Rpp Kurikulum 2013 Tema 1 Sub Tema 2 Pembelajaran 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
TEMATIK TERPADU
KURIKULUM 2013



Satuan Pendidikan       :  SDN 1 SRATI
Kelas / Semester            :  IV (Empat) / 1
Tema 1                             :  Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2                    :  Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran                 :  4
Alokasi Waktu                :  ........... x 150 menit


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai aliran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu ihwal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan daerah bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan.
Indikator:
3.2.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung
4.2.1 Menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang dibaca

PPKn
1.   Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya.
1.4 Menerima aneka macam bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2.   Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima aneka macam bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4 Memahami aneka macam bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam aneka macam bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
Indikator:
3.4.5 Menjelaskan bentukbentuk kerjasama dalam keberagaman.
4.4.5 Mempresentasikan contoh-contoh kerjasama dalam keberagaman masyarakat Indonesia (kerja bakti, siskamling, gotongroyong, dll)

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah membaca teks, siswa bisa mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan benar.
2.    Setelah membaca teks siswa bisa menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung ke dalam grafik yang sudah disiapkan dengan sistematis.
3.    Setelah berdiskusi, siswa bisa menjelaskan bentuk-bentuk kerjasama dalam keberagaman dengan benar.
4.    Setelah mencari informasi, siswa bisa mempresentasikan contoh-contoh kerjasama dalam keberagaman (kerja bakti, siskamling, gotongroyong, dll.).

v   Karakter siswa yang diperlukan :
Ø  Bahasa Indonesia dan PPKn  :  Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
AlokasiWaktu
Pendahuluan
¡   Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius
¡   Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempat duduk disesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”.
¡   Guru menyampaikan tahapan aktivitas yang meliputi aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.Integritas


10 menit
Inti
§  Siswa membaca teks yang ada di buku siswa.Literasi
§  Siswa membaca teks dengan membaca berantai. Guru menunjuk satu siswa dan siswa lain mendengarkan. Siswa yang ditunjuk kemudian melanjutkan bacaan siswa sebelumnya. (Mengomunikasikan)
§  Guru meminta setiap siswa untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung. Siswa membaca setiap paragraf dengan hati-hati.Mandiri
§  Siswa menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung padagrafik yang disiapkan di buku siswa.
§  Guru meminta siswa untuk mempresentasikan jawabannya (fokus 1 paragraf) di depan. Siswa juga menyampiakan persamaan dan perbedaan jawabannya dengan temannya. (Mengekplorasi)
§  Di tamat sesi, guru menanyakan bagaimana menemukan gagasan pokok? Bagaimana menemukan gagasan pendukung? Siswa bisa memberikan jawabannya. Guru menguatkan aneka macam cara untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung. (Menanya)
§  Siswa akan dibagi ke dalam kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Dalam kelompok guru meminta siswa mengamati bentuk-bentuk kerjasamamasyarakat Indonesia.Collaboration
§  Setiap kelompok ditugaskan untuk mencari informasi mengenai satu kebiasaan kerjasama. Siswa bisa bertanya kepada pegawai sekolah, mencari informasi di buku atau materi bacaan. Siswa juga bisa bertanya ke siswa lain.Mandiri
§  Siswa menulis hasil temuaanya di buku siswa. Hal-hal yang harus ditulis yaitu pengertian, contoh, aktivitas yang dilakukan, manfaat dan hal-hal baik yang bisa dicontoh dari aktivitas ini.Mandiri
§  Setiap kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas.Collaboration
§  Kelompok lain bisa memperlihatkan masukan atau menceritakanpengalamannya.Literasi
§  Guru menguatkan bahwa kebiasaan-kebiasaan tersebut yaitu halbaik yang harus tetap kita lestarikan. Guru memotivasi siswa bila adakegiatan tersebut di lingkungannya bisa ikut membantu

150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehariIntegritas
¡   Bertanya jawab ihwal materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya ihwal pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukanpenilaianhasilbelajar
¡   Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius
15 menit

G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Teks cerita, gambar-gambar

Mengatahui,                                                
KepalaSekolah                                                                    Guru Kelas IV


ABDULMALIK, S. Pd                                                         MASRUDIN, S.Pd.
NIP.19621004198201 1003NIP.197910162008011013







Lampiran 1
F.      MATERI PEMBELAJARAN
¡  Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks
¡  Mendiskusikan pentingnya kerjasama dalam keberagaman


G.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah































Lampiran 2
H.     PENILAIAN
Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanantingkahlaku
Santun
Peduli
TanggungJawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
...................












2
...................












3
……………..












4
……………..












5
……………..












Dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4

1. Bahasa Indonesia: Gagasan Pokok
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Mengidentifikasi
gagasan pokok
Mengidentifikasi
gagasan pokok
dari 4 paragraf
dengan benar.
Mengidentifikasi
gagasan pokok
dari 3 paragraf
dengan benar.
Mengidentifikasi
gagasan pokok
dari 2 paragraf
dengan benar.
Mengidentifikasi
gagasan pokok
dari 1 paragraf
dengan benar.
Mengidentifikasi
Gagasan
Pendukung
Mengidentifikasi
gagasan
pendukung dari 4
paragraf dengan
benar.
Mengidentifikasi
gagasan
pendukung dari 3
paragraf dengan
benar.
Mengidentifikasi
gagasan
pendukung dari 2
paragraf dengan
benar.
Mengidentifikasi
gagasan
pendukung dari 1
paragraf dengan
benar.
Mengkomunikasikan
Menuliskan
secara sistematis,
mudah dipahami,
menggunakan
bahasa baku.
Memenuhi 2 dari
3 kriteria yang
diharapkan.
Memenuhi 1 dari
3 kriteria yang
diharapkan.
Belum memenuhi
kriteria yang
diharapkan.
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1

2. PPKn: Diskusi pada ketika membahasa ihwal kerjasama di lingkungan.
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Mendengarkan
Selalu
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara.
Mendengarkan
teman yang
berbicara namun
sesekali masih
perlu diingatkan.
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara.
Sering
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara,
namun tidak
mengindahkan.
Komunikasi non
verbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah,
suara)
Merespon dan
menerapkan
komunikasi non
verbal dengan
tepat.
Merespon
dengan tepat
terhadap
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman.
Sering merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman.
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman.
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung
dan memimpin
lainnya saat
diskusi.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon sesuai
dengan topik.
Berbicara dan
menerangkan
secara
rinci,namun
terkadang
merespon
kurang sesuai
dengan topik.
Jarang berbicara
selama
proses diksusi
berlangsung.
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1





Sumber http://aqdaffa.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Tema 1 Sub Tema 2 Pembelajaran 4"

Posting Komentar