pengayaan
1)      Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan penerima didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada penerima didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
2)      Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai akad dengan penerima didik.
3)      Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas contohnya
v  Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah  disiapkan  oleh  guru  berupa  pertanyaan-pertanyaan  pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan memperlihatkan komplemen nilai bagi penerima didik yang berhasil dalam pengayaan.





Mengetahui                                                        Srati, 2 Januari 2018
Kepala SDN Ciburahol,                                       Guru Mata Pelajaran,




Jajang Sulaeman, S.Pd.                                     Siti Nurlaelasari, S.Pd.
NIP. 19650817 199501 1006                              NIP. 19780517 200801 2001



Sumber http://aqdaffa.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rpp Matematika Kurikulum 2013 Kelas 4 Semester Genap Relasi Antar Garis"

Posting Komentar