| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Satuan Pendidikan : SDN 1 SRATI
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Semester : IV /Genap
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Materi Pokok : Hubungan Antar Garis
Alokasi Waktu : 12 JP (4 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan penerima didik diharapkan sanggup
1. Mengidentifikasi rusuk-rusuk sejajar, rusuk-rusuk yang berpotongan dan berhimpit
2. Menggambar garis-garis sejajar, berpotongan, dan berhimpit
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.10 Menjelaskan kekerabatan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) memakai model konkret | 3.10.1 Menganalisis kekerabatan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) 3.10.2 Menganalisis sifat-sifat garis-garis sejajar, garis-garis berpotongan dan berhimpit 3.10.3 Menentukan kekerabatan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) |
4.10 Mengidentifikasi kekerabatan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) memakai model konkret | 4.10.1 Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan kekerabatan antar garis (sejajar, berpotongan, dan berhimpit) 4.10.2 Menyajikan penyelesaian permasalahan yang melibatkan kekerabatan antar garis (sejajar, berpotongan, dan berhimpit) |
C. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
Contoh – referensi kekerabatan antar garis pada kerangka kubus atau balok, untuk mengidentifikasi rusuk-rusuk sejajar, rusuk-rusuk yang berpotongan dan berhimpit
2. Konsep
Hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit)
3. Prinsip
Mengidentifikasi kekerabatan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) memakai model konkret
4. Prosedur
1. Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan kekerabatan antar garis (sejajar, berpotongan, dan berhimpit)
2. Menyajikan penyelesaian permasalahan yang melibatkan kekerabatan antar garis (sejajar, berpotongan, dan berhimpit)
D. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
E. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
F. Sumber Belajar
1. Buku Mata PelajaranMatematika Kelas IV SD Kurikulum 2013
2. Modul/bahan ajar
3. Internet
4. Sumber lain yang relevan
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 (3 x 35 menit ) | Waktu | ||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi 1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran. (PPK: Religius) 2. Memeriksa kehadiran penerima didik. (PPK: Disiplin) 3. Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali aktivitas pembelajaran. Apersepsi 1. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya. 2. Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 3. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi 1. Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. 2. Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Hubungan antar garis. 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung. 4. Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan 1. Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. 2. Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM/KBM pada pertemuan yang berlangsung. 3. Pembagian kelompok belajar 4. Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit | ||||||||||||
Kegiatan Inti
| 75 menit | ||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi persoalan tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) | | ||||||||||||
Kegiatan Penutup Peserta didik : · Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan. · Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan. (HOTS: Reflektif) Guru : · Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek. · Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik · Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan). · Mengagendakan pekerjaan rumah. · Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya. | 15 menit |
2. Pertemuan Ke-2 (3 x 35 menit ) | Waktu | ||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi 1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual) 2. Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak penerima didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak penerima didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis) 3. Memeriksa kehadiran penerima didik. (PPK: Displin) 4. Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali aktivitas pembelajaran. Apersepsi 1. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: Hubungan antar garis. 2. Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 3. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi 1. Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. 2. Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Garis sejajar. 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung. 4. Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan 1. Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. 2. Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM/KBM pada pertemuan yang berlangsung. 3. Pembagian kelompok belajar 4. Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit | ||||||||||||
Kegiatan Inti
| 75 menit | ||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi persoalan tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) | | ||||||||||||
Kegiatan Penutup Peserta didik : · Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan. · Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan. (HOTS: Reflektif) Guru : · Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek. · Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik · Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan). · Mengagendakan pekerjaan rumah. · Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya. | 15 menit |
