| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Satuan Pendidikan : SDN 1 Srati
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari ( Rabu, 5 September 2018 )
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai fatwa agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan kawasan bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
1. Menerima dan menjalankan fatwa agama yang dianutnya.
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Mengidentifikasi karakteristikruang dan pemanfaatansumber daya alam untukkesejahteraan masyarakatdari tingkat kota/ kabupatensampai tingkat provinsi
4.1 Menyajikan hasil identifikasikarakte-ristik ruang danpemanfaatan sumber dayaalam untuk kesejahteraanmasyarakat dari tingkat kota/kabupaten hingga tingkatprovinsi
Indikator:
3.2.9 Mengidentifikasi hakdan kewajiban sebagaiwarga masyarakat dalammemanfaatkan tumbuhansecara bijak
4.2.9 Menceritakan pengalamandiri melakukan hakdan kewajiban dalammemanfaatkan tumbuhansecara bijak
SBdP
3.4 Memahami karya seni rupateknik tempel
4.4 Membuat karya kolase,montase, aplikasi, dan mozaik
Indikator:
3.4.1 Menjelaskan teknik membuatkolase
4.4.1 Membuat kolase dari bahanalam
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah berdiskusi, siswa bisa mengidentifikasi hak dan kewajibansebagai warga masyarakat dalam memanfaatkan tumbuhan denganbenar.
2. Setelah berdiskusi, siswa bisa menuliskan refleksi diri mengenai hakdan kewajiban memanfaatkan tumbuhan secara bijak dengan terperinci.
3. Setelah mengamati, siswa bisa menjelaskan teknik menciptakan kolasedengan benar.
4. Setelah berdiskusi, siswa bisa menciptakan kolase dari materi alamdengan teknik yang kreatif.
v Karakter siswa yang dibutuhkan :
Ø PPKn dan SBdP :Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | ¡ Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius ¡ Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan ialah tentang ”Peduli Terhadap Makhluk Hidup”. ¡ Guru menyampaikan tahapan aktivitas yang meliputi aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | § Siswa membaca teks kisah perihal Beni.Siswa membaca teks dalam hati.Literasi § Siswa dibagi menjadi kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa.Collaboration § Siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berdasarkan teks.Siswa menuliskan jawabannya pada kalender bekas. Siswa menuliskanjawabannya dengan goresan pena yang cukup besar.Gotong Royong § Salah satu perwakilan kelompok akan berkunjung ke kelompok lain dan mempresentasikan jawabannya. Guru memperlihatkan instruksi tepuk tangandan siswa berputar searah jarum jam.Collaboration § Diskusi kelas. Guru membahas satu-persatu pertanyaan yang ada. Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan menyampaikanpendapatnya. o Siswa membaca teks “Berpikirlah Sebelum Kamu Membuangnya” (Mengamati) Literasi § Guru menguatkan bahwa betapa usang proses nasi ada di meja makankita. Betapa petani bekerja keras untuk menanam hingga memanen padi.Communication § Masihkah kita membuang-buang makanan? § Siswa masih berada dalam kelompok. Siswa kembali mengamati gambar yang ada di buku siswa (menebang pohon, merawat tanaman, danmerusak tanaman)Gotong Royong § Guru meminta siswa membayangkan masakan yang dibuang setiaptahunnya. Guru meminta pendapat siswa perihal fakta ini. (Menanya) Guru bertanya, - Apa efek dari membuang-buang makanan? § Siswa akan berkreasi untuk menciptakan kolase. Siswa mengamati kolase yang ada di buku siswa. Jika memungkinkan gurubisa menciptakan kolase sendiri.Creativity and Innovation § Siswa diminta menciptakan pertanyaan berdasarkan kolase yang diamatinya. Guru bisa menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang dibentuk oleh siswa. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secaraklasikal. § Siswa mendiskusikan dengan temannya teknik menciptakan kolase. Siswa juga mendiskusikan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuatnya. Siswa membaca langkah-langkah menciptakan kolase yang ada di buku siswa. Guru mempraktikkan satu persatu langkah dengan hati-hati. Siswa diberi kesempatan jikalau ada hal-halyang masih kurang jelas.Critical Thinking and Problem Solving § Siswa menciptakan kolase. Siswa bisa menggambar sendiri gambar yangdiinginkan atau guru bisa membagikan denah gambar kupu-kupu.Mandiri § Siswa bisa mengambil daun-daun kering atau yang sudah tidak dipakai di lingkungan sekolah (siswa bisa membawa sendiri dari rumah, gurumenginformasikan di pertemuan sebelumnya). § Guru menyiapkan lem dan gunting. Siswa mulai melekat daun-daunatau ranting kering. Siswa memperhatikan keindahan dan keserasian. | 35 Menit X 30 JP |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehariIntegritas ¡ Bertanya jawab perihal materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya perihal pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukan evaluasi hasil belajar ¡ Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran) Religius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ BukuPedoman Guru Tema :Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku TematikTerpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Daun-daun, ranting, lem, kertas, denah gambar kupu-kupu (atau lainnya),dan gunting
Mengetahui Kepala SDN 1 Srati (________________________ | Srati, 23 Juli 2017 Guru Kelas IV ________________) |
lAMPIRAN 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Mendiskusikan sikap bijak terhadap tumbuhan
¡ Berkreasi menciptakan kolase dari materi alam
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah.
