RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Satuan Pendidikan : SDN 1 SRATI
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 3 : Ayo Cintai Lingkungan
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai aliran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan daerah bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.3 Menggali informasi dariseorang tokoh melaluiwawancara menggunakandaftar pertanyaan
4.3 Melaporkan hasil wawancaramenggunakan kosakata bakudan kalimat efektif dalambentuk teks tulisan
Indikator:
3.3.10 Memberikan pendapatterhadap laporan yangditulis oleh teman
4.3.9 Menulis laporan denganmenggunakan kalimatefektif.
PPKN
1. Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya.
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Memahami hak dankewajiban sebagai wargamasyarakat dalam kehidupansehari-hari
4.2 Bekerjasama melaksanakanhak dan kewajiban sebagaiwarga masyarakat dalamkehidupan sehari-hari
Indikator:
3.2.16 Menjelaskan dampak darimelalaikan kewajibanmenjaga lingkungan
4.2.16 Menyajikan laporankesadaran masyarakatmenjaga lingkungan ditempat tinggalnya
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati gambar, siswa bisa menjelaskan dampak darimelalaikan kewajiban menjaga lingkungan dengan terperinci.
2. Setelah melaksanakan pengamatan, siswa bisa menyajikan laporankesadaran masyarakat menjaga lingkungan di daerah tinggalnya denganruntut.
3. Setelah menulis laporan, siswa bisa menawarkan pendapat terhadaplaporan yang ditulis oleh sahabat dengan terperinci.
4. Setelah berdiskusi, siswa bisa memperbaiki goresan pena pada laporannyamenggunakan kalimat efektif dengan sistematis.
v Karakter siswa yang dibutuhkan :
Ø Bahasa Indonesia dan PPKn :Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | ¡ Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius ¡ Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peduli Terhadap Makhluk Hidup”. ¡ Guru menyampaikan tahapan acara yang meliputi acara mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | o Di awal pembelajaran guru bertanyakepada siswa, apa yang sudah merekalakukan di rumah untuk menjagalingkungannya? Siswa diberi kesempatanuntuk bercerita hal-hal yang sudahmereka lakukan untuk menjagalingkungannya. Guru memberikanapresiasi atas hal-hal yang sudahdilakukan oleh siswa. Guru terusmemotivasi siswa untuk lebih peduli danbertanggung jawab terhadap lingkungan.Communication o Siswa mengamati gambar-gambar yang ada di buku siswa. Secara individu siswa menjawab pertanyaan berdasarkangambar.Mandiri o Siswa menukarkan balasan dengan temannya. Siswa memberikanpendapat dan masukan atas pekerjaan temannya.Gotong Royong § Guru menguatkan bahwa saat insan bersikap tidak bijak kepada lingkungan, maka lingkungan akan rusak. Kerusakan lingkungan akan membawa dampak jelek bagi kita semua. Guru terus memotivasi siswa untuk meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadaplingkungan. (Mengkomunikasikan) § Siswa akan menciptakan laporan wacana kesadaran masyarakat dilingkungannya dalam menjaga lingkungan.Nasionalis o Guru menawarkan kiprah untuk mengamati warga dilingkungannya, menganalisis apakah sudah menjaga lingkungan atau belum danmenuliskan kesimpulan.Critical Thinking and Problem Solving o Untuk mencari informasi, siswa bisa wawancarai ketua RT atau warga dilingkunganmu. Siswa juga bisa melaksanakan pengamatan.Creativity and Innovation o Guru menjelaskan dengan terperinci tabel isian yang ada di buku siswa.Mandiri o Guru memotivasi siswa untuk melaksanakan pengamatan dengan terperinci. o Siswa diminta mengeluarkan laporan yang sudah dibentuk pada pertemuansebelumnya. o Secara klasikal guru kembali membahas ciri-ciri laporan yang baik.Communication o Guru mengelompokkan siswa secara berpasangan. Dalam kelompoknyasiswa diminta untuk saling membaca laporan yang dibentuk oleh temannya.Gotong Royong o Siswa menawarkan komentar terhadap sistematika penulisan, isi, danbahasa yang digunakan. Siswa menawarkan tanda pada laporan yangditulis temannya kalau dirasa perlu. Guru berkeliling dan melihat pekerjaansiswa. o Siswa diberi kesempatan bertanya kalau ada hal-hal yang kurang jelas.Collaboration o Siswa menawarkan laporan yang sudah dikomentari kepada temannya. o Siswa yang mendapatkan laporan yang sudah dikomentari akan membaca lagidan menganalisis hal-hal yang dikomentari. Siswa bisa bertanya kepadaguru kalau ada hal yang dirasa perlu.Gotong Royong o Guru bertanya kepada siswa, wacana komentar-komentar yang ditulisoleh pasangannya. Guru membahas satu persatu hal yang menjadi fokusmisalkan kalimat efektif. Guru mengingatkan lagi wacana penulisankalimat efektif dan bahasa baku. o Siswa akan memperbaiki kembali laporannya. Guru terus memotivasi siswauntuk menulis dengan runtut, sistematis, memakai bahasa baku dankalimat efektif. | 35 Menit X 30 JP |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil mencar ilmu selama sehariIntegritas ¡ Bertanya jawab wacana bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya wacana pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukan evaluasi hasil belajar ¡ Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri acara pembelajaran) Religius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ BukuPedoman Guru Tema :Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku TematikTerpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Gambar gajah
Mengetahui Kepala SDN 5 Rajamandala Wawan Setiawan, S.Pd. NIP. .................... | Rajamandala, 17 Juli 2017 Guru Kelas IV Nadya Nursalma, S.Pd. NIP. .................... |
Lampiran 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Mendiskusikan dilema lingkungan
¡ Menilai laporan teman
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Lampiran 2
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No | Nama | Perubanantingkahlaku | |||||||||||
Santun | Peduli | TanggungJawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | ................... | ||||||||||||
