RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Satuan Pendidikan : SDN 1 SRATI
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 3 : Ayo Cintai Lingkungan
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai fatwa agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan kawasan bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKN
1. Menerima dan menjalankan fatwa agama yang dianutnya.
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Memahami hak dankewajiban sebagai wargamasyarakat dalam kehidupansehari-hari
4.2 Bekerjasama melaksanakanhak dan kewajiban sebagaiwarga masyarakat dalamkehidupan sehari-hari
Indikator:
3.2.15 Menganalisis hak dankewajiban dari masalahmenjaga lingkungan yangdiberikan
4.2.15 Memberikan pola tindakanyang bisa dilakukan untukmelaasakan hak dankewajiaban dalam kaitannyamenjaga lingkungan
SBDP
3.4 Memahami karya seni rupateknik tempel
4.4 Membuat karya kolase,montase, aplikasi, dan mozaik
Indikator:
3.4.5 Menjelaskan teknik membuatmontase
4.4.5 menciptakan montase daribahan bekas
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah diberikan masalah, siswa bisa menganalisis hak dankewajiban masyarakat terhadap lingkungan dengan terperinci.
2. Setelah berdiskusi, menunjukkan 4 pola tindakan yang bisa dilakukanuntuk menjaga lingkungannya (melaksanakan hak dan kewajiban)dengan benar.
3. Setelah mengamati montase, siswa bisa menjelaskan teknik membuatmontase dengan benar.
4. Setelah berdiskusi, siswa bisa menciptakan montase dari materi bekasdengan kreatif.
v Karakter siswa yang dibutuhkan :
Ø Bahasa PPKn dan SBdP :Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | ¡ Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius ¡ Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peduli Terhadap Makhluk Hidup”. ¡ Guru menyampaikan tahapan aktivitas yang meliputi aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | § Siswa diminta membaca teks Pergi ke Pasar yang ada di buku siswa.Siswa membaca teks dengan membaca berantai. Satu siswa membaca kemudian siswa lain mendengarkan. Guru menunjuk siswa lain secara acak untuk melanjutkan membaca. Guru mengingatkan siswa untuk mendengarkan kisah dengan secama. (Mengamati)Literasi § Setelah membaca teks, guru meminta siswa duduk berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 4 siswa. Guru mengelompokkan siswa berdasarkan hitungan 1-8 (jika siswa berjumlah 32). Siswa yang bernomor sama akan menjadi satu kelompok. Siswa dalam kelompok mendiskusikanpertanyaan- pertanyaan yang ada di buku siswa. (Mengkomunikasikan) § Siswa memberikan hasil pekerjaannya kepada guru. Guru memotivasi siswa untuk mencoba kegiatan-kegiatan menjaga lingkungan yang ditulisnya. Guru memberikan bahwa aktivitas bisa dilakukan dari halyang paling sederhana ibarat membuang sampah pada tempatnya.Communication § Di selesai sesi, guru memberikan kepada siswa untuk peduli dan bertanggung jawab terhadap kebesihan lingkungan. Hal sederhana ibarat membuang sampah pada tempatnya, mengambil sampah di kawasan umum bisa dilakukan demi kebersihan lingkungan. Ketika lingkunganbersih semua orang akan nyaman. § Di sesi ini, siswa akan berkreasi membuatmontase dari majalah atau koran bekas. (Mengekplorasi) § Guru memberikan bahwa aktivitas cinta lingkungan juga bisa disampaikanmelalui montase. § Guru membawa montase yang dibentuk sendiri atau yang gambar yang ada dibuku siswa. § Siswa mengamati montase tersebut danmendiskusikan. § Guru menguatkan bahwa kerapian, perpaduan warna, perbaduan gambar yang ditempel yakni hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuatmontase. § Siswa mencari gambar yang sesuai bertema cintai lingkungan dengan kreasi mereka. Guru memotivasi untuk melekat dengan rapi danmemperhatikan komposisi (baik warna maupun bentuk).Mandiri § Setelah selesai, hasil pekerjaan siswa bisa dipajang di papan pajang atau di jendela. Guru mengingatkan siswa untuk menunjukkan nama, hari dantanggal untuk karyanya. (Mengeksplorasi) § Setelah selesai, siswa diminta membaca kisah Dayu, Lani dan Siti yangingin membingkai montasenya.Literasi | 35 Menit X 30 JP |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehariIntegritas ¡ Bertanya jawab perihal materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya perihal pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukan evaluasi hasil belajar ¡ Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran) Religius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ BukuPedoman Guru Tema :Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku TematikTerpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Montase, majalah bekas, koran bekas, kertas hvs yang salah satunya sisinya sudah terpakai, gunting, dan lem.