lAMPIRAN 2
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No | Nama | Perubanantingkahlaku | |||||||||||
Santun | Peduli | TanggungJawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | JUNIASTI EKA P | | | | | | | | | | | | |
2 | M. SANI JAUFA LAILAN | | | | | | | | | | | | |
3 | MUHAMMAD ABDUL F | | | | | | | | | | | | |
4 | YAHYA TSANI | | | | | | | | | | | | |
5 | AGRA SOLEH S | | | | | | | | | | | | |
6 | AHMAD IRFAN KH | | | | | | | | | | | | |
7 | ATIQOH UMMU S | | | | | | | | | | | | |
8 | KHOERUL MANKHOFA | | | | | | | | | | | | |
9 | LATIFATUM MARDIANA | | | | | | | | | | | | |
10 | MINDIA APRILIANI | | | | | | | | | | | | |
11 | NAUFAL AHNAF ZAKI | | | | | | | | | | | | |
12 | NUR DEWI PUTRI ANDINI | | | | | | | | | | | | |
13 | SFA KHANIFATUN N | | | | | | | | | | | | |
14 | TEFA ARLIZA | | | | | | | | | | | | |
15 | YOGI FERDIANSYAH | | | | | | | | | | | | |
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4
1. PPKn
Kreiteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Sikap baik | Menuliskan 3 sikap baik yang sudah dilakukan | Menuliskan 2 sikap baik yang sudah dilakukan | Menuliskan 1 sikap baik yang sudah dilakukan | Belum mampu menuliskan sikap baik yang sudah dilakukan |
Dampak sikap Baik | Menjelaskan 3 dampak dari sikap baik tersebut bagi lingkungan | Menjelaskan 2 dampak dari sikap baik tersebut bagi lingkungan | Menjelaskan 1 dampak dari sikap baik tersebut bagi lingkungan | Belum mampu menuliskan dampak dari sikap tersebut bagi lingkungan |
Sikap perlu Diperbaiki | Menuliskan 3 sikap belum baik yang sudah dilakukan | Menuliskan 2 sikap belum baik yang sudah dilakukan | Menuliskan 1 sikap belum baik yang sudah dilakukan | Belum mampu menuliskan sikap belum baik yang sudah dilakukan |
Dampak sikap belum baik | Menjelaskan 3 dampak dari sikap belum baik tersebut bagi lingkungan | Menjelaskan 2 dampak dari sikap belum baik tersebut bagi lingkungan | Menjelaskan 1 dampak dari sikap belum baik tersebut bagi lingkungan | Belum mampu menuliskan dampak dari sikap tersebut bagi lingkungan |
Rencana tindak lanjut | Menuliskan 3 rencana tindak lanjut untuk lebih bijak terhadap tumbuhan | Menuliskan 2 rencana tindak lanjut untuk lebih bijak terhadap tumbuhan | Menuliskan 1 rencana tindak lanjut untuk lebih bijak terhadap tumbuhan | Belum mampu menuliskan rencana tindak lanjut |
Catatan: evaluasi (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada pembelajaran 1
2. SBdP: Kolase
Kreiteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Teknik Menempel | Seluruh bahan ditempel dengan rapi | Sebagian besar bahan ditempel dengan rapi | Sebagian bahan ditempel dengan rapi | Sebagian kecil ditempel dengan rapi |
Pemilihan Bahan | Memilih seluruh bahan (daun dan ranting) dengan sesuai | Memilih sebagian besar bahan (daun dan ranting) dengan sesuai | Memilih sebagian bahan (daun dan ranting) dengan sesuai | Memilih sebagian kecil bahan (daun dan ranting) dengan sesuai |
Keserasian | Menempel semuan bahan-bahan dengan serasi | Menempel sebagian besar bahan-bahan dengan serasi | Menempel sebagian bahan-bahan dengan serasi | Menempel sebagian kecil bahan-bahan dengan serasi |
Catatan: evaluasi (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada pembelajaran 1
3. Diskusi
Diskusi dikala membahas pertanyaan dalam soal kisah Beni dan Adiknya
Kreiteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan | Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara | Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. | Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. | Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) | Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. | Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. | Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. | Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) | Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. | Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. | Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. | Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan: evaluasi (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada pembelajaran 1
Penilaian sikap teliti, kreatif, rasa ingin tahu.
No | Sikap | BelumTerlihat | MulaiTerlihat | MulaiBer-kembang | Membu-daya | Ket. |
1 | Teliti | | | | | |
2 | Bertanggung Jawab | | | | | |
3 | Disiplin | | | | | |
Kerjasamadengan Orang Tua :
Orang tuaberbagipengalamandengansiswaketikamerekaberinteraksidengan
hewan.
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Tema 3 Sub Tema 1 Pembelajaran 2"
Posting Komentar