3. Pertemuan Ke-3 (3 x 35 menit ) | Waktu | ||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi 1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual) 2. Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak penerima didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak penerima didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis) 3. Memeriksa kehadiran penerima didik. (PPK: Disiplin) 4. Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali aktivitas pembelajaran. Apersepsi 1. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: Garis sejajar 2. Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 3. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi 1. Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. 2. Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Garis berpotongan. 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung 4. Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan 1. Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. 2. Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung 3. Pembagian kelompok belajar 4. Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit | ||||||||||||
Kegiatan Inti
| 75 menit | ||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi persoalan tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) | | ||||||||||||
Kegiatan Penutup Peserta didik : · Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan. · Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan. (HOTS: Reflektif) Guru : · Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek. · Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik · Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan). · Mengagendakan pekerjaan rumah. · Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya | 15 menit |
4. Pertemuan Ke-3 (3 x 35 menit ) | Waktu | ||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi 1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual) 2. Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak penerima didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak penerima didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis) 3. Memeriksa kehadiran penerima didik. (PPK: Disiplin) 4. Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali aktivitas pembelajaran. Apersepsi 1. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: Garis berpotongan. 2. Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 3. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi 1. Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. 2. Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Garis berhimpit. 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung 4. Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan 1. Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. 2. Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung 3. Pembagian kelompok belajar 4. Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit | ||||||||||||
Kegiatan Inti
| 75 menit | ||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi persoalan tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) | | ||||||||||||
Kegiatan Penutup Peserta didik : · Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan. · Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan.(HOTS: Reflektif) Guru : · Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek. · Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik · Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan). · Mengagendakan pekerjaan rumah. · Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya | 15 menit |
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
a) Mempelajari buku teks dan sumber lain wacana materi pokok
b) Menyimak tayangan/demo wacana materi pokok
c) Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Terlampir)
b. Pertemuan Kedua (Terlampir)
c. Pertemuan Ketiga (Terlampir)
d. Pertemuan Keempat (Terlampir)
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
1) Remedial sanggup diberikan kepada penerima didik yang belum mencapai KKM maupun kepada penerima didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bab : remedial alasannya belum mencapai KKM dan remedial alasannya belum mencapai Kompetensi Dasar
2) Guru memberi semangat kepada penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memperlihatkan kiprah bagi penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), contohnya sebagai berikut.
v Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melaksanakan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang diubahsuaikan contoh: pada dikala jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit sehabis jam pelajaran selesai).
b. Pengayaan
1) Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan penerima didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada penerima didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
2) Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai akad dengan penerima didik.
3) Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas contohnya
v Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah disiapkan oleh guru berupa pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan memperlihatkan komplemen nilai bagi penerima didik yang berhasil dalam pengayaan.
Mengetahui Srati, 2 Januari 2018
Kepala SDN Ciburahol, Guru Mata Pelajaran,
Jajang Sulaeman, S.Pd. Siti Nurlaelasari, S.Pd.
NIP. 19650817 199501 1006 NIP. 19780517 200801 2001
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58Related Posts :
8 Fakta Dan Alasan Bos Harus Banyak Tersenyum RANDOMINFO - Pemimpin yang baik tentu mempunyai banyak keunggulan tak hanya di pekerjaan, tapi juga di mata bawahannya. Tapi, jangan h… Read More...
Tips Selalu Terlihat Tepat Ketika DifotoTips-tips berikut sanggup juga dijadikan pemikiran bagi foto model Anda semoga terlihat tepat ketika difoto : Menghadap ke kananSebuah pene… Read More...
6 Fakta Unik Wacana Istana Merdeka RANDOMINFO - Istana Merdeka merupakan satu dari enam istana Presiden di Indonesia. Istana yang umurnya ratusan tahun ini ternyata puny… Read More...
Fakta Wacana Air Putih - Jika selama ini Anda menerapkan contoh minum air putih intensif demi mendapat tubuh ideal, ternyata fakta terbaru menyangkal khasia… Read More...
Tips Foto Yang Bagus Ada yang bertanya,"Kriteria foto yang bagus itu ibarat apa sih?" Well, gotong royong agak galau juga menjawabnya. Soalnya ada aneka macam … Read More...
0 Response to "Rpp Matematika Kurikulum 2013 Kelas 4 Semester Genap Relasi Antar Garis"
Posting Komentar