Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 3 Pembelajaran 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)



Satuan Pendidikan       :     SDN 1 SRATI
Kelas / Semester            :     IV (Empat) / 1
Tema 3                             :     Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 3                    :     Ayo Cintai Lingkungan
Pembelajaran                 :     2
Alokasi Waktu                :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai fatwa agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan kawasan bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKN
1. Menerima dan menjalankan fatwa agama yang dianutnya.
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Memahami hak dankewajiban sebagai wargamasyarakat dalam kehidupansehari-hari
4.2 Bekerjasama melaksanakanhak dan kewajiban sebagaiwarga masyarakat dalamkehidupan sehari-hari

Indikator:
3.2.15 Menganalisis hak dankewajiban dari masalahmenjaga lingkungan yangdiberikan
4.2.15 Memberikan pola tindakanyang bisa dilakukan untukmelaasakan hak dankewajiaban dalam kaitannyamenjaga lingkungan

SBDP
3.4 Memahami karya seni rupateknik tempel
4.4 Membuat karya kolase,montase, aplikasi, dan mozaik

Indikator:
3.4.5 Menjelaskan teknik membuatmontase
4.4.5 menciptakan montase daribahan bekas

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah diberikan masalah, siswa bisa menganalisis hak dankewajiban masyarakat terhadap lingkungan dengan terperinci.
2.    Setelah berdiskusi, menunjukkan 4 pola tindakan yang bisa dilakukanuntuk menjaga lingkungannya (melaksanakan hak dan kewajiban)dengan benar.
3.    Setelah mengamati montase, siswa bisa menjelaskan teknik membuatmontase dengan benar.
4.    Setelah berdiskusi, siswa bisa menciptakan montase dari materi bekasdengan kreatif.

v   Karakter siswa yang dibutuhkan :
Ø  Bahasa PPKn dan SBdP :Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius
¡   Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeduli Terhadap Makhluk Hidup”.
¡   Guru menyampaikan tahapan aktivitas yang meliputi aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
                                 
10 menit
Inti
§  Siswa diminta membaca teks Pergi ke Pasar yang ada di buku siswa.Siswa membaca teks dengan membaca berantai. Satu siswa membaca kemudian siswa lain mendengarkan. Guru menunjuk siswa lain secara acak untuk melanjutkan membaca. Guru mengingatkan siswa untuk mendengarkan kisah dengan secama. (Mengamati)Literasi
§  Setelah membaca teks, guru meminta siswa duduk berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 4 siswa. Guru mengelompokkan siswa berdasarkan hitungan 1-8 (jika siswa berjumlah 32). Siswa yang bernomor sama akan menjadi satu kelompok. Siswa dalam kelompok mendiskusikanpertanyaan- pertanyaan yang ada di buku siswa. (Mengkomunikasikan)
§  Siswa memberikan hasil pekerjaannya kepada guru. Guru memotivasi siswa untuk mencoba kegiatan-kegiatan menjaga lingkungan yang ditulisnya. Guru memberikan bahwa aktivitas bisa dilakukan dari halyang paling sederhana ibarat membuang sampah pada tempatnya.Communication
§  Di selesai sesi, guru memberikan kepada siswa untuk peduli dan bertanggung jawab terhadap kebesihan lingkungan. Hal sederhana ibarat membuang sampah pada tempatnya, mengambil sampah di kawasan umum bisa dilakukan demi kebersihan lingkungan. Ketika lingkunganbersih semua orang akan nyaman.
§  Di sesi ini, siswa akan berkreasi membuatmontase dari majalah atau koran bekas. (Mengekplorasi)
§  Guru memberikan bahwa aktivitas cinta lingkungan juga bisa disampaikanmelalui montase.
§  Guru membawa montase yang dibentuk sendiri atau yang gambar yang ada dibuku siswa.
§  Siswa mengamati montase tersebut danmendiskusikan.
§  Guru menguatkan bahwa kerapian, perpaduan warna, perbaduan gambar yang ditempel yakni hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuatmontase.
§  Siswa mencari gambar yang sesuai bertema cintai lingkungan dengan kreasi mereka. Guru memotivasi untuk melekat dengan rapi danmemperhatikan komposisi (baik warna maupun bentuk).Mandiri
§  Setelah selesai, hasil pekerjaan siswa bisa dipajang di papan pajang atau di jendela. Guru mengingatkan siswa untuk menunjukkan nama, hari dantanggal untuk karyanya. (Mengeksplorasi)
§  Setelah selesai, siswa diminta membaca kisah Dayu, Lani dan Siti yangingin membingkai montasenya.Literasi

35 Menit X  30 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehariIntegritas
¡   Bertanya jawab perihal materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya perihal pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan evaluasi hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran) Religius

15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡   BukuPedoman Guru Tema :Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku TematikTerpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡   Buku Siswa Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡   Montase, majalah bekas, koran bekas, kertas hvs yang salah satunya sisinya sudah terpakai, gunting, dan lem.


