RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Satuan Pendidikan : SDN 1 SRATI
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 3 : Ayo Cintai Lingkungan
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai anutan agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu ihwal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan daerah bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.3 Menggali informasi dariseorang tokoh melaluiwawancara menggunakandaftar pertanyaan
4.3 Melaporkan hasil wawancaramenggunakan kosakata bakudan kalimat efektif dalambentuk teks tulis
Indikator:
3.3.4 Mengali informasi melaluiwawancara menggunakandaftar pertanyaan
4.3.4 Menyajikan laporantertulis hasil wawancaramenggunakan kosa kata bakudan kalimat efektif
IPA
3.8 Memahami pentingnyaupaya keseimbangan danpelestarian sumber dayaalam di lingkungannya
4.8 Melakukan acara upayapelestarian sumber dayaalam bersama orang-orang dilingkungannya
Indikator:
3.8.6 Menjelaskan pentingpenghijauan sebagai salahsatu upaya pelestariansumber daya alam
4.8.6 Melakukan kegiatanmenanam tumbuhan sebagaiupaya pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menggunakan daftar pertanyaan, siswa bisa menggali informasimelalui acara wawancara dengan tepat.
2. Dengan melaksanakan wawancara, siswa bisa menyajikan laporantertulis memakai kosa kata baku dan kalimat efektif dengansistematis.
3. Dengan observasi dan diskusi, siswa bisa menjelaskan pentingpenghijauan sebagai salah satu upaya pelestarian sumber daya alamdengan lengkap.
4. Dengan acara menanam tanaman, siswa bisa melaksanakan prakteknyata untuk melestarikan sumber daya alam dan lingkungan mandiri.
v Karakter siswa yang diperlukan :
Ø Bahasa Indonesia dan IPA :Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | ¡ Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius ¡ Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peduli Terhadap Makhluk Hidup”. ¡ Guru menyampaikan tahapan acara yang meliputi acara mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | § Guru mengingatkan siswa untuk memperhatikan penggunaan kosa katabaku dan kalimat efektif ketika menulis laporan.Communication § Guru menyelidiki rancangan goresan pena laporan hasil wawancara denganmemperhatikan: - Sistematika/urutan laporan. - Penggunaan kosa kata baku dan kalimat efektif. - Huruf kapital serta tanda baca titik dan koma. § Siswa membaca teks singkat di buku, ihwal pemanfaatan lahan kosong. (Mengamati) § Siswa membaca dengan teliti teks berisi informasi ihwal beberapa jenis tumbuhan rimpang(kencur, kunyit, dan jahe) yang sanggup dimanfaatkanmenjadi obat atau minuman yang menyehatkan tubuh.Literasi § Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks, Mandiri § Menuliskan informasi penting yang terdapat di dalam teks . (Mengkomunikasikan) § Pemanfaatan lahan kosong dan tumbuhan yang bermanfaat.Gotong Royong § Sikap dan nilai-nilai positif yang sanggup ditauladani dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.Nasionalis § Siswamembacasenyaptekstentangcaramemeliharahewandantumbuhan. Literasi § Siswaberdiskusidengantemanuntukmencaricontohlaintentangcara-caramerawathewandantumbuhan.Collaboration § Siswamenuliskanhasildiskusidalampetapikiran yang telahtersedia. | 35 Menit X 30 JP |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil mencar ilmu selama sehariIntegritas ¡ Bertanya jawab ihwal materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya ihwal pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukan evaluasi hasil belajar ¡ Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri acara pembelajaran) Religius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ BukuPedoman Guru Tema :Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku TematikTerpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Tongkat dan bola kasti
Mengetahui Kepala SDN 5 Rajamandala Wawan Setiawan, S.Pd. NIP. .................... | Rajamandala, 17 Juli 2017 Guru Kelas IV Nadya Nursalma, S.Pd. NIP. .................... |
Lampiran 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Melaporkan hasil wawancara
¡ Menanam tanaman
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
MATERI
IPA
Lahan kosong yang tidak terawat menciptakan lingkungan kita menjadi kurang
sedap dipandang, apalagi bila lahan itu kotor.
Pemanfaatan lahan kosong di pekarangan sekolah atau rumah merupakancara penghijauan sebagai wujud sikap peduli lingkungan.
Menanam tumbuhan pada lahan yang sudah usang tak terawat akanmenyegarkan kembali lahan/tanah itu.
Salah satu cara menghijaukan lahan yaitu dengan menanam tumbuhanyang bermanfaat bagi kita, contohnya tumbuhan obat: kencur, kunyit dan jahe.
Lampiran 2
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No | Nama | Perubanantingkahlaku | |||||||||||
Santun | Peduli | TanggungJawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | ................... | ||||||||||||
2 | ................... | ||||||||||||
3 | …………….. | ||||||||||||
4 | …………….. | ||||||||||||
5 | …………….. | ||||||||||||
Dst | …………….. |
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4
1. Penilaian sikap (percaya diri, rasa ingin tahu, dan kerja sama).
No | Sikap | BelumTerlihat | MulaiTerlihat | MulaiBer-kembang | Membu-daya | Ket. |
1 | Teliti | P | ||||
2 | Bertanggung Jawab | P | ||||
3 | Disiplin |
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa menuliskan cara-cara yang memperlihatkan bahwa ia telah menyayangi lingkungan rumah dan sekolah dengan mendiskusikan hal ini dengan orang tua.
PENGAYAAN
Apabila mempunyai waktu, siswa sanggup diminta untuk melaksanakan kegiatan“study pustaka” , mencari informasi lebih banyak lagi ihwal tumbuhan obatdan manfaatnya.
REMEDIAL
Siswa yang belum memahami cara merawat flora dan hewan, dimintauntuk membaca kembali teks dan mendapat waktu tambahan.
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 3 Pembelajaran 3"
Posting Komentar