Mengetahui Kepala SDN 5 Rajamandala Wawan Setiawan, S.Pd. NIP. .................... | Rajamandala, 17 Juli 2017 Guru Kelas IV Nadya Nursalma, S.Pd. NIP. .................... |
Lampiran 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Mendiskusikancaramenjagalingkungan
¡ Berkreasidenganmontase
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Lampiran 2
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No | Nama | Perubanantingkahlaku | |||||||||||
Santun | Peduli | TanggungJawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | ................... | ||||||||||||
2 | ................... | ||||||||||||
3 | …………….. | ||||||||||||
4 | …………….. | ||||||||||||
5 | …………….. | ||||||||||||
Dst | …………….. |
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4
1. PPKn : 4 cara menjaga lingkungan
Kriteria | SangatBaik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Mudah dilakukan. | 4 cara yang ditulis mudah untuk dilaksanakan. | 3 cara yang ditulis mudah untuk dilaksanakan. | 2 cara yang ditulis mudah untuk dilaksanakan. | 1 cara yang ditulis mudah untuk dilaksanakan. |
Sesuai kebutuhan lingkungan. | 4 cara yang ditulis sesuai dengan kebutuhan lingkungan. | 3 cara yang ditulis sesuai dengan kebutuhan lingkungan. | 2 cara yang ditulis sesuai dengan kebutuhan lingkungan. | 1 cara yang ditulis sesuai dengan kebutuhan lingkungan. |
Memberikan manfaat baik bagi lingkungan. | 4 cara tersebut memberikan manfaat baik bagi lingkungan. | 3 cara tersebut memberikan manfaat baik bagi lingkungan. | 2 cara tersebut memberikan manfaat baik bagi lingkungan. | 1 cara tersebut memberikan manfaat baik bagi lingkungan. |
Catatan: evaluasi (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada pembelajaran 1
2. SBdP: Montase
Kriteria | SangatBaik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Teknik Menempel. | Seluruh bahan ditempel dengan rapi. | Sebagian besar bahan ditempel dengan rapi. | Sebagian bahan ditempel dengan rapi. | Sebagian kecil ditempel dengan rapi. |
Pemilihan bahan. | Memilih seluruh bahan (gambar) dengan sesuai. | Memilih sebagian besar bahan (gambar dengan sesuai. | Memilih sebagian bahan (gambar) dengan sesuai. | Memilih sebagian kecil bahan (gambar) dengan sesuai. |
Keserasian. | Menempel semua bahanbahan dengan serasi. | Menempel sebagian besar bahan- bahan dengan serasi. | Menempel sebagian bahan-bahan dengan serasi. | Menempel sebagian kecil bahan-bahan dengan serasi. |
Catatan: evaluasi (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada pembelajaran 1
3. Diskusi
Saat siswa mendiskusikan pertanyaan berdasarkan teks “pergi ke pasar"
Kriteria | SangatBaik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan | Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. | Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. | Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. | Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) | Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. | Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non lisan yang ditunjukkan teman. | Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non lisan yang ditunjukkan teman. | Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non lisan yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) | Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. | Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. | Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. | Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung. |
Catatan: evaluasi (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada pembelajaran 1
4. Penilaiansikap (teliti, pedulilingkungan, tanggungjawab, kreatif, percayadiri).
No | Sikap | BelumTerlihat | MulaiTerlihat | MulaiBer-kembang | Membu-daya | Ket. |
1 | Teliti | P | ||||
2 | Bertanggung Jawab | P | ||||
3 | Disiplin |
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa diminta mendiskusikan dengan orang bau tanah perihal pemanfaatan barang bekas menjadi barang yang sanggup dipakai kembali dan menuliskan balasannya di buku siswa.
PENGAYAAN
Siswa bisa diberikan soal-soal kisah yang lebih rumit.
REMEDIAL
Siswa yang belum bisa menciptakan soal kisah dan menuntaskan dapatmengulang aktivitas bersama guru. Kegiatan bisa dilakukan seusai jambelajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30 menit–60 menit.
Kegiatan sanggup dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 3 Pembelajaran 2"
Posting Komentar