| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Satuan Pendidikan : SDN 5 Rajamandala
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 3 : Bersyukur atas Keberagaman
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai fatwa agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan kawasan bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan.
Indikator:
3.2.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang didengar.
4.2.1 Menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang didengar.
PPKn
1. Menerima dan menjalankan fatwa agama yang dianutnya.
1.4 Menerima banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4 Memahami banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
Indikator:
3.4.6 Menjelaskan keberagaman yang ada dari teman-temannya
4.4.6 Menceritakan pengalaman diri berhubungan dalam perbedaan.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah diberikan masalah, siswa bisa menjelaskan keberagaman yang ada dari teman-temannya dengan terperinci.
2. Setelah diberikan masalah, siswa bisa menceritakan pengalaman berhubungan dalam keberagaman dengan terperinci.
3. Setelah mendengarkan, siswa bisa mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang didengar dengan sistematis.
4. Setelah mendengarkan, siswa bisa menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang didengar dengan sistematis.
v Karakter siswa yang diperlukan :
Ø Bahasa Indonesia dan PPKn : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | AlokasiWaktu |
Pendahuluan | ¡ Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius ¡ Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yakni tentang ”Indahnya Kebersamaan”.Integritas ¡ Guru menyampaikan tahapan aktivitas yang meliputi aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | § Siswa dibagi dalam kelompok.Dalam pembagian kelompok, gurumemperhatikan keberagaman yang ada,misalkan cara berpendapat, sifat dan lain-lain.Collaboration § Diusahakan dalam satu kelompok tampakkeberagamannya. Kali ini guru akanmengamati bagaimana siswa bekerjasamadengan teman-teman yang berbeda.Gotong Royong § Siswa diberikan dilema mengenai IbuMimip penjaga kantin. Siswa membacanyadi buku siswa.Literasi § Siswa mendengarkan dengan secama. Guru membacakan satu-persatu paragraf. (Mengamati) § Guru meminta setiap siswa untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf yang didengarnya. (Mengumpulkan data)Critical Thinking and Problem Solving § Siswa menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada grafik yang disiapkan di buku siswa. ( Menyimpulkan) | 150 menit |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehariIntegritas ¡ Bertanya jawab wacana bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya wacana pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukanpenilaianhasilbelajar ¡ Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Teks yang akan dibaca oleh guru.
Mengetahui Kepala SDN 5 Rajamandala (Wawan Setiawan, S.Pd.) NIP. ....................................... | …………, 17 Juli 2017 Guru Kelas IV (Nadya Nursalma, S.Pd.) NIP. ....................................... |
Lampiran 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
§ Menceritakan pengalaman diri berhubungan dalam keberagaman.
§ Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks.
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Lampiran 2
H. PENILAIAN
Penilaian Sikap
No | Nama | Perubanantingkahlaku | |||||||||||
Santun | Peduli | TanggungJawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | ................... | | | | | | | | | | | | |
2 | ................... | | | | | | | | | | | | |
3 | …………….. | | | | | | | | | | | | |
4 | …………….. | | | | | | | | | | | | |
5 | …………….. | | | | | | | | | | | | |
Dst | …………….. | | | | | | | | | | | | |
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4
1. PPKn: Refleksi Kerjasama
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Keberagaman yang ada | Menjelaskan 3 keberagaman yang ada. | Menjelaskan 2 keberagaman yang ada. | Menjelaskan 1 keberagaman yang ada. | Belum memenuhi kriteria yang diharapkan. |
Hal baik | Menuliskan 3 sikap (baik atau perlu diperbaiki) yang ditunjukkan dilengkapi alasan. | Menuliskan 2 sikap (baik atau perlu diperbaiki) yang ditunjukkan dilengkapi alasan. | Menuliskan 1 sikap (baik atau perlu diperbaiki) yang ditunjukkan dilengkapi alasan. | Belum memenuhi kriteria yang diharapkan. |
Manfaat | Menjelaskan 3 manfaat yang didapat dari kerja sama. | Menjelaskan 2 manfaat yang didapat dari kerja sama. | Menjelaskan 1 manfaat yang didapat dari kerja sama. | Belum memenuhi kriteria yang diharapkan. |
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1.
2. Bahasa Indonesia: Gagasan pokok dan pendukung dari teks lisan
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Mengidentifikasi gagasan pokok | Menjelaskan 3 keberagaman yang ada. | Menjelaskan 2 keberagaman yang ada. | Menjelaskan 1 keberagaman yang ada. | Belum memenuhi kriteria yang diharapkan. |
Mengidentifikasi Gagasan Pendukung | Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 4 paragraf dengan benar. | Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 3 paragraf dengan benar. | Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 2 paragraf dengan benar. | Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 1 paragraf dengan benar. |
Mengkomunikasikan | Menuliskan secara sistematis, mudah dipahami, menggunakan bahasa baku. | Memenuhi 2 dari 3 kriteria yang diharapkan. | Memenuhi 1 dari 3 kriteria yang diharapkan. | Belum memenuhi kriteria yang diharapkan. |
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1.
3. Diskusi: Membahas dongeng Ibu Mimin
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan | Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara | Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. | Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. | Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) | Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. | Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. | Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. | Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) | Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. | Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. | Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. | Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung. |
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1.
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Tema 1 Sub Tema 3 Pembelajaran 4"
Posting Komentar