RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Satuan Pendidikan : SDN 1 SRATI
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 2 : Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai fatwa agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan kawasan bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.3 Menggali informasi dariseorang tokoh melaluiwawancara menggunakandaftar pertanyaan
4.3 Melaporkan hasil wawancaramenggunakan kosakata bakudan kalimat efektif dalambentuk teks tulisan
Indikator:
3.3.6 Mengidentifikasi pertanyaanpertanyaanyang baik.
4.3.6 Mengelompokkan pertanyaanberdasarkan ciri-ciripertanyaan yang baik.
PPKN
1. Menerima dan menjalankan fatwa agama yang dianutnya.
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Memahami hak dankewajiban sebagai wargamasyarakat dalam kehidupansehari-hari
4.2 Bekerjasama melaksanakanhak dan kewajiban sebagaiwarga masyarakat dalamkehidupan sehari-hari
Indikator:
3.2.13 Menjelaskan dampak darimelaksanakan hak dankewajiban secara bijakterhadap hewan
4.2.13 Memberikan pendapattentang acara manusiaterhadap hewan.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca teks, siswa bisa menjelaskan dampak darimelaksanakan hak dan kewajiban secara bijak terhadap binatang denganbenar.
2. Setelah mengamati gambar, siswa bisa memperlihatkan pendapat tentangkegiatan insan terhadap binatang dengan terperinci.
3. Setelah berdiskusi, siswa bisa mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaanyang baik dengan benar.
4. Setelah berdiskusi, siswa bisa mengelompokkan pertanyaanberdasarkan ciri-ciri pertanyaan yang baik dengan benar.
v Karakter siswa yang dibutuhkan :
Ø Bahasa Indonesia dan PPKn :Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | ¡ Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius ¡ Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan adalah tentang ”Peduli Terhadap Makhluk Hidup”. ¡ Guru menyampaikan tahapan acara yang meliputi acara mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | § Di awalpembelajaran guru bertanyakepadasiswa, apakahmerekapernahmelihatataumenemukaninformasitentangperburuanhewan. Merekamelakukanperburuanhewandanapadampaknya? Siswadiberikesempatanuntukmenyampaikaninformasi yangdimilikinya.Literasi o Selanjutnya, guru memintasiswauntukmembacateks “HarimaumasukKampungWargaCemas”. Siswamembacatekstersebutdenganmembacadalamhati. (Mengamati) § Guru memintasiswamenceritakankembalicerita yang dibacanya. Guru menunjuksatusiswauntukbercerita, kemudianmenunjuksiswa lainuntukmelanjutkan. Hal inisupayasemuasiswafokusdengankegiatan.Literasi o Secaraindividusiswamenjawabpertanyaan-pertanyaan yang ada di bukusiswa. Guru memotivasiuntukmenjawabdenganterperinci. (Mengkomunikasikan) o Guru dansiswamembahassatupersatupertanyaansecaraklasikal. Guru memberikankesempatankepadasiswauntukmemberikanpendapatataubertanyajikaadahal yang dirasaperlu.Critical Thinking and Problem Solving o Siswakembalimengamatigambar yang ada di bukusiswa. o Secaraindividusiswaakanmemberikanpendapatterhadapgambar yang diamatinya. Siswamenuliskanpendapat di tabel yang disediakan di bukusiswa. Guru memotivasisiswauntukmenulisdenganterperinci.Mandiri § Siswamenukarkanjawabannyadengantemannya. Siswasalingmemberikanmasukanakanjawabanpasangannya. Siswajugabias bertanyajikaadahal-hal yang dirasakurangjelas.Gotong Royong § Guru membahasgambarsatupersatu. Guru membahasdampakdaritindakanitubagilingkungandanmasyarakat. Guru menyampaikanbahwaDenganalasanapapunperburuanhewan liar tidakdibenarkan. Hewanhewanyang diburuakanmenjadipunah. § Padapertemuansebelumnya, siswatelahmembuatpertanyaantentanghewan yang dipilihnya. Guru memintasiswauntukmengeluarkanpertanyaan-pertanyaantersebut. § Guru menyampaikanbahwagajahharusdilindungisupayatetapterjagakelestariannya.Communication | 35 Menit X 30 JP |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil mencar ilmu selama sehariIntegritas ¡ Bertanya jawab wacana bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya wacana pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukan evaluasi hasil belajar ¡ Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri acara pembelajaran) Religius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ BukuPedoman Guru Tema :Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku TematikTerpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik TerpaduKurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Gambar gajah