Mengetahui
Kepala SDN 5 Rajamandala




Wawan Setiawan, S.Pd.
NIP. ....................
Rajamandala, 17 Juli 2017
Guru Kelas IV




Nadya Nursalma, S.Pd.
NIP. ....................








Lampiran 1
F.      MATERI PEMBELAJARAN
¡  Mendiskusikancaramenjagalingkungan
¡  Berkreasidenganmontase

G.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah





































Lampiran 2
H.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanantingkahlaku
Santun
Peduli
TanggungJawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
...................












2
...................












3
……………..












4
……………..












5
……………..












Dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4

1. PPKn : 4 cara menjaga lingkungan
Kriteria
SangatBaik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Mudah
dilakukan.
4 cara yang
ditulis
mudah untuk
dilaksanakan.
3 cara yang
ditulis
mudah untuk
dilaksanakan.
2 cara yang
ditulis
mudah untuk
dilaksanakan.
1 cara yang
ditulis
mudah untuk
dilaksanakan.
Sesuai
kebutuhan
lingkungan.
4 cara yang
ditulis sesuai
dengan
kebutuhan
lingkungan.
3 cara yang
ditulis sesuai
dengan
kebutuhan
lingkungan.
2 cara yang
ditulis sesuai
dengan
kebutuhan
lingkungan.
1 cara yang
ditulis sesuai
dengan kebutuhan
lingkungan.
Memberikan
manfaat baik
bagi
lingkungan.
4 cara
tersebut
memberikan
manfaat
baik bagi
lingkungan.
3 cara
tersebut
memberikan
manfaat
baik bagi
lingkungan.
2 cara
tersebut
memberikan
manfaat
baik bagi
lingkungan.
1 cara tersebut
memberikan
manfaat baik bagi
lingkungan.
Catatan: evaluasi (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada pembelajaran 1

2. SBdP: Montase
Kriteria
SangatBaik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Teknik
Menempel.
Seluruh
bahan
ditempel
dengan rapi.
Sebagian
besar
bahan ditempel
dengan rapi.
Sebagian
bahan
ditempel
dengan rapi.
Sebagian
kecil
ditempel dengan
rapi.
Pemilihan
bahan.
Memilih
seluruh bahan
(gambar)
dengan sesuai.
Memilih
sebagian
besar
bahan
(gambar
dengan sesuai.
Memilih
sebagian bahan
(gambar)
dengan sesuai.
Memilih
sebagian kecil
bahan (gambar)
dengan sesuai.
Keserasian.
Menempel
semua bahanbahan
dengan
serasi.
Menempel
sebagian besar
bahan- bahan
dengan serasi.
Menempel
sebagian
bahan-bahan
dengan serasi.
Menempel
sebagian kecil
bahan-bahan
dengan serasi.
Catatan: evaluasi (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada pembelajaran 1

3. Diskusi
Saat siswa mendiskusikan pertanyaan berdasarkan teks “pergi ke pasar"
Kriteria
SangatBaik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Mendengarkan
Selalu
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara.
Mendengarkan
teman yang
berbicara namun
sesekali masih
perlu diingatkan.
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara.
Sering
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara
namun tidak
mengindahkan.
Komunikasi non
verbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah,
suara)
Merespon dan
menerapkan
komunikasi non
verbal dengan
tepat.
Merespon
dengan tepat
terhadap
komunikasi
non lisan yang
ditunjukkan
teman.
Sering
merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi
non lisan yang
ditunjukkan
teman.
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non lisan yang
ditunjukkan
teman.
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi
pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung
dan memimpin
lainnya saat
diskusi.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon
sesuai dengan
topik.
Berbicara dan
menerangkan
secara
rinci,namun terkadang
merespon
kurang
sesuai dengan
topik.
Jarang
berbicara
selama
proses diskusi
berlangsung.
Catatan: evaluasi (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada pembelajaran 1



4. Penilaiansikap (teliti, pedulilingkungan, tanggungjawab, kreatif, percayadiri).
No
Sikap
BelumTerlihat
MulaiTerlihat
MulaiBer-kembang
Membu-daya
Ket.
1
Teliti


P


2
Bertanggung Jawab

P



3
Disiplin






Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa diminta mendiskusikan dengan orang bau tanah perihal pemanfaatan barang bekas menjadi barang yang sanggup dipakai kembali dan menuliskan balasannya di buku siswa.

PENGAYAAN
Siswa bisa diberikan soal-soal kisah yang lebih rumit.

REMEDIAL
Siswa yang belum bisa menciptakan soal kisah dan menuntaskan dapatmengulang aktivitas bersama guru. Kegiatan bisa dilakukan seusai jambelajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30 menit–60 menit.
Kegiatan sanggup dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.






Sumber http://aqdaffa.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 3 Pembelajaran 2"

Posting Komentar