2 | ................... | ||||||||||||
3 | …………….. | ||||||||||||
4 | …………….. | ||||||||||||
5 | …………….. | ||||||||||||
Dst | …………….. |
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4
1. PPKn : Laporan kesadaran masyarakat sekitar untuk menjaga lingkungan.
Kriteria | SangatBaik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Fakta | Menuliskan 10 fakta tentang kesadaran masyarakat menjaga lingkungan dengan benar. | Menuliskan minimal 8 fakta tentang kesadaran masyarakat menjaga lingkungan dengan benar. | Menuliskan minimal 6 fakta tentang kesadaran masyarakat menjaga lingkungan dengan benar. | Yang lainnya. |
Pengelompok an. | Dari fakta yang ditemukan, siswa mampu mengelompokan semua tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik dengan benar. | Dari fakta yang ditemukan, siswa mampu mengelompokkan sebagian besar tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik dengan benar. | Dari fakta yang ditemukan, siswa mampu mengelompokkan sebagian tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik dengan benar. | Dari fakta yang ditemukan, siswa mampu mengelompokkan sebagian kecil tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik dengan benar. |
Kesimpulan. | Siswa mampu menuliskan kesimpulan dari data yang ditemukan dengan tepat. | Siswa mampu menuliskan kesimpulan dari data yang ditemukan namun kurang tepat. | Menuliskan kesimpulan dengan kurang tepat dan kurang berdasarkan data. | Masih belum mampu menuliskan kesimpulan. |
Dampak. | Menuliskan 3 dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar. | Menuliskan 2 dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar. | Menuliskan 1 dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar. | Belum mampu menuliskan dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar. |
Saran. | Menuliskan 3 saran dengan sesuai. | Menuliskan 2 saran dengan sesuai. | Menuliskan 1 saran dengan sesuai. | Belum mampu menuliskan saran dengan sesuai. |
Catatan: evaluasi (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada pembelajaran 1
2. Bahasa Indonesia: Menulis Laporan
Kriteria | SangatBaik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Struktur | Laporan disajikan secara sistematis, memuat bagian awal, isi dan penutup secara lengkap. | Laporan disajikan secara sistematis, bagian awal, isi dan penutup kurang lengkap. | Laporan disajikan dengan kurang sistematis, memuat bagian awal, isi dan epilog secara lengkap. | Laporan disajikan dengan kurang sistematis, memuat bagian awal, isi, dan penutup secara tidak lengkap. |
Isi Laporan | Seluruh fakta dalam laporan disajikan dengan benar. | Sebagian besar fakta dalam laporan disajikan dengan benar. | Sebagian fakta dalam laporan disajikan dengan benar. | Sebagian kecil fakta dalam laporan disajikan dengan benar. |
Kalimat Efektif | Seluruh kalimat adalah kalimat efektif. | Sebagian besar kalimat adalah kalimat efektif. | Sebagian kalimat adalah kalimat efektif. | Sebagian kecil kalimat adalah kalimat efektif. |
Kata baku | Seluruh kata dalam laporan adalah kata baku. | Sebagian besar kata dalam laporan adalah kata baku. | Sebagian kata dalam laporan adalah kata baku. | Sebagian kecil kata dalam laporan adalah kata baku. |
Tanda baca dan huruf besar | Seluruh tanda baca dan huruf besar digunakan secara tepat. | Sebagian besar tanda baca dan huruf besar digunakan secara tepat. | Sebagian tanda baca dan huruf besar digunakan secara tepat. | Sebagian kecil tanda baca dan huruf besar digunakan secara tepat. |
Catatan: evaluasi (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada pembelajaran 1
3. Penilaian sikap (percaya diri, rasa ingin tahu, dan kerja sama).
No | Sikap | BelumTerlihat | MulaiTerlihat | MulaiBer-kembang | Membu-daya | Ket. |
1 | Teliti | P | ||||
2 | Bertanggung Jawab | P | ||||
3 | Disiplin |
PENGAYAAN
Siswa bisa diberikan soal-soal dengan bilangan yang lebih rumit.
REMEDIAL
Siswa yang belum menuntaskan soal kisah dengan langkah-langkah diatas sanggup mengulang acara bersama guru. Kegiatan bisa dilakukanseusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30 – 60 menit.
Kegiatan sanggup dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 3 Pembelajaran 4"
Posting Komentar