Mengetahui Kepala SDN 5 Rajamandala Wawan Setiawan, S.Pd. NIP. .................... | Rajamandala, 17 Juli 2017 Guru Kelas IV Nadya Nursalma, S.Pd. NIP. .................... |
Lampiran 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Mengidentifikasidampakdarisikaptidakbijakterhadaphewan
¡ Mengelompokkanpertanyaanberdasarkanpertanyaan yang baik
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Lampiran 2
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No | Nama | Perubanantingkahlaku | |||||||||||
Santun | Peduli | TanggungJawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | ................... | ||||||||||||
2 | ................... | ||||||||||||
3 | …………….. | ||||||||||||
4 | …………….. | ||||||||||||
5 | …………….. | ||||||||||||
Dst | …………….. |
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4
1. PPKn: Pendapatberdasarkangambar
Kriteria | SangatBaik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Pendapat | Memberikan pendapat setujuatau tidaksetuju dari 3 gambar dilengkapi alasandengan benar | Memberikan pendapat setujuatau tidaksetuju dari 2 gambar dilengkapi alasandengan benar | Memberikan pendapat setujuatau tidaksetuju dari 1 gambar dilengkapialasan denganbenar | Belum mampu memberikan pendapat |
Dampakbagi Lingkungan | Menjelaskan masing-masing 1 dampakbagi lingkungandari 3 masalah denganbenar | Menjelaskan masing-masing 1 dampakbagi lingkungandari 2 masalah denganbenar | Menjelaskan masing-masing 1 dampakbagi lingkungandari 1 masalah denganbenar | Belummampu menjelaskan dampakbagi lingkungan |
Dampakbagi orang lain | Menjelaskan masing-masing 1 dampakbagi orang lain dari 3 masalah denganbenar | Menjelaskan masing-masing 1 dampakbagi orang lain dari 2 masalah denganbenar | Menjelaskan masing-masing 1 dampakbagi orang lain dari 1 masalah denganbenar | Belummampu menjelaskan dampak orang lain |
Pelanggaran Hak | Memberikan alasan 3 kegiatan tersebut melanggar hak orang lain denganbenar, terperincidan terstuktur | Memberikan alasan 2 kegiatan tersebut melanggar hak orang lain denganbenar, terperincidan terstuktur | Memberikan alasan 1 kegiatan tersebut melanggar hak orang lain denganbenar, terperincidan terstuktur | Belummampu memberikan alas an |
Saran | Memberikan 1 saran untuk 3 masalah yang diberikan denganlogis | Memberikan 1 saran untuk 2 masalah yang diberikan denganlogis | Memberikan 1 saran untuk 2 masalah yang diberikandengan logis | Belummampu menuliskan saran |
Catatan: evaluasi (penskoran) dapatdilihatcontohnyapadapembelajaran 1
2. Bahasa Indonesia: Pertanyaan
Kriteria | SangatBaik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Mengelompok Kan | Mampu mengelompokkan semua pertanyaanke pertanyaanbaik dankurangbaik denganbenar. | Mampu mengelompokkan sebagian besar pertanyaan kepertanyaan baikdan kurangbaik denganbenar. | Mampu mengelompokk an sebagian pertanyaanke pertanyaanbaik dankurangbaik denganbenar. | Mampu mengelompokkan sebagian kecilpertanyaan kepertanyaan baikdankurang baikdengan benar. |
Memperbaiki | Mampu menyempurnakan semua pertanyaan kedalam pertanyaanbaik denganbenar. | Mampu menyempurnakan sebagian besar pertanyaan kedalam pertanyaan baikdengan benar. | Mampu menyempurnakan sebagian pertanyaan kedalam pertanyaanbaik denganbenar. | Mampu menyempurnakan sebagian kecilpertanyaan kedalam pertanyaanbaik denganbenar. |
Mengkomuni kasikan | Mengomunika sikanhasil pekerjaannya denganruntut, terperincidan logis. | Hanya memenuhi 2 dari 3 kriteria yang diharapkan. | Hanya memenuhi 1 dari 3 kriteria yang diharapkan. | Belum memenuhi kriteria yang diharapkan. |
Catatan: evaluasi (penskoran) dapatdilihatcontohnyapadapembelajaran 1
3. Diskusi
Saatsiswamendiskusikanpertanyaan-pertanyaan yang baik.
Catatan: evaluasi (penskoran) dapatdilihatcontohnyapadapembelajaran 1 Pengayaan Siswa bisa diberikan soal-soal dengan bilangan yang lebih rumit. Remedial Siswa yang belum menuntaskan soal dongeng dengan langkah-langkah di atasdapat mengulang acara bersama guru. Kegiatan bisa dilakukan seusai jambelajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30 – 60 menit. Kegiatan sanggup dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus. |
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2 Pembelajaran 4"
Posting Komentar